Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ASIAN GAMES 2018: Grup D Tampil di Stadion Wibawa Mukti Cikarang

Stadion Wibawa Mukti di Cikarang Timur Kabupaten Bekasi, Jawa Barat resmi menjadi tuan rumah grup D cabang olahraga sepak bola putra Asian Games 2018 berdasarkan hasil drawing (pengundian) panitia Asian Games.
Stadion Wibawa Mukti di Cikarang Timur/Istimewa
Stadion Wibawa Mukti di Cikarang Timur/Istimewa

Bisnis.com, CIKARANG, Bekasi -  Stadion Wibawa Mukti di Cikarang Timur Kabupaten Bekasi, Jawa Barat resmi menjadi tuan rumah grup D cabang olahraga sepak bola putra Asian Games 2018 berdasarkan hasil drawing (pengundian) panitia Asian Games.

"Kita akan menjadi tuan rumah grup D yang diisi empat negara peserta yakni Jepang, Vietnam, Pakistan, dan Nepal," kata Kabid Sarpras pada Dinas Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Bekasi Deny Rusnandi di Cikarang, Senin (9/7/2018).

Deny menyatakan meski hingga hari ini pihaknya belum menerima jadwal pertandingan secara lengkap namun dapat dipastikan Stadion milik Pemkab Bekasi itu akan menggelar pertandingan pertama pada 14 Agustus 2018.

"Babak penyisihan Cabor sepakbola grup D sudah dimulai empat hari sebelum upacara pembukaan Asian Games dilaksanakan," katanya.

Rencananya keempat negara peserta Asian Games yang tergabung di grup D itu akan menjalani latihan beberapa hari jelang laga perdana dimulai. Untuk itu pihaknya mempersiapkan segala fasilitas yang akan digunakan atlet, salah satunya penginapan.

"Soal penginapan kita telah berkoordinasi dengan pihak hotel. Ada dua hotel yang akan ditempati para atlet yakni Hotel Celecton dan Harper, keduanya relatif dekat dengan stadion kita, aksesnya pun sangat mudah," katanya.

Deny melanjutkan progres pekerjaan Stadion Wibawa Mukti oleh Kementerian PUPR sudah hampir selesai dengan melakukan sejumlah perbaikan fasilitas sebagai upaya mempercantik Stadion.

"Sudah 85 persen rampung secara keseluruhan. Tinggal beberapa bagian saja dan kita siap support," katanya.

Perbaikan tersebut ditargetkan selesai sebelum tanggal 18 Juli 2018, sesuai kesepakatan hasil rapat koordinasi lanjutan antara Kementerian PUPR, Inasgoc, serta pihak terkait lainnya.

Stadion kebanggaan warga Kabupaten Bekasi itu saat ini telah dilengkapi fasilitas berstandar federasi sepakbola dunia atau FIFA (Federation of International Football Association) di antaranya penggunaan rumput jenis Zoysia Matrella atau dikenal dengan rumput Manila yang juga tengah dipakai di Piala Dunia 2018 Rusia karena dianggap terbaik digunakan untuk lapangan sepakbola.

"Berstandar internasional dari FIFA. Rumput ini memiliki warna hijau yang paling pekat di antara jenis rumput lain, memiliki tingkat elastisitas yang baik dan tekstur daun yang runcing sehingga aman saat mengenai pull sepatu," katanya.

Selain rumput, Stadion Wibawa Mukti kini juga telah didukung pencahayaan megah dari lampu FOP berkualitas sebesar 1.600 lux, dialiri listrik dengan kapasitas daya sambung hingga 1.110 kilo Volt Ampere (kVA), Media Center dengan fasilitas jaringan internet super kencang, dan penambahan 25 kursi tribun media.

"Untuk memudahkan akses jalur penonton, kita sudah mencopot 3.000 bangku stadion, toilet dan plafond juga kita perbaiki sesuai standar FIFA, tiang gawang baru juga sudah sesuai standar FIFA," katanya.

Selain di Stadion Wibawa Mukti babak penyisihan grup cabor sepakbola juga akan digelar di Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi, Stadion Pakansari Kabupaten Bogor dan Stadion Si Jalak Harupat Kota Bandung pada Agustus 2018 mendatang.

Berikut hasil undian fase grup Cabang Sepakbola putra Asian Games 2018, Grup A akan ditempati Indonesia, Hongkong, Laos, dan Taiwan, sementara Thailand, Uzbekistan, Bangladesh, serta Qatar berada di Grup B, dan di Grup C diisi Irak, China, Timor Leste, dan Suriah.

Di Grup D ada Jepang, Vietnam, Pakistan, dan Nepal, lalu Korea Selatan, Kyrgyzstan, Malaysia, dan Bahrain menempati Grup E, serta Korea Utara, Arab Saudi, Iran, dan Myanmar di Grup F. Feru Lantara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper