Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Juara Piala Dunia, Bangsa Prancis Pesta Pora

Ratusan ribu penggemar Prancis yang gembira merayakan kembalinya tim sepak bola pemenang Piala Dunia mereka pada Senin (16/7/2018), melompat dan meneriakkan We Are The Champions saat bus mereka mengarak di Champs Elysees sebelum resepsi khusus presiden.
Presiden Prancis Emmanuel Macron dan istrinya Brigitte Macron berpose bersama kapten tim sepak bola Prancis Hugo Lloris dan pelatih Didier Deschamps dan para pemain sebelum resepsi untuk menghormati tim sepakbola Prancis setelah kemenangan mereka di Piala Dunia  2018, di Istana Elysee di Paris, Prancis, Senin (16/7/2018)/REUTERS - Philippe Wojazer
Presiden Prancis Emmanuel Macron dan istrinya Brigitte Macron berpose bersama kapten tim sepak bola Prancis Hugo Lloris dan pelatih Didier Deschamps dan para pemain sebelum resepsi untuk menghormati tim sepakbola Prancis setelah kemenangan mereka di Piala Dunia 2018, di Istana Elysee di Paris, Prancis, Senin (16/7/2018)/REUTERS - Philippe Wojazer

Bisnis.com,  PARIS - Ratusan ribu penggemar Prancis yang gembira merayakan kembalinya tim sepak bola pemenang Piala Dunia mereka pada  Senin (16/7/2018), melompat dan meneriakkan "We Are The Champions" saat bus mereka mengarak di Champs Elysees sebelum resepsi  khusus presiden.

Juara Piala Dunia, Bangsa Prancis Pesta Pora

"Les Bleus", tim muda yang dinamis, yang memenangkan final 4-2 yang terbuka dan serba cepat dengan Kroasia di Moskow, muncul di istana Elysee, di mana mereka menyanyikan lagu kebangsaan "La Marseillaise" dengan Presiden secara spontan. Emmanuel Macron dan istrinya.

"Terima kasih telah membuat kami bangga," kata Macron kepada para pemain di taman istana kepresidenan. "Jangan pernah lupa dari mana Anda berasal: semua klub di Prancis yang melatih Anda."

Media Prancis menghabiskan hari itu dengan memuji pencapaian tim.

Lebih dari 300.000 orang memenuhi Champs Elysees, daerah di sekitar Arc de Triomphe dan Place de la Concorde pada Minggu malam, berpesta sampai dini hari, menyanyikan Marseillaise, menyalakan petasan dan berteriak-teriak sampai matahari terbit.

"Kami bersenang-senang tadi malam, kota itu penuh kegembiraan, begitu banyak perayaan," seorang wanita berpakaian merah, putih dan biru yang telah pergi ke bandara Charles de Gaulle mengatakan pada BFM TV. "Yang kami inginkan adalah gelombang dari para pemain."

Koran-koran memuji Piala Dunia kedua bagi Prancis, setelah kemenangan pertama mereka di kandang pada 1998.

"History Made" tulis harian olahraga L'Equipe. Foto-foto superstar Kylian Mbappe, Antoine Griezmann dan Paul Pogba, serta foto-foto tim yang berpegangan tinggi dan mencium piala di tengah hujan lebat, mendominasi liputan.

Kemenangan itu telah membantu menumbuhkan rasa persatuan nasional, dengan para komentator mempermainkan fakta bahwa skuad, yang termuda kedua dalam kompetisi, termasuk banyak dengan warisan Afrika tengah dan utara, bahkan jika semua kecuali dua dilahirkan di Prancis.

Prancis telah mengalami bertahun-tahun ketegangan dan pemeriksaan diri sejak serangkaian serangan oleh kelompok bersenjata Islamis selama 2015 yang menewaskan lebih dari 140 orang, termasuk 89 yang tewas di teater Bataclan di Paris. Dalam beberapa cara kecil, Piala Dunia telah membantu mengangkat bangsa karena tetap waspada terhadap ancaman tersebut.

Ketika Prancis memenangkan Piala Dunia pertamanya 20 tahun yang lalu, dengan Zinedine Zidane  sebagai playmaker-nya, tim ini disebut sebagai "Black-Blanc-Beur" (Hitam-Putih-Arab), referensi positif untuk beragam etnis.

Namun, beberapa dari mereka tertarik untuk menempatkan frase itu di satu sisi, melihat di dalamnya rasa keterpisahan, bahkan jika itu dimaksudkan secara positif.

"Kami tidak pada  1998," kata Mounir Mahjoubi, sekretaris negara untuk urusan digital, yang orang tuanya beremigrasi dari Maroko.

"Kami  tidak  merayakan 'Black-Blanc-Beur', kami merayakan persaudaraan," katanya tentang tim saat ini.

METRO STATION

Juara Piala Dunia, Bangsa Prancis Pesta Pora


Bagi Macron, yang menjadi presiden tahun lalu pada usia 39 tahun, memimpin gerakan politiknya menuju kemenangan melawan rintangan, keberhasilannya juga kemungkinan akan berakibat positif setelah kemerosotan dalam pemungutan suara di tengah sejumlah reformasi ekonomi.

Sistem metro Paris memasuki suasana perayaan, mengumumkan nama sejumlah stasiun diubah secara singkat untuk menghormati para pemain dan pelatih, Didier Deschamps.

Stasiun Notre-Dame des Champs diberi label ulang "Notre Didier Deschamps", dan Victor Hugo dialihkan ke "Victor Hugo Lloris" setelah kapten dan penjaga gawang.

Pada Senin pagi, efek setelah pesta pora hingar-bingar Minggu malam masih terlihat. Sejumlah jendela pecah, mobil terbalik dan grafiti tertulis di sana-sini, termasuk frasa "Liberte, Egalite, Mbappe", referensi untuk semboyan nasional "Liberte, Egalite, Fraternite".

Di Twitter, legenda Brasil, Pele, memberi penghormatan pada eksploitasi Mbappe, superstar berusia 19 tahun dari Prancis, mengatakan bahwa jika remaja itu tetap menyamai rekor golnya, Pele mungkin harus mengikatkan sepatunya kembali.

Mbappe membalas tweet dalam bahasa Inggris yang mengatakan "Raja akan selalu menjadi raja", dengan cepat mendapatkan 15.000 retweet.

Tim ini  tiba kembali di Prancis sekitar pukul 1430 GMT, sebelum parade menyusuri Champs Elysees dan penerimaan kemenangan resmi dengan Macron di Istana Elysee.

Dan itu bukan hanya modal yang telah dikonsumsi oleh demam sepakbola. Dari Nice dan Marseille di selatan ke Lille di utara, Nantes di barat dan sejumlah kota dan kota di antaranya, stasiun TV penuh dengan gambar penggemar berpakaian merah, putih dan biru bernyanyi dan menari di jalanan dan alun-alun Prancis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper