Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jadwal Thailand Vs Indonesia: Ini PR Timnas Indonesia

Jadwal Thailand Vs Indonesia: Ini PR Timnas Indonesia
Timnas Indonesia/Bisnis-Dwi Prasetya
Timnas Indonesia/Bisnis-Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA - Timnas Indonesiamemang berhasil meraih kemenangan 3-1 saat menghadapi Timor Leste pada laga kedua Piala AFF 2018 di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa kemarin. Namun kemenangan tersebut kurang meyakinkan karena pada babak pertama Timnas Indonesia bermain buruk.

 Pada 10 menit awal pertandingan, skuad asuhan Bima Sakti memang mendapatkan perlawanan yang cukup ketat dari Timor Leste. Tim tamu justru beberapa kali mendapatkan peluang emas karena koordinasi lini belakang Timnas Indonesia yang kurang apik. Beruntung bagi Timnas Indonesia, penyelesaian akhir para punggawa Timor Leste tak baik sehingga membuang peluang mereka secara percuma.

Setelah 10 menit, Timnas Indonesia mampu mengendalikan permainan. Dominasi penguasaan bola dilakukan Evan Dimas cs demi mengurung pertahanan lawan.

Namun, Timnas Indonesia tampak kesulitan mendobrak lini belakang lawan pada 45 menit awal pertandingan. Skor 0-0 menjadi penutup babak pertama.

Pada babak kedua, penyakit telat panas juga terjadi di tubuh Timnas Indonesia. Hal itu yang menyebabkan terciptanya gol Timor Leste yang diciptakan Rufino Walter Gama pada menit ke-48. Para pemain Timnas Indonesia terlihat terpaku ketika pemain bernomor punggung 7 tersebut melesakkan tembakan dari luar kotak penalti yang menembus gawang Andritani Ardhyaksa.

Baru setelah kebobolan, Timnas Indonesia tampak terlecut. Serangan demi serangan mereka lakukan hingga akhirnya tercipta gol balasan dari Alfath Fathier. Pemain pengganti Stefano Lillipaly membawa Timnas Indonesia unggul dan kemudian Alberto Goncalves menutup laga dengan sundulannya.

Pada laga melawan Singapura hal yang sama terjadi. Timnas Indonesia gagal mengembangkan permainan pada babak pertama bahkan kebobolan lewat gol Harris Harun pada babak pertama.

Namun, meskipun bermain lebih baik pada babak kedua, Timnas Indonesia tetap tak mampu menjebol gawang Singapura pada laga itu.

Penyakit telat panas seperti ini memang menjadi masalah bagi Timnas Indonesia, setidaknya sejak skuad Garuda ditangani oleh Pelatih Luis Milla.

Lihat saja kiprah Timnas Indonesia di Asian Games lalu. Dari total 13 gol yang mereka ciptakan, hanya 2 diantaranya yang tercipta pada babak pertama. Pada laga melawan Hong Kong dan Uni Emirat Arab, Timnas Indonesia bahkan sempat tertinggal terlebih dahulu.

Grogi karena tekanan, itu kata para pemain Timnas Indonesia soal buruknya performa mereka di babak pertama. Bek Alfath Fahtier dan Andik Vermansyah menyatakan bahwa mereka merasakan tekanan yang besar pada awal laga.

“Babak pertama saya merasa banyak tekanan. Namun, Alhamdulillah pada babak kedua kami bisa mengubah permainan dan tampil lebih lepas. Saya juga mendapat saran dari coach Bima untuk lebih sering melakukan overlap,” kata Alfath Fathier.

Tekanan yang besar itu membuat konsentrasi dan koordinasi antar pemain menjadi buruk. Faktor mental ini tampaknya menjadi masalah yang tak pernah selesai di era Luis Milla dan menjadi pekerjaan rumah bagi Bima Sakti.

Pada laga berikutnya Timnas Indonesia akan menghadapi juara bertahan sekaligus lawan terberat di ajang Piala AFF, Thailand, Sabtu (17/11/2018) malam. Apalagi pada laga itu Thailand akan bermain di kandang sendiri yang artinya suporter mereka akan memberikan tekanan lebih besar bagi para pemain Timnas Indonesia.

Thailand sendiri dikenal sebagai tim yang selalu tancap gas sejak menit awal. Pada laga pertama Piala AFF 2018 melawan Timor Leste, skuad Negeri Gajah Putih bahkan sudah unggul 4-0 pada babak pertama.

Dalam pertemuan terakhir di SEA Games 2017, Timnas Indonesia juga sudah merasakan bagaimana tekanan di awal pertandingan yang dilakukan Thailand membuat lini belakang mereka kocar-kacir. Alhasil Chaiyawat Buran berhasil membawa Thailand unggul pada menit ke-14. Beruntung saat itu Septian David Maulana berhasil menyamakan kedudukan lewat tendangan penalti.

Nah, pada laga ketiga Piala AFF 2018 Sabtu nanti Timnas Indonesia tak boleh kembali mengandalkan keberuntungan. Penampilan apik selama 90 menit pertandingan menjadi hal yang wajib mereka pertontonkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper