LIGA CHAMPIONS: Messi tak berkutik, Chelsea tumbangkan Barca 1-0 berkat Drogba

JAKARTA: Chelsea berhasil mengalahkan Barcelona 1-0 dalam semifinal Liga Champions leg1 di Stamford Bridge.
Lingga Sukatma Wiangga
Lingga Sukatma Wiangga - Bisnis.com 19 April 2012  |  03:39 WIB

JAKARTA: Chelsea berhasil mengalahkan Barcelona 1-0 dalam semifinal Liga Champions leg1 di Stamford Bridge.

 

Gol semata wayang Chelsea dicetak oleg Didier Drogba lewat kerja sama cantik dengan Ramires di masa injury time babak 1.

 

Begitu peluit tanda babak 1 dibunyikan, Barcelona yang mengenakan kostum hitam-hitam langsung menguasai bola daan melakukan penyerangan lewat Messi. Namun Messi yang dikawal 4 pemain Chelsea seperti tidak berkutik dan bola berhasil direbut pemain Chelsea sebelum memasuki kotak penalti.

 

Dalam pertandingan kali ini, Didier Drogba tampil sebagai penyerang tunggal dalam skema awal Chelsea, akan ditopang oleh pergerakan Ramires dan Juan Mata dari lini kedua dan mungkin juga akan diperankan sebagai penyerang bayangak apabila Drogba menemui kendala.

 

Peluang juga didapat Drogba tiga menit berselang saat menyongsong bola hasil umpan Juan Matta, namun kandas dan bola dikuasai Valdes.

 

Barcelona kembali bermain dengan gaya mereka selama ini, mengandalkan formasi menyerang 4-3-3, dengan komposisi lini depan yang diisi oleh trio Lionel Messi, Cesc Fabregas dan Alexis Sanchez.
 
Di menit ke-9, hampir saja Barca membuka keunggulan di awal laga ini, umpan terobosan Iniesta berhasil menjangkau Alexis, namun sayang tendangan lob-nya masih membentur mistar.
 
Chelsea praktis hanya mengandalkan serangan balik yang cepat lewat Matta. Pertahanan The Blues yang rapat nampaknya susah ditembus para pemain El Barca.
 
Dari bangku cadangan, Torres terlihat galau melihat rekan-rekan setim nya bermain di bawah performa terbaiknya.
 
Ashley Cole menyelamatkan gawang Chelsea setelah menendang bola tepat di depan gawang Cech hasil tendangan Messi di menit ke-42.
 
Kerja sama apik antara Ramires dengan Drogba menghasilkan gol menjelang detik-detik akhir babak 1 mengubah skor 1-0 bagi Chelsea. Kiper Victor Valdes yang mengira Ramires akan menembak langsung terkecoh karena secara tiba-tiba dia mengumpan ke Drogba yang langsung menjebol gawang Barcelona.
 
Memasuki babak ke-2, dalam kondisi cuaca hujan cukup deras, keadaan tidak berubah. Barca masih tetap menguasai permainan, sejumlah serangan Barca lewat Sanchez dan Messi cukup merepotkan pertahanan Chelsea. Kiper Cech pun mesti berjibaku menghalau dan menangkap bola.
 
Menit ke-52, situasi berbahaya terjadi di depan gawang Barca, berawal dari tendangan penjuru Lampard, bola melintas di depan gawang Valdes, dan hampir saja dijangkau oleh Ivanovic.
 

Pep Guardiola beberapa kali mengusap kepalanya setiap kali anak asuhnya membuah peluang emas. Di menit ke-54,kembali tembok kokoh pertahanan Chelsea menggagalkan upaya serangan Barcelona, kali ini Cahill mampu melakukan tackle bersih kepada Alexis.

 

Umpan silang Adriano ke dalam kotak penalti di menit ke-58 tidak mampu dimanfaatkan oleh para pemain Barca, bola mangalir ke Dani Alves yang langsung melakukan tendangan keras, sayang masih melambung.
 
Duet Cahill dan Terry di jantung pertahanan The Blues sejauh ini tampil memukau dengan berhasil menghalau setiap serangan yang dibangun oleh para pemain Azulgrana. Di menit ke-65, Pedro masukmenggantikan Sanchez.
 
 
Didier Drogba yang sering terjatuh mendatangkan protes dari pemain Barcelona dan menyarankan wasit memberikan kartu kuning karena dianggap diving.
 
Menit ke-68, Ramires mendapatkan kartu kuning karena mengganjal Messi tepat di garis penalti. Xavi yang mengambil tendangan bebas gagal karena bola jauh melambung di atas mistar gawang.
 
 
Dari pinggir lapangan terlihat Salomon kalou akan memasuki lapangan menggantikan Juan Matta pada menit ke-69.(api)
 

SUSUNAN PEMAIN:CHELSEA: Peter Cech, Branislav Ivanovic, Gary Cahill, John Terry, Ashley Cole, Frank Lampard, John Mikel Obi, Raul Meireles, Ramires, Juan Mata, Didier Drogba.Cadangan: Ross Turnbull, Jose Bosingwa, Michael Essien, Florent Malouda, Salomon Kalou, Fernando Torres, Daniel Sturridge.BARCELONA: Victor Valdes, Dani Alves, Carles Puyol, Javier Mascherano, Adriano, Sergio Busquets, Xavi Hernandez , Andres Iniesta, Cesc Fabregas, Lionel Messi, Alexis Canchez .Cadangan: Jose manuel Pinto, Marc Bartra, Thiago, Gerard Pique, Pedro, Seydou Keita, Isaac Cuenca. 

>> BACA JUGA ARTIKEL LAINNYA:

CHAMPIONS LEAGUE 2012: Wednesdays results

 

*) MARKET MOVING: Pupuk Indonesia Obtains Loan Facilities US$900 Million

+ HARGA EMAS kena pengaruh apa lagi?

+ Liga Champions: Di balik kekalahan REAL MADRID

+ SIAPA di belakang sepak terjang DAHLAN ISKAN?

+ Berita BISNIS INDONESIA hari ini: Akuisisi Bank Danamon TERGANJAL?

+ BURSA ASIA: NIKKEI tergelincir

+ Mau beli saham JAGUAR dan LAND ROVER?

+ Spanyol menyeret EURO terus terpuruk

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Lingga Sukatma Wiangga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top