Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA DUNIA 2018: Spirit of Openness Menular ke Beberapa Orang Rusia

Piala Dunia telah menjadi pembuka mata bagi pelayan Rusia Lena Tikhomirova: berbaur dengan para penggemar yang berkunjung dan mengalami budaya baru, membangkitkan keingintahuannya dan sekarang dia berencana untuk tinggal di luar negeri.
Warga bermain catur di taman di Nizhny Novgorod, Rusia/Reuters
Warga bermain catur di taman di Nizhny Novgorod, Rusia/Reuters

Bisnis.com, MOSKOW / NIZHNY NOVGOROD - Piala Dunia telah menjadi pembuka mata bagi pelayan Rusia Lena Tikhomirova: berbaur dengan para penggemar yang berkunjung dan mengalami budaya baru,  membangkitkan keingintahuannya dan sekarang dia berencana untuk tinggal di luar negeri.

"Saya suka Rusia. Saya suka Nizhny Novgorod. Tapi .... Saya ingin bertemu orang baru dan belajar di negara lain, itu akan sangat keren," kata pelayan berusia 21 tahun itu.

Sebelum Piala Dunia, kehidupan sehari-hari di Rusia dicirikan oleh layanan meja yang tidak menentu, penampilan muram, rambu-rambu jalan yang tidak membantu, dan betapa sedikitnya penduduk yang tersenyum di depan umum atau berbicara dengan orang asing.

PIALA DUNIA 2018: Spirit of Openness Menular ke Beberapa Orang Rusia

Polisi biasanya dianggap tidak membantu, lebih terkait dengan menghentikan pekerja migran untuk pemeriksaan dokumen atau mendenda penduduk karena menyeberang jalan di tempat yang salah atau minum bir di luar.

Selama turnamen, itu berubah. Orang-orang Rusia telah merasa bangga karena banyak penggemar asing telah bersuka cita dalam suasana keterbukaan kosmopolitan dan perpolitikan laissez-faire yang telah menyapu bersih dari sebelas kota tuan rumah.

"Ini telah banyak berubah dalam hidup saya, sikap saya terhadap orang asing," katanya. "Sepertinya kota saya  telah berubah juga. Tempat ini lebih ceria sekarang, itu hidup. Orang-orang menikmatinya dan tersenyum," kata Tikhomirova.

Perubahan itu meninggalkan banyak pengunjung dengan kesan positif dari Rusia, tetapi juga, bagi banyak orang Rusia sendiri telah merekayasa perubahan halus dalam masyarakat.

"Untuk komunitas seniman, Piala Dunia telah seperti "petualangan emosional" yang mempengaruhi dan menyerap seni lokal," kata pemilik galeri Georgy Smirnov di Nizhny Novgorod.

Mural grafiti bermunculan di sekitar kota, sementara turnamen ini mengilhami seniman bawah tanah seperti Egor dan Seva dari kelompok seni TOY untuk melukis serangkaian lukisan bertema sepak bola untuk sebuah pameran di galeri Smirnov.

"Saya pikir (Piala Dunia) akan mempengaruhi seluruh negara dan sikap dan hati nurani orang-orang akan berubah," kata Egor, berbicara kepada kameramen di sebuah balaclava karena keterlibatan masa lalu dengan polisi.

'POLITIK POLISI'

Polisi di Piala Dunia telah bersikap lunak karena pihak berwenang telah berusaha untuk menunjukkan kepada para penggemar yang berkunjung bahwa Rusia aman dan aman, tetapi juga terbuka dan menyambut.

Moskow telah menjadi tempat pesta larut malam, pesta mabuk-mabukan berpusat di sekitar jalan pejalan kaki yang membentang dari Red Square ke bekas markas KGB yang kini dikelola oleh Dinas Keamanan Federal (FSB).

Kebijakan yang lunak terhadap konsumsi alkohol di jalan telah membingungkan banyak orang. Sebuah video yang dibagikan di media sosial menunjukkan seorang pria Rusia memegang kaleng bir di sebuah kantor polisi jalanan sambil toast, menanyakan apakah dia akan dapat terus minum di jalanan setelah Piala Dunia.

Beberapa aktivis hak yang menentang Rusia menjadi tuan rumah Piala Dunia karena catatan hak asasi manusianya sekarang menemukan diri mereka lebih ambivalen, memuji apa yang mereka gambarkan sebagai sentuhan lembut yang luar biasa dari polisi.

"Saya menentang penyelenggaraan Piala Dunia di sini, tetapi saya dapat melihat seberapa banyak perayaan ini untuk orang-orang. Jadi saya pikir mungkin itu adalah hal yang baik," kata Svetlana Gannushkina, seorang advokat hak yang bekerja dengan para migran dan pengungsi.

Gannushkina berbicara kepada Reuters  selama turnamen sepak bola  dinding Kremlin mengenakan bantuan  khusus untuk pendatang tanpa dokumen yang sering ditargetkan oleh polisi di metro. Dia mengatakan polisi telah luar biasa "baik dan sopan" sepanjang turnamen.

"Polisi menangani diri mereka sendiri dengan sopan terhadap semua orang," katanya, seraya menambahkan bahwa dia "tidak punya harapan" situasi seperti ini akan tetap dalam jangka panjang.

Saat turnamen berakhir menjelang akhir pada hari Minggu, beberapa sudah memiliki udara nostalgia yang penuh semangat.

"Kami tidak akan pernah melihat sesuatu seperti ini dalam hidup kami lagi," kata Konstantin Pechyonov, pengamen gitar-strumming tua di Nizhny Novgorod. "Sayangnya, pesta akan segera berakhir."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper