Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA DUNIA 2018: Prancis Ke Final, Fans dan Polisi Bentrok di Champs Elysees

Prancis mulai memimpikan kemenangan Piala Dunia setelah menunggu dua dekade menyusul Les Bleus pada Selasa (10/7/2018) mengalahkan Belgia untuk mencapai final, melepaskan gelombang euforia sepakbola di seluruh negeri.
Pendukung Prancis mengangkat besi penghalang saat bentrok dengan polisi di Champs-Elysees setelah pertandingan semifinal Piala Dunia/REUTERS - Gonzalo Fuentes
Pendukung Prancis mengangkat besi penghalang saat bentrok dengan polisi di Champs-Elysees setelah pertandingan semifinal Piala Dunia/REUTERS - Gonzalo Fuentes

Bisnis.com, ST PETERSBURG / PARIS  - Prancis mulai memimpikan kemenangan Piala Dunia setelah menunggu dua dekade menyusul Les Bleus pada Selasa (10/7/2018) mengalahkan Belgia untuk mencapai final, melepaskan gelombang euforia sepakbola di seluruh negeri.

Para pendukung yang suka berkelahi, yang terbungkus dalam bendera Tricolor, tumpah ke bulevar Paris ketika bunyi klakson mobil bergema di ibu kota Prancis. Di zona penggemar di luar City Hall di tepi Sungai Seine, para pendukung yang gembira memeluk dan menyalakan asap.

"Saya benar-benar terpesona, ini gila," kata Gilles Rove, 41 tahun, di lingkungan Belleville Paris. "Tidak ada yang percaya ini bisa terjadi di awal Piala Dunia, tetapi tim ini benar-benar telah menunjukkan sesuatu dalam beberapa pekan terakhir.”

"Tim ini membuat saya merinding, bahkan lebih dari tim 1998," tambahnya, mengacu pada terakhir kali Prancis memenangkan Piala Dunia, di kandang sendiri melawan Brasil 20 tahun lalu.

PIALA DUNIA 2018: Prancis Ke Final, Fans dan Polisi Bentrok di Champs Elysees

"Kami akan menuju final, kami akan menuju final," itu diucapkan di salah satu bar di Paris tengah sebelum pecah menjadi lagu kebangsaan  La Marseillaise.

Pesta itu dirusak oleh bentrokan antara polisi anti huru hara dan massa di jalan Champs Elysees yang ikonik. Gambar-gambar TV langsung menunjukkan orang-orang yang telanjang dada melemparkan penghalang pengendalian-kerumunan plastik dan rudal-rudal lainnya ke petugas bersenjata, yang menyerang balik.

Di kota selatan Nice, lebih dari dua lusin penggemar terluka ketika suara petasan memicu serangan singkat di dekat tepi laut.

Ratusan ribu penggemar telah berserakan ke Champs Elysees dan di sekitar Arc de Triomphe karena bar, kafe, dan restoran menikmati malam pesta pora setelah pertandingan Piala Dunia yang setara dengan pertandingan derby lokal di antara para pesaing tetangganya.

Macron: "MELIHAT ANDA DENGAN PIALA"

Beberapa penggemar Prancis sudah menanti-nantikan kemungkinan bentrokan final melawan saingan lama Inggris, yang akan melawan Kroasia di semifinal kedua pada Rabu.

"Sepupu Belgia kami yang malang tidak cukup bagus. Namun, Eropalah yang menang, dan itu akan menyenangkan jika kami mengalahkan Inggris," kata Francois Garnier 45 tahun yang menyaksikan pertandingan di dekat Menara Eiffel.

Di St Petersburg, penggemar Prancis yang gembira bernyanyi saat mereka berjalan  keluar dari stadion, menikmati prospek final melawan Inggris atau Kroasia.

Fans Belgia dengan tenang keluar dari arena, kembali ke rumah  mereka sambil menenggelamkan kesedihan mereka dalam bir setelah impian mereka tentang final Piala Dunia pertama  dihancurkan oleh tetangga Prancis mereka yang lebih besar.

"Saya merasa sakit," kata Denis Backaert, 34, setelah menyaksikan Prancis menang 1-0 di semi-final ketat antara dua tim berkualitas di St Petersburg.

Prancis menang di depan Presiden Emmanuel Macron, yang popularitasnya menurun dalam jajak pendapat dan  berharap bangkitnya saat Piala Dunia. Pemimpin Prancis itu pergi ke ruang ganti pemain setelah pertandingan.

Ditanya apa yang dikatakan Macron kepada para pemain, pemain muda Les Bleus Kylian Mbappe mengatakan kepada TF1: "Dia mengatakan dia akan kembali untuk final, untuk melihat kami dengan piala."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : REUTERS
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper