Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Collina Mundur Sebagai Bos Wasit UEFA

Mantan wasit final Piala Dunia Pierluigi Collina  mengundurkan diri sebagai bos wasit UEFA Rabu (1/8/2018).
Pierluigi Collina/Reuters
Pierluigi Collina/Reuters

Bisnis.com, ZURICH - Mantan wasit final Piala Dunia Pierluigi Collina  mengundurkan diri sebagai bos wasit UEFA Rabu (1/8/2018).

Wasit asal Italia --yang berkepala plontos-- juga kepala komite wasit FIFA dan  menjadi pendukung kuat dari sistem video assistant wasit (VAR) yang digunakan di Piala Dunia untuk pertama kalinya tahun ini.

UEFA, di sisi lain, telah memutuskan untuk tidak menggunakan VAR selama Liga Champions musim ini, dan presidennya Aleksander Ceferin mengatakan teknologi baru masih membutuhkan lebih banyak waktu untuk dikembangkan.

Namun, penolakan UEFA untuk menggunakan VAR  tidak berada di belakang keputusan Collina mndur dari perannya.

"Pierluigi membawa visi, pemahaman, dan bakat yang sama dalam  perannya di UEFA seperti  dia demonstrasikan dalam pertandingan yang dia pimpin," kata Ceferin dalam pernyataan UEFA.

UEFA mengatakan  Collina, yang pensiun dari jabatannya pada  2005 setelah berkarir  menjadi wasit pada final Liga Champions 1999 dan final Piala Dunia 2002, mencapai kemajuan besar dalam penanganan wasit profesional.

Di bawah kepemimpinannya, UEFA juga mengembangkan program untuk meningkatkan standar teknis, kebugaran, dan nutrisi wasit dan memastikan  pengetahuan tentang tim dan taktik menjadi bagian dari persiapan mereka untuk setiap pertandingan.

UEFA mengatakan  Collina akan digantikan oleh rekan  Italianya Roberto Rosetti, yang mengawasi pelaksanaan VAR untuk Piala Dunia.

"UEFA telah memimpin jalan dalam pengembangan wasit dalam beberapa tahun terakhir dan saya menantikan tantangan untuk melanjutkan dan meningkatkan kemajuan itu," kata Rosetti.

Rosetti, 50, adalah wasit internasional selama delapan tahun hingga pensiun pada  2010.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper