Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prediksi Prancis Vs Belgia: Henry, Striker Legenda yang Dilupakan Negaranya

Prediksi Prancis Vs Belgia: Henry, Striker Legenda yang Dilupakan Negaranya
Thierry Henry/Reuters
Thierry Henry/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Pertandingan Prancis vs Belgia di babak semifinal Piala Dunia akan menampilkan satu sosok yang bakal jadi sorotan. Striker Thierry Henry, anggota skuat Prancis yang memenangi Piala Dunia 1998, merupakan asisten pelatih Roberto Martinez di timnas Belgia sejak 2016.

Ironisnya, Henry yang mencetak 51 gol dalam 123 laga untuk Prancis yang menjuarai Piala Dunia dan Piala Eropa, justru berada di pihak Belgia yang berupaya menghentikan langkah Les Blues di babak semifinal Piala Dunia 2018 di Rusia, Rabu dini hari nanti.

"Ini akan menjadi aneh untuk melihatnya melawan kami," kata penyerang Prancis Olivier Giroud seperti dilansir AFP, Senin (9/7). "Dia adalah legenda hidup sepak bola Prancis."

"Dia memberikan begitu banyak kepada tim Prancis dan kami mendapat banyak penghargaan atas apa yang telah dia lakukan," katanya.

“Tapi tentu saja saya akan bangga menunjukkan kepada 'Titi' (panggilan Henry) bahwa dia telah memilih kamp yang salah,” tambah Giroud.

Dilupakan

Setelah menghabiskan sebagian besar karirnya di Liga Inggris bersama Arsenal, Henry yang kini berusia 40 tahun hanya memiliki sedikit keterlibatan dalam sepak bola Prancis, padahal ia salah satu pemain paling populer yang pernah dihasilkan Prancis.

Presiden Federasi Sepak Bola Prancis Noel Le Graet mengatakan kepada AFP, "Kami agak melupakannya dan dia hanya memiliki sedikit kontak dengan federasi”.

"Kadang-kadang hidup bisa seperti itu. Dia berada di Inggris sejak lama dan secara pribadi saya hanya memiliki sedikit kontak dengannya,” kata Le Graet.

Dia mengatakan Henry telah membuat Belgia menjadi "tim yang gemar menyerang".

"Para striker (Belgia) menghampirinya, mereka menghormatinya," katanya.

Henry sebenarnya cuma memiliki sedikit pengalaman melatih, dan Le Graet mengatakan Henry "mungkin memilih solusi yang tepat" dengan mengambil pekerjaan sebagai asisten pelatih.

Le Graet membandingkan Henry dengan Zinedine Zidane yang sukses bersama Real Madrid dengan memenangi tiga gelar Liga Champions berturut-turut.

"Sudah pasti lebih baik untuk memulai sebagai asisten di tim nasional, bahkan jika dia berharap bisa masuk staf Arsenal," kata Le Graet.

"Tidak ada keraguan bahwa ia memiliki karier sebagai pelatih melatih di masa depan".

Henry, yang kini tampil dengan janggut yang tebal, terlihat gembira bekerja untuk Belgia bersama Martinez yang juga berpengalaman di Inggris setelah melatih Wigan dan Everton.

Dia bergabung dengan Belgia setelah Martinez ditunjuk pada 2016. Henry kemudian langsung bekerja menangani para penyerang Belgia antara lain Romelu Lukaku dan Michy Batshuayi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper