Hasil Liga Champions: Atletico & Dortmund Lolos ke 16 Besar

Atletico Madrid berhasil membungkam wakil Ligue 1 Prancis AS Monaco dengan skor 2 - 0 dalam laga Grup A Liga Champions Eropa.
M. Syahran W. Lubis | 29 November 2018 07:08 WIB
Striker Atletico Madrid Antoine Griezmann - Reuters/Juan Medina

Bisnis.com, JAKARTA – Atletico Madrid berhasil membungkam wakil Ligue 1 Prancis AS Monaco dengan skor 2 - 0 dalam laga Grup A Liga Champions Eropa di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Spanyol, Kamis (29/11/2018) dini hari WIB.

Kemenangan itu sekaligus memastikan langkah tim besutan Diego Simeone ke babak 16 besar Liga Champions, setelah sementara ini memimpin Grup A dengan raihan 12 poin. Atletico lolos bersama wakil Bundesliga Borussia Dortmund, demikian laman resmi Union of European Football Associations (UEFA).

Sebaliknya, harapan Monaco (1) untuk bisa melanjutkan kiprah mereka di Eropa dengan turun kasta ke 32 besar Liga Europa kian tipis, mengingat kini tim arahan Thierry Henry itu tetap di dasar klasemen dan pesaing mereka Club Brugge (5) bermain imbang tanpa gol melawan Borussia Dortmund (10) di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund.

Masih ada dua laga lagi yang akan dimainkan di grup ini pada pertengahan bulan depan—Bruges vs Atletico dan Monaco vs Dortmund—dan itu tidak mengubah hasil akhir bahwa Atletico dan Dortmund lolos ke fase knock out, Bruges terempas dari Liga Champions tetapi masuk 32 besar Liga Europa, sedangkan Monaco sama sekali tersingkir.

Pertandingan matchday terakhir tersebut hanya akan menentukan tim yang akan tampil sebagai juara Grup A, Atletico atau Dortmund.

Rendahnya kualitas permainan Monaco di Madrid terlihat dengan kegagalan Radamel Falcao mencetak gol dari titik putih pada saat pertandingan memasuki 10 menit terakhir.

Koke dan Antoine Griezmann menjadi pencetak gol kemenangan Atletico, yang tercoreng lantaran bek Stefan Savic menerima kartu merah atas pelanggaran dengan sengaja menghalau bola dengan tangannya.

Koke membuka keunggulan Atletico saat laga belum genap berjalan 2 menit, dengan tembakannya yang sempat membentur Benoit Badiashile sebelum mengecoh kiper Diego Benaglio.

Gol tersebut sekaligus menjadi gol tercepat yang pernah dicetak Atletico dalam pertandingan Liga Champions.

Pada menit ke-8, Thomas Lemar hampir mencetak gol ke gawang mantan timnya sendiri saat ia melepaskan tendangan bebas yang berhasil melewati pagar pemain, namun membentur mistar gawang.

Griezmann akhirnya sukses menggandakan keunggulan Atletico lewat golnya pada menit 24, lewat sepakan jarak dekat memanfaatkan umpan kiriman Angel Correa.

Monaco sempat berpeluang memperkecil ketertinggalan saat memperoleh kesempatan tendangan bebas di pengujung babak pertama, sayang eksekusi Nacer Chadli yang berhasil disambut sundulan Benoit Badiashile masih melambung di atas mistar gawang.

Falcao yang masuk pada babak kedua juga memperoleh peluang untuk mencetak gol pada menit 60, tetapi bola penyelesaian yang dilepaskan penyerang Kolombia itu masih terlalu mudah dijinakkan oleh kiper Atletico Jan Oblak.

Semenit berselang giliran Atletico yang memaksa Benaglio melakukan penyelamatan penting atas percobaan tembakan Griezmann. Penyelamatan juga dilakukan Benaglio atas sepakan jarak jauh Thomas Partey pada menit 78.

Monaco memperoleh kesempatan emas untuk mencetak pelecut semangat pada menit 82 lewat titik putih setelah Savic melakukan pelanggaran handsball untuk menghalau bola sepakan Youri Tielemans. Namun, Falcao yang menghadapi bola gagal menemui sasaran ketika berpeluang mencetak gol ke gawang mantan timnya.

Monaco yang terus berjibaku harus merelakan mereka pergi tanpa mencetak gol setelah eksekusi tendangan bebas pada menit 87 masih bisa dihalau Oblak dan sepakan keras Falcao di pengujung laga masih melenceng dari sasaran.

Sumber : Reuters & Antara/UEFA.com

Tag : liga champions, dortmund, atletico madrid
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top