PIALA FA: Chelsea tantang Liverpool di final setelah cukur Tottenham 5-1

JAKARTA: Chelsea mencukur Tottenham Hotspur 5-1 dan menantang Liverpool di final Piala FA.
Lingga Sukatma Wiangga | 16 April 2012 01:54 WIB

JAKARTA: Chelsea mencukur Tottenham Hotspur 5-1 dan menantang Liverpool di final Piala FA.

 

Gol gol Chelsea dicetak oleh Didier Drogba di menit ke-43 lewat aksi brilliant di depan gawang Spurs, lalu Juan Mata yang memanfaatkan kemelut di depan gawang Cudicini. Spurs memperkecil ketinggalan lewat Gareth Bale enam menit.

 

Ramires menjebol gawang Tottenham dan memberi keunggulan 3-1 bagi Chelsea di menit ke-77, dan  tendangan spektakuler Lampard mengtubah skor  jadi 4-1 di menit ke-81. Akhirnya, Malouda menutup kemenangan Chelsea jadi 5-1 pada masa injury time babak ke-2.

 

Kedua tim memperagakan umpan-umpan panjang di awal pertandingan. Baru 3 menit, Ramires coba berikan bola ke arah Drogba tetapi Walker memperlihatkan penampilan tangguh dengan menghalau bola.

 

Kedua tim memperlihatkan tekel-tekel berbahaya di awal babak 1. Pertarungan di lini tengah sangat keras. Lini tengah terlihat dipadati pemain. Modric kuasai bola dan memberikan pelayanan baik pada Adebayor, tetapi sang penyerang mendapat tekanan hebat dari David Luiz.

 

Di menit ke-13,peluang pertama diraih Chelsea. Drogba memenangkan duel dengan Gallas, tetapi striker kekar Pantai Gading itu tidak mengeksekusi bola dengan baik.

 

Giliran Spurs dapat peluang di menit ke-15. Parker memberikan bola ke kiri pada Lennon yang bertukar posisi dengan Bale, dia melakukan gerakan memotong dan operkan bola ke Van der Vaart. Eksekusi gelandang Belanda itu jauh dari memuaskan.

 

Peluang sangat bagus di dapat Spurs. Peluang emas Spurs! Parker kuasai bola dan dia bisa melewati para pengawalnya di menit ke-19. Lampard menghadang dan Cole cepat membuang bola karena Adebayor sudah mengancam.

 

Juan Matta gagal memanfaatkan umpan bersih Ramires ketika dia tinggal berhadapan dengan kiper Spurs Cudicini di menit ke-26.

 

Pada menit ke-27, tendangan sudut dieksekusi Van der Vaart dan King terbang untuk menyambut tetapi bola bisa dihalau Kalou persis di bawah mistar gawang.

 

Peluang yang harusnya menjadi gol didapat Gareth bale melalui kerja sama Adebayor, Van Der Vaart di menit ke-36. Tendangan yang hanya berjarak 2 meter masih bisa ditepis Cech.

 

Pada menit ke-43 aksi brilliant Drogba mengubah skor jadi 1-0 untuk Chelsea, lewat tendangan sedikti melambung di dalam kotak penalti. Drogba sempat mengontrol bola dengan punggung kakinya sebelum membalikkan badan dan menendang gol.

 

Memasuki babak ke-2, trisula maut Chelsea, Drogba, Ramires dan Mata memporakporandakan pertahanan Tottenham.

 

Akhirnya trisula maut itu menghasilkan gol di menit ke-50 lewat Mata setelah terjadi kemelut di depan gawang. Luiz tanduk bola umpan Lampard tetapi lagi-lagi upaya Chelsea diselamatkan Cudicini. Terjadi kekacauan di depan gawang Spurs. Wasit menganggap bola sudah melewati garis, pemain Spurs protes keras. Dari tayangan ulang Assou-Ekotto mampu mencegah gol. Teknologi garis gawang sepertinya memang dibutuhkan.

 

Enam menit kemudian, giliran Bale melesakkan bola ke gawang Chelsea. Umpan sempurna dari Modric ke arah Adebayor. Cech jatuhkan Ade dan bisa saja terkena kartu merah. Bola liar bergulir ke arah Bale yang langsung menjebol gawang The Blues.

 

Pada menit ke-74, Drogba hampir saja menjebol gawang setelah hanya berhadapan dengan kiper Cudicini. sayang, dia gagal menyambar bola yang sudah di depan gawang. Di menit ke-81, lagi gol indah tercipta dari kaki pemain Chelsea. Kali ini eksekusi bola mati dilakukan mulus oleh Lampard ke pojok atas kanan gawang Cudicini.(api)

 

SUSUNAN PEMAIN:CHELSEA: Cech; Bosingwa, Luiz, Terry, Cole; Mikel, Lampard; Ramires, Mata, Kalou; Drogba.CADANGAN: Turnbull, Cahill, Essien, Meireles, Malouda, Sturridge, TorresTOTTENHAM: Cudicini; Walker, Gallas, King, Assou-Ekotto; Lennon, Parker, Modric, Bale; Van der Vaart; Adebayor.CADANGAN: Turnbull, Cahill, Essien, Meireles, Malouda, Sturridge, Torres.  

>> BACA JUGA:

Wishnutama bantah balik ke Indosiar

 
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Lingga Sukatma Wiangga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top