Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA DUNIA 2018: Skandal Julen Lopetegui, Spanyol Dalam Bahaya

Baru saja menandatangani kontrak baru dengan Spanyol dan tidak pernah membuat tanda-tanda di sepakbola klub, Julen Lopetegui ditunjuk sebagai pelatih Real Madrid pada hari Selasa. Ini sebagai kejutan bagi pengamat yang paling berpengalaman sekalipun.
Tim nasional Spanyol saat tiba di Rusia untuk Piala Dunia 2018/Reuters
Tim nasional Spanyol saat tiba di Rusia untuk Piala Dunia 2018/Reuters

Bisnis.com, MADRID - Spanyol terpukul. Baru saja menandatangani kontrak baru dengan Spanyol dan tidak pernah membuat tanda-tanda di sepakbola klub,  Julen Lopetegui ternyata sudah siap sebagai pelatih Real Madrid tanpa pemberitahuan kepada Federasi Sepakbola Spanyol. Ini sebagai kejutan bagi pengamat yang paling berpengalaman sekalipun.

Setelah karir yang  bopeng  dan terendah ekstrim dan, mengingat rekor dalam manajemen klub yang telah memecatnya  di klub  lapis kedua Rayo Vallecano dan Porto setelah 18 bulan tanpa trofi, penunjukan itu merupakan pertaruhan besar bagi Real.

Mantan kiper Real dan Barcelona tidak pernah disebutkan di antara pelatih dan  pemain untuk menggantikan Zinedine Zidane, yang mengundurkan diri dua minggu lalu, dan hanya menandatangani kesepakatan baru untuk memimpin Spanyol hingga Euro 2020 pada akhir bulan lalu.

Namun, mungkin, jawaban mengapa Real berubah menjadi pelatih klub  yang sebagian besar tidak terbukti terletak pada kesuksesan yang mereka miliki bersama Zidane.

Dia tidak memiliki pekerjaan senior dalam manajemen klub sebelum dia mengambil alih di Bernabeu dan memimpin klub untuk tiga gelar Liga Champions secara langsung.

Meskipun hampir tidak mungkin bagi Lopetegui untuk meniru kesuksesan Zidane, rekam jejaknya membawa pemain muda juga memainkan peran penting dalam pemikiran klub.

Jika cara dia memimpin Spanyol U-19 dan U-21 untuk kemuliaan sangat mengesankan, kemampuannya untuk mengantarkan pemain generasi baru  ke tim nasional menyusul kepergian Vicente del Bosque setelah Euro 2016 bahkan lebih luar biasa - dan dia tetap tak terkalahkan di semua 20 gimnya sebagai pelatih Spanyol.

Dengan banyak pemain kunci Real Madrid, seperti Sergio Ramos, Luka Modric, Cristiano Ronaldo, dan Karim Benzema, semuanya berusia 30-an, ada pergantian  yang dibutuhkan pada juara Eropa.

Lopetegui juga memiliki hubungan yang baik dengan bakat yang lebih muda seperti Isco, Marco Asensio, dan Dani Carvajal, yang semuanya dipandang sebagai pusat dari masa depan Madrid.

Sementara langkah itu mungkin perjudian untuk Madrid, itu tidak diragukan lagi dan merupakan gangguan yang tidak diinginkan untuk Spanyol di puncak Piala Dunia di mana mereka adalah salah satu favorit pra-turnamen.

Ini membuat tim Spanyol, yang  akan pergi ke partai pembuka hari Jumat melawan Portugal di tengah latar belakang pergolakan, harus  membiarkan untuk tidak menggagalkan kampanye mereka.

Dipecat? Itu solusi, mungkin. Jika dipertahankan, ada preseden untuk Spanyol dengan Luis Aragones yang mengumumkan keberangkatannya sebelum Euro 2008 di mana dia memimpin tim nasional untuk meraih kemenangan.

Keputusan itu, bagaimanapun, telah direncanakan sebelumnya dan pemain tahu sebulan, bukan hari, di muka.

Untuk enam pemain Real yang disebutkan dalam skuad Spanyol, tidak diragukan lagi akan memberikan motivasi ekstra untuk mengesankan bos masa depan mereka.

Namun, seberapa baik Gerard Pique dari Barcelona ingin diperintahkan oleh pelatih Bernabeu akan menjadi ujian sejati manajemen Lopetegui.

Stasiun radio Spanyol Radio Marca melaporkan pada  Selasa bahwa semua (enam) pemain Madrid telah diberitahu tentang keputusan tersebut.

Ketika anggota lain dari skuad itu tahu, keputusan itu diambil untuk membuat berita publik  menghindari ketidakharmonisan di belakang layar.

Seberapa baik mereka tampil melawan Portugal di pembuka Grup B mereka pada  Jumat tidak diragukan lagi akan memberikan indikasi tentang bagaimana para pemain telah mengambil berita itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper