Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA DUNIA 2018: Kunjungi Rusia? Hati-Hati Rasisme, Kata Pengawas Anti-Rasisme

Penggemar sepak bola mengkhawatirkan rasisme atau homofobia saat melakukan perjalanan ke Rusia untuk Piala Dunia, tetapi mengambil tindakan pencegahan karena negara tuan rumah adalah lingkungan yang sulit, ujar kepala pengawas anti-rasisme Eropa FARE pada Selasa (13/6/2018).
Piala Dunia 2018: Rusia, Akankah Meraup Keuntungan Ekonomi?/Reuters
Piala Dunia 2018: Rusia, Akankah Meraup Keuntungan Ekonomi?/Reuters

Bisnis.com, MOSKOW  - Penggemar sepak bola mengkhawatirkan rasisme atau homofobia saat melakukan perjalanan ke Rusia untuk Piala Dunia, tetapi mengambil tindakan pencegahan karena negara tuan rumah adalah "lingkungan yang sulit",  ujar kepala pengawas anti-rasisme Eropa FARE  pada Selasa (13/6/2018).

Inspektur anti-diskriminasi dari Federasi Sepak Bola Rusia mengatakan Piala Dunia adalah kesempatan bagi Rusia untuk menunjukkan betapa terbuka itu.

Namun, kasus pelecehan rasis yang terus berlanjut di stadion menjelang turnamen telah membuat para pengamat waspada.

"Saya pikir ini adalah lingkungan yang sulit, tetapi Piala Dunia, kami yakin akan berlalu dengan damai, kami berharap,"  Piara Powar, direktur eksekutif jaringan anti diskriminasi FARE, mengatakan kepada Reuters dalam sebuah wawancara di Moskow.

Rusia berjanji untuk menindak rasisme menjelang Piala Dunia, yang dimulai di Moskow pada Kamis (14/6) dengan upacara pembukaan diikuti oleh pertandingan antara tuan rumah dan Arab Saudi.

Insiden di pertandingan, bagaimanapun, telah berlanjut.

Rusia didenda bulan lalu setelah pelecehan rasis diarahkan pada pemain Prancis selama pertandingan persahabatan Maret di St Petersburg, yang merupakan salah satu dari 11 kota tuan rumah Piala Dunia.

Pada  April, penggemar dengan klub liga utama Rusia CSKA Moskow meneriakkan pelecehan rasis kepada pemain hitam Arsenal beberapa kali selama pertandingan Liga Eropa, menurut seorang saksi kepada Reuters.

UEFA, badan yang mengatur sepakbola Eropa, mengatakan tidak ada perilaku rasis yang dilaporkan oleh pejabat pertandingan di pertandingan itu.

Powar mengatakan klub sepak bola Rusia dan Federasi Sepakbola Rusia telah mengambil pekerjaan anti-diskriminasi  lebih serius menjelang Piala Dunia. Dia memuji pekerjaan yang dilakukan pada tahun lalu oleh Alexei Smertin, inspektur anti diskriminasi asal Rusia.

"Kami telah melihat jika tidak ada perubahan nyata, kemudian pemahaman yang lebih baik dan mereka mulai memenuhi tantangan yang telah diletakkan di hadapan mereka," kata Powar.

"Semangat keterbukaan, kami berharap, akan menang tetapi pada saat yang sama: mengambil tindakan pencegahan. Memahami  komunitas LGBT tidak diterima dengan cara yang sama seperti mereka di banyak negara Eropa Barat atau di banyak bagian Utara global," dia berkata.

Pada  April, Smertin mengatakan Piala Dunia adalah kesempatan bagi Rusia untuk menunjukkan seberapa terbuka itu.

"Ini pertama-tama adalah kemungkinan untuk membuktikan betapa ramah dan terorganisasi kami sebenarnya ... Kami dapat menunjukkan bagaimana kami memperlakukan semua orang sama karena sepakbola - seperti yang saya katakan - instrumen pemersatu."

Powar mengatakan dia kecewa setelah Mesir dan pemain depan Liverpool Mohamed Salah pekan ini difoto dengan Ramzan Kadyrov, pemimpin wilayah Chechnya di Rusia selatan di mana tim nasional Mesir berbasis di Piala Dunia.

Kadyrov dan sekutunya telah dituduh meluas pelanggaran hak asasi manusia, termasuk menyiksa dan menculik pria homoseksual, tuduhan yang telah dibantah oleh otoritas Chechnya.

Dengan difoto dengan Kadyrov, Salah - entah sadar atau tidak - mendukung kepemimpinan Chechnya, kata Powar.

"Saya pikir itu tidak akan membayangi Piala Dunia, tetapi itu adalah sesuatu yang sudah berdiri beberapa hari sebelum pertandingan dimulai sebagai kejadian buruk," kata Powar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper