Penalti Neymar Antar Brasil Atasi Uruguay 1 - 0

Brasil menundukkan Uruguay dengan skor tipis 1 – 0 dalam pertandingan persahabatan di Stadion Emirates, London, Inggris, pada Sabtu (17/11/2018) pagi WIB.
M. Syahran W. Lubis | 17 November 2018 05:14 WIB
Penyerang Uruguay Luis Suarez (kanan) berebut bola dengan bek Brasil Joao Miranda. - Reuters/David Klein

Bisnis.com, JAKARTA – Brasil menundukkan Uruguay dengan skor tipis 1 – 0 dalam pertandingan persahabatan di Stadion Emirates, London, Inggris, pada Sabtu (17/11/2018) pagi WIB.

Satu-satunya gol kemenangan Brasil di laga tersebut diceta dari titik penalti oleh kapten tim Neymar da Silva Santos Junior pada menit ke-76.

Pelatih Brasil Tite alias Adenor Leonardo Bacchi menurunkan skuat yang cukup lengkap. Di bawah mistar gawang ada Alisson Becker, tetapi Thiago Silva tidak mengisi lini pertahanan.

Barisan bertahan diisi Joao Miranda dan Filipe Luis, di tengah tampil Marquinhos, dan di barisan penyerang Tite tetap mengandalkan duet Neymar dan Roberto Firmino.

Di sisi Uruguay, barisan depan pilihan pelatih Oscar Washington Tabarez tetap mengandalkan Luis Suarez dan Edinson Cavani. Namun, di pos lainnya, Tabarez cenderung menurunkan skuat baru.

Posisi kiper dihuni Martin Campana, bukan Fernando Muslera yang merupakan langganan timnas Los Celeste selama 8 tahun terakhir.

Di posisi dua bek, tak ada duet Atletico Madrid Diego Godin dan Jose Maria Gimenez. Pemain lawas Martin Caceres tampil bersama Mathias Suarez dan Bruno Mendez.

Pada babak pertama Brasil lebih banyak menekan pertahanan Uruguay meskipun kedua tim sama-sama mendapatkan dua peluang yang gagal dikonversi menjadi gol.

Pada menit ke-10 Neymar da Silva Santos Junior telah menjebol gawang Uruguay, tetapi dianulir wasit Inggris Craig Pawson lantaran offside. Berselang 4 menit kemudian, tendangannya tipis melayang di atas mistar gawang Uruguay.

Pada menit ke-22, striker Uruguay Luis Suarez melepas bidikan keras dari garis penalti, tetapi masih dapat ditepis kiper Brasil Alisson Becker sehingga hanya menghasilkan sepak pojok.

Di ujung babak pertama, giliran penyerang Edinson Cavani yang memiliki peluang emas, tapi bidikan kerasnya dari dalam kotak penalti pun bisa ditepis menjadi sepak pojok saja oleh Alisson.

Pada babak kedua, Brasil meneruskan tekanannya, tetapi selalu terbentur pertahanan rapat Uruguay. Tim Samba baru bisa mendapatkan gol dari eksekusi penalti Neymar pada menit 76.

Wasit Pawson memutuskan penalti setelah menganggap gelandang serang Uruguay Diego Laxalt melanggar bek Brasil Danilo Luiz da Silva yang tengah membantu serangan.

Berselang 6 menit berikutnya, Brasil menyia-nyiakan peluang emas. Umpan lambung Neymar dari sisi kanan wilayah pertahanan Uruguay disambut tendangan first time Richarlison, tetapi melencengan ke sisi luar kanan tiang gawang Uruguay.

Brasil akan meneruskan laga uji coba menghadapi Kamerun di Stadion Milton Keynes di Buckingham Inggris, pada Rabu (21/11/2018) mulai pk. 02.30 WIB, sedangkan pada saat hampir bersamaan Uruguay berhadapan dengan tuan rumah Prancis di Stade de France di Paris.

Sumber : Reuters

Tag : timnas brasil, timnas uruguay
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top