LIGA INGGRIS: Rooney bawa MU hancurkan Aston Villa 4-0 dan jauhi City

JAKARTA: Manchester United menggulung Aston Villa 4-0 sekaligus mengunci gelar Liga Inggris musim ini.
Lingga Sukatma Wiangga
Lingga Sukatma Wiangga - Bisnis.com 15 April 2012  |  23:58 WIB

JAKARTA: Manchester United menggulung Aston Villa 4-0 sekaligus mengunci gelar Liga Inggris musim ini.

Gol-gol MU dicetak oleh Wayne Rooney di menit ke-7 dan 74, Danny Welbeck di menit ke 43 berkat assist Patrice Evra, dan Nani berkat assist Jonny Evans.Sejak peluit babak 1 ditiupkan, tim tamu langsung mengeluarkan gebrakannya di awal-awal laga. Umpan terobosan Ireland kepada Weimann nyaris membahayakan gawang United. Beruntung tendangan nama terakhir masih mengarah ke pelukan De Gea.Empat menit kemudian MU bereaksi dengan cepat. Peluang pertama tuan rumah tercipta. Berawal dari umpan Cariick kepada Rooney, lalu striker Inggris itu menyepaknya, namun membentur rekan setimnya, Young. Bola kemudian bergulir ke kaki Welbeck yang juga langsung menendangnya, tetapi masih melebar.Pada menit ke-6, Young yang berhasil melewati Hutton, merangsek ke kotak penalti tim tamu, akan tetapi Young kemudian dijatuhkan Clark dan hadiah tendangan 12 pas untuk Setan Merah, yang berhasil diselesaikan dengan baik oleh Rooney.Setelah gol itu, praktis MU menguasai permainan. Di menit ke-18, setelah kerja sama antara Scholes-Valencia lalu dilanjutkan dengan crossing manis dari Evra, Welbeck yang berdiri bebas di depan gawang Given menanduk bola. Sayang beribu sayang, masih ada Baker yang memblok laju arah bola sundulan tadi.Menit ke-20 gantian Villa memiliki peluang emas. Momentum kini memihak pada Villa melalui situasi tendangan bebas. Akan tetapi kiriman bola dari Bannan tak dapat dituntaskan dengan sempurna oleh Clark. Tandukannya masih melebar tipis.Dua menit berikutnya, Sebuah kombinasi yang apik dari Red Devils.Carrick menyodorkan bola pada Rooney, striker Inggris itu lalu memberi bola dengan backheel-nya kepada Welbeck sebelum nama terakhir melepaskan tendangan keras yang bisa saja berbuah gol andai tidak diblok oleh Collins.Vila kembali dapat peluang di menit ke-26. Bola umpan silang dari Hutton di sisi kanan salah diantisipasi oleh Rafael yang memudahkan Ireland menyontek bola, namun melebar.Di menit ke-33, Sebuah penyelamatan gemilang dilakukan Given saat menahan sepakan sang striker dari jarak dekat usai memaksimalkan umpan silang datar dari Valencia. Peluang terbuang! Corner untuk United.MU menambah pundi-pundi golnya lagi lewat Danny Welbeck. Crossing dari Young tak dapat dihentikan oleh Baker dan bola menuju ke arah Welbeck, tanpa ampun sang striker pun melesakkan si kulit bundar ke gawang Given untuk membawa United leading 2-0.

 

Memasukia babak ke-2, MU masih menguasai permainan dengan penguasaan bola 66% berbanding 34%.

 

Menit ke-62, sentuhan pertama Nani yang menyodorkan bola pada Carrick. Carrick lalu mengoper kepada Valencia sebelum sang winger mengirimkan crossing datar kepada Scholes. namun tendangan Scholes masih bisa diblok. Corner untuk United.

Di menit ke-65, Valencia melepaskan umpan corner dan mampu diteruskan dengan baik oleh sepakan Nani, sempat mengenai tangan Baker, tetapi wasit tidak melihatnya.

 

Giliran Villa dapat peluang emas.  Gebrakan sempurna dari sang super sub. Villa hampir saja memperkecil keadaan andai tandukan Heskey tidak dapat dihalau dengan baik oleh De Gea.

 

Semenit kemudian, setelah mendapatkan umpan silang manja dari Valencia, Rooney yang berdiri bebas menuntaskannya dengan tendangan yang masih melenceng dari sasaran.

 

Namun, Rooney membayar lunas kesalahannya itu di menit ke-74. Kerja sama umpan satu-dua antara Rooney dan Valencia diakhiri dengan tendangan sang striker yang membentur Collins. Arah bola pun berubah dan masuk. Gol kedua Rooney, meski dirinya tampil buruk di laga ini, membuat Setan Merah kian di atas angin dengan memimpin 3-0 atas Villa.

 

Di masa injury time, Nani berhasil memanfaatkan umpan bersih Jonny Evans menjadi gol lewat tendangan terarah jartak dekat.(api)

SUSUNAN PEMAIN:MANCHESTER UNITED: David De Gea, Rio Ferdinand, Jonathan Evans, Patrice Evra, Rafael, Paul Scholes/ Tom Cleverley,   Michael Carrick, Ashley Young/ Nani, Antonio Valencia,    Danny Welbeck, Wayne Rooney/ Dimitar BerbatovASTON VILLA: Shay Given, Nathan Baker, James Collins,   Eric Lichaj, Alan Hutton, Ciaran Clark/ Emile Heskey, Gary Gardner, Stephen Ireland/  Samir Carruthers, Andreas Weimann/ Charles N'Zogbia, Barry Bannan,  Gabriel Agbonlahor 

>> BACA JUGA ARTIKEL LAINNYA

+ GEMPA BUMI di Banten

+ Waspadai Penipu berkedok INVESTASI

+ WISHNUTAMA mundur dari TRANS TV

+ Wishnutama bantah balik ke Indosiar

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Lingga Sukatma Wiangga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top