Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Arsene Wenger Menyesal Tinggal 22 Tahun di Arsenal

Arsene Wenger mengatakan tinggal sebagai manajer Arsenal selama hampir 22 tahun mungkin merupakan kesalahan terbesar dalam karirnya dan dia menyesal mengorbankan segalanya untuk pekerjaan itu.
Arsene Wenger/Reuters-Darren Staples
Arsene Wenger/Reuters-Darren Staples

Bisnis.com, PARIS - Arsene Wenger mengatakan tinggal sebagai manajer Arsenal selama hampir 22 tahun mungkin merupakan kesalahan terbesar dalam karirnya dan dia menyesal mengorbankan "segalanya" untuk pekerjaan itu.

Pria Prancis berusia 68 tahun itu, yang ditunjuk pada Oktober 1996, meninggalkan klub utara London itu pada akhir musim lalu setelah memenangkan tiga gelar Premier League dan tujuh Piala FA.

Dalam wawancara dengan outlet RTL Prancis, Wenger mengatakan dia akan membuat keputusan tentang masa depannya "dalam beberapa bulan ke depan".

Ketika ditanya apa kesalahan terbesar dalam karirnya, Wenger mengatakan: "Mungkin tinggal di klub yang sama selama 22 tahun."

"Aku seseorang yang menyukai hal-hal baru, suka berubah. Tapi aku juga suka tantangan. Aku sedikit seperti tawanan untuk setiap kali hadapi tantanganku."

Wenger mengakui dia terobsesi untuk memastikan keberhasilan Arsenal di lapangan, menambahkan  pengorbanan dalam kehidupan pribadinya adalah salah satu bagian tersulit menjadi seorang manajer.

"Saya menyesal telah mengorbankan semua yang saya lakukan karena saya menyadari saya telah menyakiti banyak orang di sekitar saya," tambahnya.

"Saya telah mengabaikan banyak orang. Saya telah mengabaikan keluarga saya, saya telah mengabaikan banyak orang dekat. Jauh di lubuk hatinya, pria yang terobsesi itu egois dalam mengejar apa yang dia cintai. Dia mengabaikan banyak hal lain. Tapi itu adalah tulang untuk dikejar pada saat bersamaan. "

Wenger juga yakin bahwa mantan pemain Arsenal Thierry Henry dan Patrick Vieira, yang kini mengejar karier pembinaan, memiliki kualitas untuk berhasil di tingkat atas.

Vieira baru-baru ini menjadi pelatih Nice, sementara Henry, asisten bos Belgia Roberto Martinez di Piala Dunia, telah berhenti dari peran punditnya di Sky Sports untuk fokus menjadi seorang manajer.

Namun, Wenger memperingatkan  pengorbanan kepada kedua mantan pemain Prancis yang terlibat dalam mengikuti karier kepelatihan.

"Seringkali, saya ditanya apakah Thierry Henry dan Patrick Vieira akan menjadi manajer yang baik dan saya selalu menjawab ya," katanya.

"Mereka memiliki semua kualitas; mereka cerdas, mereka tahu sepak bola, mereka memiliki keahlian yang sangat baik, tetapi apakah mereka ingin mengorbankan apa yang perlu dikorbankan untuk melakukan itu? Ini adalah obsesi yang memantul di sekitar kepala Anda siang dan malam."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper