Indonesia gilas Malaysia 5-1

JAKARTA: Timnas Indonesia membungkam Malaysia 5-1 pada laga perdana penyisihan grup A AFF Suzuki Cup 2010 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta malam ini. Dengan kemenangan tersebut, Indonesia memimpin klasemen sementara dengan tiga poin, diikuti
News Editor | 01 Desember 2010 16:22 WIB

JAKARTA: Timnas Indonesia membungkam Malaysia 5-1 pada laga perdana penyisihan grup A AFF Suzuki Cup 2010 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta malam ini. Dengan kemenangan tersebut, Indonesia memimpin klasemen sementara dengan tiga poin, diikuti Thailand (1) dan Laos (1) yang sebelumnya bemain imbang 2-2, dan Malaysia berada di posisi paling bawah.

Laga perdana ini menjadi warna baru permainan Indonesia walaupun sempat tertinggal satu gol lebih dulu namun mampu bangkit dan membalas dengan lima gol. Indonesia yang ditangani pelatih Alfred Riedl menurunkan duet Christian Gonzales dan Irfan Bachdim dengan kapten tim Firman Utina. Dia malah mencadangkan Bambang Pamungkas.

Sementara Malaysia yang diarsiteki Rajagobal mengandalkan Norshahrul Idlan dan Mohd Safee di lini depan. Di babak pertama ini, Indonesia langsung menyerang pertahanan Malaysia lewat gempuran Gonzales dan M Ridwan.

Malaysia unggul lebih dulu di menit 17. Satu umpan matang dari kaki Safee yang tak dapat dikawal pemain belakang Indonesia akhirnya dapat diselesaikan Idlan yang berdiri bebas di sayap kanan. Kedudukan berubah menjadi 1-0 untuk Malaysia.

Selang empat menit kemudian, Indonesia mampu menyamakan kedudukan lewat tendangan keras Irfan Bachdim yang menyentuh kaki pemain Malaysia M Asraruddin Putra dan bola malah mengarah ke gawang Malaysia.

Pada menit 32, Indonesia memperbesar keunggulan lewat kaki Christian Gonzales yang berdiri di tengah lapangan tanpa pengawalan. Tendangan keras Gonzales dari luar kotak penalti tak mampu diamankan kiper Malaysia M Sharbinee. Malaysia nyaris menyamakan, namun gol dianulir karena pemainnya berada dalam posisi offside. Kedudukan 2-1 untuk Indonesia tak berubah hingga turun minum.

Pada babak kedua, Indonesia kembali menekan pertahanan Malaysia lewat sayap kiri oleh Oktovianus Maniani. Indonesia memperbesar keunggulan melalui gol yang diciptakan M Ridwan yang lepas dari kawalan pemain belakang Malaysia di menit 51.

Malaysia mencoba melakukan perlawanan dengan masuknya dua pemain cadangan yakni M Ashari dan Amar Rohidan. Sedangkan Indonesia memainkan Toni Sucipto dan Arif Suyono menit 74. Selang satu menit, Arif menambah gol untuk Indonesia setelah lepas dari kawalan pemain Malaysia. Kedudukan pun menjadi 4-1 untuk Indonesia.

Pada menit-menit terakhir, pemain senior Indonesia Bambang Pamungkas dimasukkan pelatih Alfred menggantikan posisi Gonzales. Indonesia kembali memperbesar gol lewat Irfan Bachdim menjelang pertandingan berakhir membuat kedudukan menjadi 5-1 untuk kemenangan Indonesia Pada pertandingan Sabtu nanti, Indonesia akan bertemu Laos, sementara Malaysia menghadapi Thailand. (tw)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Rezza Aji Pratama

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top