Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA DUNIA 2018: Dari Paris ke Moskow, Penggemar Prancis Jadi liar

Jutaan fans Prancis kewalahan dengan sukacita pada Minggu (15/7) saat Prancis mengalahkan Kroasia 4-2 untuk memenangkan Piala Dunia sepak bola di final yang berdenyut di Moskow, memicu adegan gembira perayaan dari Paris ke Marseille, dari Lyon ke Lille.
Pendukung tim nasional Prancis/Reuters
Pendukung tim nasional Prancis/Reuters

Bisnis.com, PARIS / MOSKOW - Jutaan fans Prancis kewalahan dengan sukacita pada  Minggu (15/7) saat Prancis mengalahkan Kroasia 4-2 untuk memenangkan Piala Dunia sepak bola di final yang berdenyut di Moskow, memicu adegan gembira perayaan dari Paris ke Marseille, dari Lyon ke Lille.

Di ibukota, di mana 90.000 orang menyaksikan pertandingan di layar TV besar di sebelah menara Eiffel, ada chorus dari Marseillaise, membunyikan klakson dan ratusan ribu merah, putih dan biru bendera tricolor berkibar di angin.

Ledakan kembang api dan petasan memenuhi udara, sementara pengemudi membunyikan klakson tanpa henti untuk merayakan gelar kedua dunia Prancis setelah kemenangan mereka di kandang pada 1998.

Paduan suara yang memekakkan telinga "Kami adalah juara, Kami adalah juara" terdengar dari Sacre Coeur di utara kota ke Sorbonne di Left Bank. Adegan serupa terbukti di Marseille, Lyon, Lille, Bordeaux, dan kota-kota besar lainnya.

PIALA DUNIA 2018: Dari Paris ke Moskow, Penggemar Prancis Jadi liar

Foto:Reuters

Bahkan sebelum peluit akhir berbunyi, kerumunan mengalir ke Champs Elysees, boulevard elegan yang dikelilingi pepohonan yang menuju ke Arc de Triomphe, tempat berkumpul untuk perayaan tradisional, termasuk parade Hari Bastille 24 jam sebelumnya.

Seluruh area di sekitar Arc de Triomphe, di sepanjang Champs Elysees sepanjang dua kilometer dan Place de la Concorde di ujungnya adalah lautan nyanyian dan orang-orang yang bersorak-sorai.

"Ini hanya mengherankan apa yang telah mereka lakukan," kata Josh, 41, yang melakukan perjalanan dari Brittany ke Paris untuk menonton pertandingan dengan pacarnya. “Pogba, Mbappe, Grizou (Griezmann) - mereka berada di puncak dunia," katanya, menyebut tiga pemain yang menonjol.

"Kami adalah juara dunia! Ini fenomenal, hanya fenomenal."

Lebih dari 250.000 orang diperkirakan turun di Champs Elysees dan Place de la Concorde, tetapi suasananya hangat dan ramah. Pasukan keamanan menjaga jarak.

"Untuk mendapatkan bintang kedua (Piala Dunia) setelah 20 tahun, itu  brilian," kata Tommy Hamon, 23, yang bekerja di Le Deauville, sebuah bar di Champs Elysees.

Ini Luar Biasas
Bahkan para penggemar sepak bola yang tidak mendukung Prancis, tetapi mendapati diri mereka di ibukota Prancis untuk pertandingan itu, kesempatan itu dimanfaatkan dan termasuk menyaksikan dengan adegan-adegan perayaan.

"Prancis bukan tim saya, tetapi saya sangat senang untuk mereka hari ini," kata Sarah, 24 tahun dari Birmingham di Inggris yang belajar kedokteran di Paris.

PIALA DUNIA 2018: Dari Paris ke Moskow, Penggemar Prancis Jadi liar

"Para pemain baru saja menunjukkan sesuatu yang spesial, sesuatu yang aku suka, dan aku tidak yakin mereka akan menang hari ini, tetapi mereka melakukannya. Banyak orang akan mabuk, jika belum."

Di Moskow, di mana puluhan ribu penggemar melakukan perjalanan untuk menonton pertandingan, ada air mata sukacita di antara lautan merah, putih dan biru. Presiden Emmanuel Macron, yang melakukan perjalanan ke Moskow untuk menyaksikan pertandingan final bersama istrinya Brigitte, memeluk para pemain setelah menang dan berdiri bersama mereka di tengah hujan lebat.

Ketika trofi Piala Dunia dibawa ke lapangan untuk upacara kemenangan, Macron secara singkat menciumnya dan berseri-seri dengan sukacita.

"Ini adalah perjalanan yang hebat," kata Sebastien Mefort, 33, tersenyum lebar di Stadion Luzhniki, Moskow, wajahnya dicat warna bendera Prancis. “Saya di sini sepanjang bulan dan menghadiri semua pertandingan Prancis.”

Penggemar lainnya menyatakan lega. "Kami khawatir tentang hasilnya karena Kroasia memainkan sepakbola yang sangat agresif," kata Sylvie Wahl, 55. “Tapi pelatih kami dan pemain muda melakukannya!”

Meskipun hujan deras yang melanda Moskow tepat setelah pertandingan berakhir, penggemar menari dan bernyanyi di jalanan dan pertunjukan kembang api tidak bisa padam.

Pelatih Prancis Didier Deschamps penuh pujian untuk timnya meskipun tanda-tanda kegelisahan di awal permainan dan beberapa peluang yang hilang selama itu.

"Ini benar-benar indah. Ini luar biasa. Kami tidak memainkan pertandingan yang hebat, tetapi kami menunjukkan kualitas mental yang kuat," kata Deschamps.
Foto:Reuters
"Kami juga mencetak empat gol. Kami pantas mendapatkannya. Saya sangat senang untuk tim ini. Kami datang dari jauh dan itu tidak selalu mudah, tetapi berkat kerja keras, mereka ada di sini dan berada di puncak dunia untuk empat tahun ke depan. "

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : REUTERS
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper