Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Piala Asia U-16: Indonesia 1 Poin Lagi Juara Grup, vs Irak di 8 Besar?

Indonesia berbagi skor imbang 1 – 1 dengan Vietnam dalam matchday kedua Grup C Piala Asia U-16 di Stadion Bukit Jalil di Kuala Lumpur, Malaysia, pada Senin (24/9/2018) malam.
Para pemain Timnas Indonesia U-16 (dari kiri ke kanan) Andre Oktaviansyah, Amiruddin Bagus Kahfi, Mochamad Yudha Febrian, dan Sutan Diego Zico./Antara-Zabur Karuru
Para pemain Timnas Indonesia U-16 (dari kiri ke kanan) Andre Oktaviansyah, Amiruddin Bagus Kahfi, Mochamad Yudha Febrian, dan Sutan Diego Zico./Antara-Zabur Karuru

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia berbagi skor imbang 1 – 1 dengan Vietnam dalam matchday kedua Grup C Piala Asia U-16 di Stadion Bukit Jalil di Kuala Lumpur, Malaysia, pada Senin (24/9/2018) malam.

Sebagaimana disiarkan secara langsung oleh MNC TV, Indonesia yang lebih mendominasi serangan kecolongan gol lebih dahulu pada menit ke-30 melalui eksekusi tendangan bebas Khuat Van Khang yang mengarah ke sudut kiri atas gawang Indonesia yang dikawal kiper Ernando Ari Sutaryadi.

Gol balasan Garuda Muda dicetak Sutan Zico pada menit ke-4 babak kedua setelah mengontrol bola yang disodorkan Amiruddin Bagus Kahfi dan menuntaskan dengan tendangan keras dari sudut sempit.

Indonesia nyaris kalah ketika di ujung babak kedua sodokan Dhau Ngoc Thanh membentur tiang kanan gawang. Pemain yang sama juga dua kali lagi membuat Indonesia nyaris kebobolan, beruntung kiper Ernando bisa mengeblok dan satu peluang lainnya, bola melayang tipis di atas mistar gawang.

Pelatih Fakhri Husaini baru memasukkan penyerang sayap andalan Muhammad Supriyadi 8 menit menjelang laga usai, termasuk 4 menit injury time. Penampilannya dalam masa yang begitu singkat sangat impresif, tetapi gagal membuahkan gol kedua.

Hasil itu membuat Indonesia tinggal memerlukan hasil seri untuk memastikan tampil sebagai juara Grup C sehingga lolos bersama India yang juga mengantungi nilai 4, sama dengan skuat asuhan Fakhri Husaini. India menahan seri Iran tanpa gol dalam pertandingan lain Grup C pada Senin ini.

Meski nilai sama-sama 4 hasil satu kali menang dan satu imbang, Indonesia cukup seri karena unggul selisih gol 3 – 1 berbanding 1 – 0 milik India.

Dalam dua pertandingan matchday pertama pada Jumat (21/9/2018), Indonesia mengalahkan Iran 2 – 0, sedangkan India menaklukkan Vietnam 1 – 0.

Dalam matchday ketiga yang digelar pada Kamis (27/9/2018), Indonesia akan jumpa India dan jika seri, kedua tim lolos ke babak 8 besar atau perempat final.

Sementara itu, Vietnam dan Iran masih berpeluang lolos ke perempat final sebagai runner up jika bisa menang di laga terakhir dan di laga lain, Indonesia atau India mencatat kemenangan. Namun, dalam hal ini, akan diperhitungkan hasil head to head.

Artinya, jika Iran yang menang, Indonesia dipastikan lolos ke 8 besar meski kalah dari India, karena Indonesia menang atas Iran. Namun, jika Vietnam yang menang dan Indonesia kalah, akan dihitung selisih gol atau produktivitas mencetak gol.

Namun, tentu saja kita berharap Indonesia paling tidak seri melawan India sehingga dipastikan tampil sebagai juara Grup C dan di babak 8 besar pada Senin pekan depan (1/10/2018) mendapat lawan yang relatif lebih ringan yakni runner up Grup D yang kemungkinan besar Irak.

Kalau Indonesia hanya menjadi runner up Grup C, di 8 besar kemungkinan meladeni tim kuat Korea Selatan yang berpotensi besar tampil sebagai juara Grup D.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper