Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prediksi Liverpool Vs Napoli: Ancelotti Punya Rekor Bagus Lawan Liverpool

Prediksi Liverpool Vs Napoli: Ancelotti Punya Rekor Bagus Lawan Liverpool
Carlo Ancelotti/Reuters-Michael Dalder
Carlo Ancelotti/Reuters-Michael Dalder

Bisnis.com, JAKARTA - Liverpool akan menghadapi Napoli pada laga terakhir penyisihan Grup C Liga Champions di Stadion Anfield, Rabu dini hari nanti. Peluang Liverpool untuk lolos ke babak 16 besar cukup sulit karena harus menang dengan selisih setidaknya dua gol.

Sejak awal musim, Liverpool sebenarnya sudah diramalkan menghadapi persaingan yang ketat. Bergabung bersama PSG dan Napoli, mereka dipastikan akan menghadapi kesulitan.

Namun, performa Liverpool di Liga Champions musim ini justru jauh dari kata memuaskan. Tak hanya kesulitan menghadapi dua tim tersebut, Liverpool juga ternyata dikalahkan oleh Red Star Belgrade yang merupakan tim penggembira di grup itu. Inkonsistensi menjadi masalah terbesar finalis Liga Champions musim lalu itu.

Menghadapi Napoli, Liverpool juga dibayangi kekalahan pada laga pertama. Gol tunggal Lorenzo Insigne pada penghujung laga memupus asa mereka membawa pulang satu angka dari kandang Napoli.

Jika melihat rekam jejak kedua pelatih, Carlo Ancelotti boleh tersenyum lebih lebar. Dia memiliki rekor cukup baik ketika menghadapi The Kop. Ancelotti pernah menghadapi Liverpool dengan dua tiga tim lainnya: AC Milan, Chelsea dan Real Madrid.

Rekor enam kemenangan dari sembilan laga pun dia genggam, tiga lainnya berakhir dengan kekalahan. Yang menarik, dalam tiga kali lawatannya ke Stadion Anfield, Ancelotti berhasil membawa pulang kemenangan dua kali, yaitu bersama Real Madrid di Liga Champions 2014-2015 serta bersama Chelsea di Liga Inggris musim 2009-2010. Keangkeran Anfield tampaknya tak berpengaruh terhadap skuad asuhan Ancelotti.

Dalam hal adu taktik dengan Klopp, Ancelotti yang memang lebih senior juga lebih unggul. Selain menang pada laga pertama musim ini, Klopp pernah ditundukkan Real Madrid yang diasuh Ancelotti ketika masih menangani Borussia Dortmund, dengan skor 0-3 pada pertemuan pertama babak perempat final Liga Champions musim 2013-2014. Meskipun pada laga kedua menang 2-0, Dortmund dan Klopp tersingkir dari Liga Champions saat itu.

Masalah lain yang mendera Liverpool adalah badai cedera. Pada laga kali ini, Klopp tak akan dapat menurunkan skuad terbaiknya karena cedera yang dialami bek Joe Gomez. Pemain muda asal Inggris itu mengalami patah kaki pada laga melawan Burnley pekan lalu.

Padahal Gomez diakui sebagai tandem terbaik untuk Virgil van Dijk di depan gawang Alisson Becker. Calon pengganti Gomez, Dejan Lovren, pun baru pulih dari cedera.

Klopp memiliki satu pilihan lain, Joel Matip. Namun bek asal Jerman tersebut belum mampu menunjukkan performa terbaiknya sejak diboyong dari Schalke 04 dua musim lalu. Dia pun hanya menjadi pilihan ketiga di belakang Lovren musim ini. Alhasil lini belakang Liverpool harus ekstra waspada.

Sementara Napoli tak memiliki masalah cedera. Ancelotti dipastikan bisa memainkan seluruh skuad terbaiknya pada laga kali ini. Tak ada masalah berarti bagi pria yang telah menggenggam tiga trofi Liga Champions itu.

Liverpool jelas harus bermain jauh lebih baik pada laga kali ini. Pada pertemuan pertama, mereka kalah di semua sisi dari Napoli. Dalam hal penguasaan bola, Napoli unggul dengan 57 persen berbanding 43 persen. Dalam hal tembakan ke arah gawang, Napoli juga unggul dengan empat berbanding nol.

Hal yang membuat bisa membuat suporter Liverpool sumringah adalah performa penyerang mereka, Mohamed Salah. Pemain asal Mesir itu pada akhir pekan kemarin mencetak hat-trick ke gawang Bournemouth. Harapan tinggi pun tersemat di pundak Salah untuk menjebol gawang Napoli.

Selain itu, rekor nyaris sempurna mereka di kandang musim ini juga bisa membuat Liverpool sedikit berpeluang lebih besar untuk memenangkan laga tersebut.

Di Liga Inggris, Liverpool memiliki catatan enam kemenangan dari tujuh laga di kandang. Hanya Manchester City yang berhasil mencuri satu angka dari Liverpool. Di Liga Champions, dua laga kandang selalu mereka menangkan.

Satu-satunya kekalahan mereka di Stadion Anfield terjadi saat menjamu Chelsea di ajang Piala Liga. Namun saat itu, Liverpool menurunkan 70 persen pemain lapis keduanya.

Dengan data dan fakta di atas, tak mudah memprediksi siapa yang akan meraih kemenangan pada laga kali ini. Pertarungan ketat tampaknya akan terjadi sepanjang 90 menit. Jika pun satu dari dua tim itu menang, kemungkinan besar tak akan berjarak lebih dari satu gol.

Laga Liga Champions antara Liverpool vs Napoli akan tersaji pada Rabu dini hari nanti pukul 03.00 WIB dan disiarkan langsung oleh RCTI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper