Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inggris Jiplak Gaya Pep? Mereka Seperti Tim Premier League

Selama bertahun-tahun Inggris telah mencoba - dan gagal - untuk meniru gaya tim nasional Eropa yang sukses, tetapi sekarang Gareth Southgate tampaknya telah menemukan cara untuk meniru intensitas tim Liga Premier terbaik Inggris.
Tim Inggris di Piala Dunia 2018 saat melawan Panama, Minggu (24/6/2018)/Reuters
Tim Inggris di Piala Dunia 2018 saat melawan Panama, Minggu (24/6/2018)/Reuters

Bisnis.com, ST PETERSBURG - Selama bertahun-tahun Inggris telah mencoba - dan gagal - untuk meniru gaya tim nasional Eropa yang sukses, tetapi sekarang Gareth Southgate tampaknya telah menemukan cara untuk meniru intensitas tim Liga Premier terbaik Inggris.

Kemenangan 6-1 atas Panama pada  Minggu (24/6) mungkin datang melawan salah satu tim terlemah turnamen, membuat kesimpulan definitif tidak bijaksana, tetapi cara meraih kemenangan tentu memperlihatkan  pekerjaan Southgate telah dilakukan dengan tim.

Meskipun formasi dan taktik Southgate telah dianggap sebagai progresif dan modern, ada juga sesuatu yang secara tradisional  Inggris dari kekuatan tim.

Setelah pelatih asal Swedia Sven Goran Eriksson, yang membuat namanya di Serie A Italia, tidak dapat berhasil dengan usahanya untuk menanamkan 'gaya kontinental' bermain, pelatih Italia Fabio Capello pada gilirannya gagal  dengan pendekatan yang kaku.

Inggris Jiplak Gaya Pep? Mereka Seperti Tim Premier League

Terlalu sering di bawah Roy Hodgson, pelatih lain dengan pengalaman Eropa yang luas, Inggris lambat dan ragu-ragu, meninggalkan penggemar bertanya-tanya mengapa pemain yang begitu percaya diri dan efektif di klub Liga Premier mereka tampak membeku di kemeja Inggris?

Banyak hal yang bisa menjelaskan, misalnya, ada fokus pada 'faktor ketakutan' dari ekspektasi dan tekanan yang terlalu tinggi, dari media yang bermusuhan dan Inggris yang ketinggalan  zaman di banyak bidang.

Namun, apa yang Southgate  tunjukkan adalah  jika pemain Inggris diberikan lisensi untuk bermain dengan cara yang mereka lakukan untuk klub mereka, mereka dapat memberikan jenis sepakbola yang intens dan menarik yang membuat Liga Premier seperti kompetisi yang menarik.

Akhirnya, Inggris memiliki tim di mana pemain tampil dengan cara yang sama, dengan intensitas dan kepositifan yang sama, yang mereka tunjukkan dengan klub mereka setiap minggu.

Secara taktis, tidak ada yang sangat revolusioner tentang formasi yang digunakan Southgate. Di Italia pada 1990, ketika Inggris mencapai empat besar, Bobby Robson mendatangkan Mark Wright dan bermain dengan tiga bek tengah.

Pengaturan itu sempurna untuk memberikan kebebasan untuk menyerang dari pemain belakang - sebuah peran yang merupakan bagian dari sepak bola Inggris, dengan Kieran Trippier yang sangat baik mengikuti jejak pemain belakang yang overlaping  seperti Stuart Pearce dan Kenny Sansom .

Kekuatan Inggris lainnya yang bertahan lama adalah kekuatan udara, dan pemain tengah John Stones terungkap dalam build-up  ke permainan Panama bahwa tim telah bekerja keras pada bola mati, khususnya di corners.
Inggris Jiplak Gaya Pep? Mereka Seperti Tim Premier League

Kedua gol  Inggris melawan Tunisia datang dari sudut-sudut Trippier, dan rute itu mengarah ke gol pembuka melawan Panama ketika Stones memimpin dengan kuat. Inggris menyebabkan kekacauan dari set-piece semua game.

Gol ketiga, sebuah serangan indah dari Jesse Lingard, berasal dari jenis pendekatan yang cepat dan tajam dan penyelesaian percaya diri yang mengisi gulungan pertandingan Premier League yang   terlalu jarang menjadi fitur pertunjukan Inggris.

Seolah-olah untuk menekankan kekuatan mereka di udara, gol keempat Inggris adalah buah dari rutinitas pelatihan lapangan yang menampilkan tidak kurang dari tiga header di kotak, termasuk tandukan di kotak pinalti  terakhir Stones.

Dan kemudian ada Harry Kane, dengan hattrick melawan Panama dan lima gol di turnamen. Apa yang  lebih dari Inggris daripada nomor sembilan besar? Pahlawan buku komik 'Roy of the Rovers', memimpin the line dan mendapatkan kejayaan.

Apa yang baru tentang sistem Southgate adalah peran the floating forwards - Jesse Lingard, Raheem Sterling, Dele Alli dan Ruben Loftus- Cheek, beroperasi di belakang Kane, pendekatan yang digunakan oleh Manchester City Pep Guardiola musim ini.

Tentu saja, Liga Premier sendiri merupakan perpaduan gaya dan pengaruh yang diambil dari seluruh Eropa dan di seluruh dunia, dan Southgate, penonton reguler di berbagai pertandingan di seluruh negeri, telah menarik banyak dari mereka.

"Kami punya beberapa pelatih terbaik di dunia yang bekerja di liga kami sehingga ada beberapa ide yang menarik," katanya pada malam Piala Dunia kepada Reuters.

"Ini adalah hak istimewa untuk benar-benar menonton pertandingan-pertandingan itu dan menonton berbagai formasi dan sistem yang berbeda dengan sistem yang berbeda. Musim ini sangat kontras dengan gaya dan filosofi," katanya.

Tes sejati untuk pendekatannya akan datang di babak sistem gugur, setelah pertandingan grup terakhir melawan Belgia selesai.

Namun,  paling tidak, fans Inggris akan dapat menghibur tim yang memainkan merek sepakbola yang mereka kenali dan nikmati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper