Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PREVIEW PIALA DUNIA 2018: Inggris vs Belgia, Menuntaskan Dendam 28 Tahun Lalu

Saat di Piala Dunia Inggris selalu mengasihani diri sendiri yang berpusat pada kekalahan di semifinal oleh Jerman lewat adu penalti di Italia '90, tetapi Belgia memiliki kenangan menyakitkan mereka sendiri pada 28 tahun yang lalu di tangan Inggris dan sekarang mereka menginginkan pengembalian.
Dua andalan Timnas Belgia, Eden Hazard (kiri) dan Romelu Lukaku/Reuters-Francois Lenoir
Dua andalan Timnas Belgia, Eden Hazard (kiri) dan Romelu Lukaku/Reuters-Francois Lenoir

Bisnis.com, MOSCOW - Saat di Piala Dunia Inggris  selalu mengasihani diri sendiri yang berpusat pada kekalahan di semifinal  oleh Jerman lewat  adu penalti di Italia '90, tetapi Belgia memiliki kenangan menyakitkan mereka sendiri pada 28 tahun yang lalu di tangan Inggris dan sekarang mereka menginginkan pengembalian.

Ketika kedua belah pihak bertemu di Kaliningrad pada  Kamis (28/6/2018) dalam pertandingan kompetitif pertama mereka sejak malam itu [28 tahun lalu] di Bologna ketika Inggris menang 1-0, ada sedikit yang dipertaruhkan di muka meski keduanya yakin  sudah maju dari Grup G ke babak 16 besar.

Namun,  meskipun pelatih Belgia Belgia Roberto Martinez berbicara tentang pertandingan sebagai "perayaan",  di mana kemenangan kurang penting dan  ingin mengubah skuadnya, bagi penggemar Belgia ada rasa lapar untuk membalas dendam selama 28 tahun sejak Italia '90.

Itu terjadi kemudian di babak kedua  ketika  David Platt, pengganti lini tengah  yang kemudian memiliki karir yang sederhana sebagai pelatih dan cendekiawan, mengukir namanya menjadi sejarah pemenang  sepakbola, dengan memukul Belgia secara sensasional pada akhir waktu ekstra.

"Ini adalah memori yang menyakitkan, tetapi saya pikir sekarang adalah saat yang tepat untuk membalas generasi itu,"  kata Michel Preud'homme, penjaga gawang saat  itu, mengatakan kepada penyiar publik  RTBF sebagai "generasi emas"  baru dari bakat Belgia yang menyaksikan trofi besar pertama di negara itu.

Tim Belgia yang dibangun di sekitar Enzo Scifo dan Jan Ceulemans datang sangat dekat pada 1986, keluar di semifinal Piala Dunia oleh Argentina yang menjadi pemenang, dan merasa takdir di bahu mereka saat mereka menghadapi Inggris di Italia '90.

Voli Menakjubkan 

Scifo dan Ceulemans keduanya berhasil mengguncang gawang  tetapi, dengan kedua belah pihak bersiap untuk adu penalti, pemain Inggris Paul Gascoigne memenangkan tendangan bebas 30 meter di menit ke-120.

Gelandang lincah itu menanduk bola ke dalam kotak disambut  tendangan voli menakjubkan Platt yang pada gilirannya mengalahkan Preud'homme dan menembus  ke tiang pancang jantung impian Belgia.

"Kami semua kelelahan di akhir pertandingan," kata penjaga gawang itu. "Saya pikir kami telah menunjukkan selama 120 menit bahwa kami adalah tim yang lebih baik dan kami pantas untuk melaluinya."

"Itulah sepakbola. Jika kamu tidak mengambil kesempatanmu, kamu bisa berada di bawah kekuasaan gol seperti itu. Sebuah gol untuk buku-buku sejarah."

Martinez ingin menyimpan sejarah dari pertandingan  Kamis, berharap untuk mengistirahatkan pemain kunci dan tidak yakin  finis pertama adalah keuntungan mengingat kemungkinan lawan di depan.

Inggris dan Belgia keduanya memiliki maksimal enam poin dengan  sisa satu pertandingan untuk memutuskan siapa yang akan menyelesaikan puncak grup.

"Italia '90 membawa banyak rasa sakit kepada orang-orang Belgia dan penggemar Belgia," katanya. "Ini adalah permainan yang berbeda ... Kedua tim dapat menikmati kualifikasi."

"Seandainya striker Inggris Harry Kane tidak mencetak gol kemenangan saat melawan Tunisia di pertandingan grup pertama mereka di Rusia, semuanya bisa jadi sangat berbeda," kata Martinez.

Bagaimana jika Inggris membutuhkan ketiga poin pada  Kamis? "Mungkin saat itu," kata pelatih Belgia, "Gol Platt akan menjadi sedikit kenangan bagi semua orang."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper