Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Keisuke Honda Pensiun dari Timnas Jepang

Keisuke Honda Pensiun dari Timnas Jepang
Keisuke Honda/Reuters-Stefano Rellandini
Keisuke Honda/Reuters-Stefano Rellandini

Bisnis.com, JAKARTA - Keisuke Honda mengumumkan pengunduran dirinya dari sepak bola internasional menyusul tersingkirnya Jepang dari Piala Dunia 2018 di tangan Belgia dalam pertandingan mengesankan pada Senin malam.

Pemain 32 tahun itu masuk sebagai pemain pengganti pada fase akhir putaran 16 besar melawan pasukan Roberto Martinez, namun tidak mampu mencegah timnya kalah 2-3.

"Hari ini kami memperlihatkan bagaimana kami berproses sebagai sepak bola Jepang," kata mantan gelandang AC Milan itu kepada para pewarta setelah pertandingan.

"Saya mungkin telah menyelesaikan karier saya untuk tim nasional, namun saya senang karena kami memiliki banyak pemain muda mengikuti kami, dan menurut saya mereka akan membuat sejarah baru untuk sepak bola Jepang."

Jepang menggenggam keunggulan dua gol pada menit ke-52 menyusul gol-gol yang dibukukan Genki Haraguchi dan Takashi Inui, namun Jan Vertonghen dan Marouane Fellaini menyamakan kedudukan sebelum Nacer Chadli mengemas gol pada fase akhir laga untuk mengamankan kemenangan dramatis bagi Belgia.

"Ini merupakan Piala Dunia terakhir untuk saya," tambah Honda. "Itulah kenyataannya. Sejujurnya, saya ingin membawa semuanya ke putaran selanjutnya namun saya tidak dapat melakukan pekerjaan itu. Saya melakukan semua yang saya mampu. Saya melakukan yang terbaik sebisa saya."

"Belgia layak menang, namun kami juga bermain sebaik mungkin. Saya ingin berterima kasih kepada rekan-rekan setim saya."

Honda, yang mengoleksi 37 gol dari 98 penampilan untuk negaranya, digunakan sebagai sosok yang dapat memberi dampak sebagai pemain pengganti pada Piala Dunia ketiganya, dan memiliki beberapa peluang untuk mencetak gol penentu kemenangan untuk Jepang sebelum gol dramatis Belgia tercipta.

"Kami bahkan telah berbicara mengenai skor dan ketika saya memasuki permainan, namun saya tidak mampu melaluinya," tutur Honda.

"Saya selalu berkata jika Anda berada di kompetisi ini Anda semestinya memenanginya, dan saya harap generasi pemain yang lebih muda memikul semangat itu," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper