Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA DUNIA 2018: Spanyol vs Rusia, Preview, Head To Head, Susunan Pemain, Prediksi

Juara dunia 2010 Spanyol akan tampil melawan tuan rumah Rusia di babak 16 atau fase gugur di Stadion Luzhniki -- stadion olahraga terbesar di Rusia, terletak di Luzhniki, Moskwa dan berkapasitas 84.745 kursi-- pada Minggu (1/7/2018) pukul 21.00 WIB.
Tim nasional Spanyol berlatih di Luzhniki Stadium, Moscow, Russia, Sabtu (30/6/2018)/Reuters
Tim nasional Spanyol berlatih di Luzhniki Stadium, Moscow, Russia, Sabtu (30/6/2018)/Reuters

Bisnis.com,  MOSKOW -  Juara dunia 2010 Spanyol akan tampil melawan tuan rumah Rusia di babak 16 atau fase gugur  di Stadion Luzhniki -- stadion olahraga terbesar di Rusia, terletak di Luzhniki, Moskwa dan  berkapasitas 84.745 kursi--  pada Minggu (1/7/2018) pukul 21.00 WIB.

Mampukah Spanyol lolos dari hadangan tuan rumah atau mampukah tuan rumah mengatasi Spanyol?

 "Seluruh Piala Dunia di rumah kami, bagi kami adalah sebuah keajaiban. Itu tidak akan pernah terjadi pada kami lagi. Kami sangat beruntung menjadi bagian dari itu. Saya telah memimpikannya sejak saya masih kecil. Kami telah memberi bangsa kami beberapa sukacita mengikuti dua kemenangan, "lanjut Dzyuba, pemain Rusia.

"Untuk pertama kalinya dalam 32 tahun kami  lolos ke babak sistem gugur. Mari kita lihat apa lagi yang bisa kita lakukan. Ini akan menjadi seperti pertarungan petinju. Seorang juara, yang   berpengalaman melawan yang muda dan berani. Mari kita lihat siapa lebih baik. Setiap tim bisa mengalahkan siapa pun di hari yang baik. "

Head To Head

23 Sep 1998

Spanyol  v Rusia

1-0

Persahabatan Internasional

12 Jun 2004

Spanyol  v Rusia

1-0

Piala Eropa

27 May 2006

Spanyol  v Rusia

0-0

Persahabatan Internasional

10 Jun 2008

Rusia v Spanyol

1-4

Piala Eropa 

26 Jun 2008

Rusia v Spanyol

0-3

Piala Eropa

14 Nov 2017

Rusia v Spanyol

3-3

Persahabatan Internasional

Setiap kali striker Rusia Artem Dzyuba berbicara dengan media, dia seperti pidato dari film epik. "Hanya ketika kamu bersaing dengan yang terbaik kamu bisa merasakan apa yang kamu hargai. Aku senang bermain melawan Ramos dan Pique. Ini sekali dalam kesempatan seumur hidup. Kita akan melihat siapa yang memenangkan pertempuran ini."

"Saya tidak berpikir Spanyol rentan. Ini adalah tim top. Kesalahan di babak penyisihan grup tidak dihitung. Kami mengerti apa yang harus dilakukan terhadap Spanyol, tapi, tentu saja, mereka jelas favorit. Kami tahu itu akan menjadi sulit. Terima kasih kepada Uruguay, karena mereka memberi kami pelajaran yang baik. "

Keuntungan tuan rumah

Karena putaran 16 diperkenalkan di Piala Dunia FIFA di Meksiko 1986, negara tuan rumah umumnya bernasib sangat baik pada tahap ini: enam pertandingan yang melibatkan  tim dari negara tuan rumah  berakhir dengan kemenangan bagi mereka, sementara hanya dua kali tuan rumah  direndahkan : Amerika Serikat kalah dari Brasil pada 1994 berkat gol Bebeto, dan Jepang jatuh ke Turki pada 2002.

"Kami tidak takut Spanyol! Tentu saja, ada semacam kegugupan sebelum pertandingan, tetapi itu lebih seperti kegembiraan. Ini adalah pertandingan sistem gugur dan peluang dalam situasi ini sebelum kick-off selalu sama. Kami bermain melawan Spanyol belum lama ini dalam pertandingan persahabatan (dan imbang 3-3)," ujar Aleksandr Erokhin, gelandang Rusia.

"Kami mempelajari kualitas mereka yang kuat dan mencari titik lemah mereka. Semua orang tahu  Spanyol mengendalikan bola dengan sangat baik. Kami perlu menemukan solusi untuk itu. Mereka  salah satu tim terkuat di dunia, tetapi, sekali lagi - tidak takut. Permainan ini sangat menentukan. Kami akan sepenuhnya terkonsentrasi dan kami akan menunjukkan upaya maksimal. "

"Bagi saya itu akan sangat mengecewakan jika kami tidak mencapai babak berikutnya. Kami masih menunggu 23 untuk bermain dan maju ke perempat final. Semua yang datang bersama kami, kami datang untuk menang. Anda semua pergi dari rumah yang mendukung Spanyol. Bagi kami yang paling penting adalah sepak bola,"  ujar gelandang Spanyol Thiago Alcantara.

FAKTA

Spanyol vs Rusia - Minggu (1/7) Pukul 21.00WIB

Stadion Stadion Luzhniki - 80.000 Kursi

Statistik kunci:

 

* Spanyol mengambil lima poin di Grup B, tetapi selesai di atas berkat jumlah gol yang dicetak, seri 3-3 dengan Portugal, 2-2 dengan Maroko dan mengalahkan Iran 1-0.

* Rusia runner-up di Grup A, dimulai dengan  mengalahkan Arab Saudi 5-0 dan Mesir 3-1, tetapi kalah 3-0 untuk juara grup Uruguay.

* Pencetak gol terbanyak Rusia di turnamen ini adalah Denis Cheryshev dengan tiga gol, jumlah gol yang sama sebagai penembak jitu terkemuka Spanyol, Diego Costa

* Rusia menempuh jarak lebih jauh daripada tim lain dalam dua putaran pertama pertandingan, menjalankan gabungan 118km melawan Arab Saudi dan 115km melawan Mesir, meskipun mereka menurunkan intensitas mereka melawan Uruguay, ketika mereka lolos  ke babak pertama dan dapat hanya mencakup 98km.

* Rusia bermain di babak 16 besar di Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak runtuhnya Uni Soviet. Penyelesaian terbaik Uni Soviet adalah mencapai semi-final 1966.

* Spanyol memenangkan Piala Dunia pertama pada  2010, sebelum itu mereka belum pernah melampaui perempat final.

* Spanyol tidak terkalahkan dalam 23 pertandingan, kekalahan terakhir mereka datang ketika mereka kalah 2-0 dari Italia di babak 16 besar di Euro 2016.

* Pemenang akan menghadapi Kroasia atau Denmark di perempat final.

Pertemuan sebelumnya:

 Rusia gagal mengalahkan Spanyol dalam enam pertandingan mereka, dengan Spanyol menang empat kali dan dua pertandingan berakhir imbang. Pertemuan terakhir mereka adalah hasil imbang 3-3 yang menghibur dalam pertandingan persahabatan November lalu, sementara pertandingan kompetitif terakhir adalah di semi-final Euro 2008, yang dimenangkan Spanyol 3-0.

Partai mempunyai kenangan tersendiri bagi Iniesta. Pemain tengah Spanyol Andres Iniesta melakukan debut internasionalnya melawan Rusia 12 tahun lalu. Scoreline dalam pertemuan persahabatan itu, yang dimainkan di Albacete pada 27 Mei 2006, adalah 0-0. Dia akan berharap lebih baik kali ini.

Prediksi Line Up

Spanyol:  De Gea, Carvajal, Pique, Sergio Ramos, Jordi Alba, Busquets, Thiago, Silva, Isco, Iniesta, Costa

RusiaAkinfeev; Fernandes, Ignasevich, Kutepov, Zhirkov; Gazinskiy, Zobnin; Samedov, Golovin, Cheryschev; Dyzuba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper