Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BARCELONA tunjuk TITO VILANOVA gantikan PEP GUARDIOLA

JAKARTA: Asisten pelatih Barcelona, Tito Vilanova dikabarkan menjadi pengganti Pep Guardiola untuk menangani tim senior.Dalam jumpa pers pukul 13.30 waktu setempat atau 18.30 WIB, Pep Guardiola memutuskan akan mundur dari jabatan pelatih pada akhir musim

JAKARTA: Asisten pelatih Barcelona, Tito Vilanova dikabarkan menjadi pengganti Pep Guardiola untuk menangani tim senior.Dalam jumpa pers pukul 13.30 waktu setempat atau 18.30 WIB, Pep Guardiola memutuskan akan mundur dari jabatan pelatih pada akhir musim ini.Tito Vilanova yang bernama asli Francesc "Tito" Vilanova i Bayó merupakan tangan kanan Pep Guardiola dan juga merupakan mantan pemain Barcelona lulusan kelas 1984 dengan skill sebagai pemain tengah. Kualifikasi yang serupa dengan Guardiola.Sejak 2007, Tito menjadi asisten Guardiola yang menemaninya meraih 13 trofi. Pada November 2011, Tito sempat absen sebulan karena harus operasi mengangkat tumornya.Josep 'Pep' Guardiola memutuskan untuk tidak memperpanjang kontraknya lagi dan akan meninggalkan klub Spanyol tersebut pada akhir musim ini.Guardiola yang lahir dan dibesarkan di Santpedor, di pusat Katalonia, pertama kali bergabung dengan Barcelona pada 1983 dan berlatih hinggga 1990.Pada 2001, Guardiola pergi ke Italia dan bermain untuk Brescia, tempat Roberto Baggio dan Andrea Pirlo menorehkan sejarah mereka. Dia sempat bermain 4 kali untuk AS Roma tetapi kembali ke Brescia dan menjadikannya sebagai playmaker handal yang membuat striker gaek seperti Dario Hubner bisa menjadi top skor Serie-A.Guardiola bahkan sempat bergabung dengan Al-Ahly 2003-2005 dengan bermain bersama Gabriel Batistuta dan Claudio Caniggia.Pada 2007, dia menukangi tim Barca B dan hanya semusim kemudian Guardiola ditunjuk Presiden Barcelona  Juan Laporta menangani tim senior menggantikan Frank Rijkaard.Selama menangani Barcelona, Guardiola berhasil memimpin Carles Puyol, Lionel Messi, dkk merajai Eropa dan Spanyol. Sebanyak 13 trofi dipersembahkan ke Camp Nou dan mungkin bertambah satu lagi apabila Barca mampu mengalahkan Athletic Bilbao di final Copa del Rey bulan depan.Kini kekalahan menyakitkan dari Chelsea di ajang Liga Champions Eropa dan Real Madrid di kandang sendiri membuat Guardiola menyerah. (faa)

 

+  JANGAN TINGGALKAN ARTIKEL LAINNYA:

 

> Perkembangan Harga EMAS ANTAM

> Indonesian IDOL Pekan Ini: Rosa Selamat, SANDY Pulang

> Yahoo! dan FACEBOOK berseteru kian PANAS

> Yang UNIK: Bagaimana Bisa Hamil Kembar 9?

> Laba BRI gila: Rp4,2 Triliun, Tiga Bulan Saja

> Bang YOS pun Ngeluh kok TRANS JAKARTA Memburuk

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dara Aziliya
Editor : Dara Aziliya

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper