Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jerman Tersingkir dari Piala Dunia, Ozil Cekcok dengan Fans Der Panzer

Jerman Tersingkir dari Piala Dunia, Ozil Cekcok dengan Fans Der Panzer
Pemain Jerman, Mesut Ozil/Reuters
Pemain Jerman, Mesut Ozil/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Pelatih Jerman, Joachim Low, tak mau menyalahkan Mesut Ozil atas kegagalan mereka melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2018. Meski mengakui bahwa sejumlah pemain Jerman tampil di bawah standar permainan mereka, dia tak mau menyalahkan para pemain tersebut.

Pasca kekalahan 0-2 dari Korea Selatan malam tadi, sejumlah suporter Jerman menyerbu Mesut Ozil yang akan masuk lorong ruang ganti stadion. Mereka menuding gelandang Arsenal tersebut sebagai biang kekalahan Jerman karena tak mampu menciptakan peluang bagi rekan-rekannya di lini depan.

Menurut media Inggris Mirror, Ozil sempat terprovokasi ulah suporter Jerman tersebut. Dia tertangkap kamera beradu mulut dengan sejumlah suporter sebelum akhirnya seorang staf Timnas Jerman menariknya untuk masuk lorong ruang ganti.

Pelatih tim berjuluk Der Panzer, Joachim Low, yang juga menjadi sasaran kemarahan suporter Jerman membela Ozil. Dia mengakui bahwa sejumlah pemain Jerman tampil di bawah standard permainan mereka, bukan hanya Ozil. Namun dia mengatakan bertanggungjawab penuh atas kegagalan Jerman itu.

"Tak hanya Ozil, sejumlah pemain juga tak tampil seperti yang biasanya. Saya bertanggungjawab atas itu dan akan menghadapinya, tetapi saya kira ini adalah tim yang baik," ujarnya.

Low mengatakan bahwa dirinya memilih memainkan Ozil sejak awal karena performa Thomas Muller yang tak meyakinkan pada dua laga awal Piala Dunia 2018. Dia juga mengakui kesalahannya menarik keluar bek Jonas Hector pada akhir pertandingan demi mengejar gol.

"Saya menilai Thomas Muller tak cukup meyakinkan pada dua laga awal dan saya ingin memperkuat di sisi itu dengan membangkucadangkan dia," ujarnya.

"Sebelum laga berakhir, ketika kami sadar kami membutuhkan gol kami menarik bek dan artinya kami menjadi lebih tak terstruktur, tetapi kami tak bisa menunggu, kami harus mengambil resiko. "

"Kami harus mempertaruhkan segalanya dan itu artinya membuka pertahanan kami," tutupnya.

Kekalahan 0-2 dari Korea Selatan membuat Jerman hanya mengumpulkan 3 angka dari 3 laga penyisihan Piala Dunia 2018. Perolehan mereka kalah dari Swedia yang mengumpulkan 4 angka setelah pada laga terakhir melumat Meksiko 3-0. Swedia pun akhirnya keluar sebagai juara grup F dan Meksiko sebagai runner-up.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper