Manchester tersingkir dari Liga Champions

JAKARTA: Kota Manchester mungkin berduka hari ini setelah dua tim kebanggaan mereka, Manchester City dan Manchester United tak mampu lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2011-2012.Berada di Grup A, bersama Bayern Muenchen, Napoli dan Villareal, membuat
Dara Aziliya
Dara Aziliya - Bisnis.com 08 Desember 2011  |  06:58 WIB

JAKARTA: Kota Manchester mungkin berduka hari ini setelah dua tim kebanggaan mereka, Manchester City dan Manchester United tak mampu lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2011-2012.Berada di Grup A, bersama Bayern Muenchen, Napoli dan Villareal, membuat Manchester City sejak awal sebenarnya diharapkan bisa lolos mendampingi tim Bavarian. Kekuatan pemain dan fulus membuat Man City diunggulkan atas Napoli dan Villareal.Di Stadion Ettihad, Man City tampil trengginas dan unggul 2-0 dengan tembakan David Silva dan Yaya Toure. Sayang kemenangan atas Bayern Muenchen yang tak diperkuat Franck Riberry dan Arjen Robben itu tak mampu membuat pelatih Man City, Roberto Mancini tersenyum.Pasalnya, Man City meraih 10 poin tetapi tak cukup untuk lolos, karena Napoli mampu menang 2-0 atas tuan rumah Villareal. Ironisnya dengan 10 poin itu di grup lain pun bisa lolos. Di Grup B Inter Milan (10 poin) dan CSKA Moskow (8 poin) lolos, Grup D Lyon (8 poin) mendampingi Real Madrid, Grup E juga demikian dengan Chelsea (11 poin) dan Bayer Leverkusen (10 poin).Di Grup F, Arsenal (11 poin) dan Marseille (10 poin), Grup G dengan APOEL dan Zenit St Petersburg yang sama-sama lolos dengan 9 poin, dan juga Grup H yang meloloskan Barcelona (16 poin) dan AC Milan (9 poin)."Biasanya dengan 10 poin Anda selalu lolos, pada 99% kesempatan. Hidup kami terus berjalan, kami akan bermain di Liga Europa. Itu adalah trofi yang sangat penting di mana saya belum pernah memenangi sebelumnya. Jadi kami akan mencoba memenanginya," kata Mancini seraya memuji penampilan Napoli, sportif.Namun, hal yang paling menyesakkan mungkin dirasakan tim asuhan Sir Alex Ferguson. Di Stadion St Jakob-Park, secara mengejutkan Basel mengalahkan Manchester United dengan skor 2-1. Kedua gol Basel disumbangkan oleh Marco Streller dan Alexander Frei.Padahal MU bertandang ke St Jakob-Park hanya butuh hasil imbang untuk lolos, sedangkan Basel harus menang jika ingin mendampingi Benfica di perdelapanfinal.Bagi United, ini adalah kegagalan lolos ke fase selanjutnya sejak musim 2005-2006. Dan Sir Alex Ferguson pun murka, apalagi kapten Nemanja Vidic juga harus meninggalkan lapangan karena cedera ligamen lutut.

Di tempat lain Benfica keluar sebagai juara grup setelah mengalahkan Otelul Galati 1-0.Kiper Basel Yann Sommer menilai hasil itu adalah sangat luar biasa. "Kami adalah tim Swiss yang bermain melawan Manchester United. Kami bermain bagus, di Manchester dan Benfica. Kami selalu percaya pada diri kami sendiri kami dan bertarung hingga akhir. Itulah kunci kemenangan malam ini," kata Sommer di situs resmi UEFA.Berikut hasil lengkap Liga Champions Kamis dinihari 8 Desember 2011:Grup AManchester City 2-0 Bayern MuenchenVillarreal 0-2 SSC NapoliKe babak knock-out: Bayern Muenchen & NapoliKe Liga  Europa : Manchester CityGrup BInternazionale 1-2 PFC CSKA MoskvaLille 0-0 TrabzonzporKe babak knock-out: Internazionale Milan & PFC CSKA MoskvaKe Liga Europa: TrabzonsporGrup CBenfica 1-0 Fotelul GalatiBasel 2-1 Manchester UnitedKe babak knock-out: Benfica & BaselKe Liga Europa : Manchester UnitedGrup DAjax Amsterdam 0-3 Real MadridDynamo Zagreb 1-7 Olympique LyonnaisKe babak knock-out: Real Madrid & Olympique LyonnaisKe Liga Europa : Ajax Amsterdam(faa)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Dara Aziliya

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top