Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Luis Enrique, Evolusi-Kejutan di Tim Nasional Spanyol

Pelatih baru Spanyol Luis Enrique mengatakan pada Kamis (19/7/2018) bagai orang yang bertanggung jawab atas juara dunia 2010 dirinya akan melakukan evolusi, bukan revolusi tetapi mantan manajer Barcelona juga menjanjikan banyak kejutan dalam skuad pertamanya .
Luis Enrique saat diperkenalkan sebagai pelatih baru tim nasional Spanyol, Kamis (19/7/2018)/Reuters
Luis Enrique saat diperkenalkan sebagai pelatih baru tim nasional Spanyol, Kamis (19/7/2018)/Reuters

Bisnis.com, MADRID - Pelatih baru Spanyol Luis Enrique mengatakan pada  Kamis (19/7/2018)  sebagai orang yang  bertanggung jawab atas juara dunia 2010 dirinya akan melakukan  "evolusi, bukan revolusi" tetapi mantan manajer Barcelona juga menjanjikan banyak kejutan dalam skuad pertamanya .

Terkenal karena permainan passing berbasis tiki-taka mereka, Spanyol berjuang di Piala Dunia musim panas ini karena telah menjadi salah satu favorit yang menuju ke turnamen.

Persiapan mereka dibiarkan berantakan ketika pelatih Julen Lopetegui dipecat pada malam kompetisi ketika muncul kabar dia telah setuju untuk bergabung dengan Real Madrid dan Fernando Hierro mengambil alih untuk sementara.

Mereka mencatat hanya satu kemenangan tahap grup melawan Iran dan kemudian dieliminasi oleh tuan rumah Rusia di babak 16 besar.

Luis Enrique,  Evolusi-Kejutan di Tim Nasional Spanyol

Foto-foto:Reuters

"Tidak akan ada revolusi, melainkan evolusi. Anda dapat mengembangkan gaya permainan tanpa mengubahnya, seperti yang saya tunjukkan di Barcelona," kata Enrique dalam konferensi pers.

"Sepak bola adalah evolusi yang berkelanjutan dan kami akan berusaha untuk melakukan hal itu terhadap ide yang kami miliki saat ini. Kami dapat memainkan sepakbola yang bagus, menjadi agresif, mengendalikan bola dan melukai lawan kami. Ada hal-hal yang perlu kami perbaiki juga."

Enrique, yang melatih Barcelona antara 2014 dan 2017 memenangkan dua gelar La Liga serta Liga Champions 2015, juga mengisyaratkan dia akan memilih pemain dalam bentuk dan gaya permainan, bukan pada reputasi.

"Saya tidak sabar untuk mengumumkan skuad pertama saya; akan ada banyak kejutan, itu sudah pasti. Daftar pertama yang saya buat memiliki sekitar 70 pemain di dalamnya."

"Baik bagi mereka untuk tidak tahu apakah mereka pasti akan dimasukkan atau tidak dan saya belum berbicara dengan pemain mana pun."

Salah satu tugas pertamanya adalah menyelesaikan masa depan internasional pemain belakang Barca Gerard Pique.

Pemain berusia 31 tahun itu sebelumnya menyatakan dia berniat untuk pensiun dari sepakbola internasional setelah Piala Dunia, tetapi belum secara terbuka menegaskan posisinya sejak itu.

"Ini adalah kasus spesial, dua tahun lalu dia bilang dia akan pensiun. Saya ingin dapat mengandalkan semua pemain dan Pique tentu saja salah satunya. Dia menunjukkan betapa hebatnya dia. Anda harus hormatilah keinginan para pemain."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper