Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kasus Transfer Pemain di Bawah Umur, Chelsea Siap Bekerjasama

Klub Liga Inggris Chelsea menyatakan siap bekerja sama dengan badan sepak bola dunia (FIFA) dalam investigasi dugaan pelanggaran terkait peraturan larangan rekrutmen pemain asing yang berusia di bawah 18 tahun.
Bertrand Traore/Reuters
Bertrand Traore/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Klub Liga Inggris Chelsea menyatakan siap bekerja sama dengan badan sepak bola dunia (FIFA) dalam investigasi dugaan pelanggaran terkait peraturan larangan rekrutmen pemain asing yang berusia di bawah 18 tahun.

Chelsea dan empat klub lainnya kini dalam penyelidikan FIFA karena diduga melanggar aturan badan sepak bola dunia itu, dan terancam sanksi larangan tranfer pemain jika terbukti bersalah, demikian laporan media-media Inggris.

Situs media investigasi Mediapart melaporkan, Rabu, unit di FIFA yang menganai kepatuhan dan integritas akan mengajukan sanksi larangan transfer selama dua tahun dan denda senilai 497.364 dolar AS bagi klub yang melanggar.

Mediapart merupakan salah satu dari beberapa media yang mempublikasikan dokumen yang dibocorkan oleh Football Leaks.

Dokumen-dokumen Football Leaks didapat oleh media Jerman Der Spiegel dan juga dilihat oleh Reuters dalam jaringan media investigasi Eropa.

Chelsea mengatakan dalam pernyataannya bahwa pihaknya akan kooperatif penuh dengan FIFA dan telah menyediakan bukti-bukti yang menunjukkan kepatuhan mereka dengan peraturan FIFA.

Dalam peraturan FIFA, klub dilarang melakukan transfer internasional pada pemain berusia di bawah 18 tahun kecuali orang tua mereka telah pindah negara dengan alasan tidak punya akses sepak bola atau baik pemain maupun klubnya berdomisili dalam jarak kurang dari 50 kilometer dari perbatasan negara.

Klub Spanyol Real Madrid, Barcelona dan Atletico Madrid pernah melakukan pelanggaran tersebut di masa lalu sehingga terkena sanksi larangan transfer.

FIFA memulai investigasinya sejak September tahun lalu pada klub-klub Inggris, dan menyatakan bahwa pihaknya belum mencapai suatu keputusan "Seperti disampaikan pada September 2017, investigasi dilakukan pada Chelsea dan klub-klub Inggris lainnya terkait adanya potensi pelanggaran aturan transfer pemain," kata FIFA.

"Proses sedang berlangsung, belum ada keputusan untuk dibawa ke badan hukum FIFA. Jadi klub-klub sementara dianggap tidak bersalah kecuali ada keputusan lain," demikian FIFA.

Media-media Inggris, termasuk Daily Telegraph, The Guardian dan The Times melaporkan bahwa Chelsea melanggar peraturan transfer pemain U-18 ketika merekrut pemain asal Burkina Faso Bertrand Traore pada 2014.

Media juga menyebut Chelsea sedang diinvestigas terkait perekrutan 14 pemain berusia di bawah 18 tahun sejak merekrut Traore.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper