Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Panduan dan Fakta Penting bagi Pemasar Aplikasi Piala Dunia 2018

Piala Dunia 2018 akan menjadi Piala Dunia Seluler karena masyarakat akan lebih banyak mengkonsumsi Piala Dunia melalui ponsel mereka dibandingkan dengan sebelumnya, terutama melalui aplikasi.
Piala Dunia 2018 Rusia/Reuters
Piala Dunia 2018 Rusia/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Aplikasi berbasis layanan akan mengalami peningkatan yang sangat besar dari Piala Dunia. Pemakaian Live streaming akan meningkat secara drastis, dan aplikasi ride sharing (transportasi online) dan aplikasi pengiriman akan menjadi primadona selama Piala Dunia.

App Annie berharap untuk menemukan pertumbuhan besar pada 3 aplikasi bisnis utama, yaitu Live Streaming, Food Delivery dan Ride-Sharing. Aplikasi Ride-Sharing meningkatkan porsi pemasangan iklan dalam aplikasi di Amerika Serikat (AS) selama minggu-minggu menjelang Piala Dunia, minggu-minggu Super Bowl diadakan dan pada upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin 2018.

App Annie menawarkan media yang menerbitkan cerita mengenai App Anniei dengan hak untuk menggunakan tema Piala Dunia sebagai hasil karya dan khususnya untuk laporan resmi dari artis Chile, Vicente Marti. Setiap versi pemain dapat digunakan untuk audiens yang berbeda, seperti Neymar (Brasil), Messi (Argentina), Ronaldo (Portugal), dan Salah (Mesir). 

Beberapa catatan penting:

  • ·         Sebanyak 80% mengatakan bahwa mereka menggunakan tablet dan smartphone mereka untuk mencari status pemain dan untuk memutar ulang video penting, fenomena yang dikenal sebagai “second screening” atau skrining kedua.
  • ·         Setiap Piala Dunia menandai era baru konsumsi acara langsung di seluruh dunia.
  • ·         Piala Dunia 2014 di Brazil ditandai oleh Social Media, Piala Dunia 2018 akan ditandai oleh seluler, dan seluler akan menjadi panggung utama di Piala Dunia kali ini
  • ·         Live streaming acara olahraga telah populer di seluruh dunia. Penonton online Super Bowl 2018 meningkat sebesar 45% dari tahun 2017 ke tahun 2018. Sedangkan Olimpiade Musim Dingin 2018 di streaming oleh dua kali lipat orang dibandingkan dengan tahun 2014.
  • ·         30% pendukung melakukan streaming acara olahraga pada perangkat seluler mereka, karena memungkinkan mereka untuk menonton permainan dan acara “dengan persyaratan mereka sendiri.”
  • ·         Pengguna seluler rata-rata menghabiskan hampir 3 jam sehari untuk membuka aplikasi pada 2017. Angka ini bahkan lebih tinggi pada pasar negara berkembang seperti Indonesia dan Meksiko.

Catatan menarik lainnya, yakni:

Pada Piala Dunia 2014, aplikasi resmi FIFA telah diunduh sebanyak 18 juta kali. 280 juta orang telah dijangkau secara online dengan konten khusus Piala Dunia – (9,6% dari total populasi online pada tahun tersebut). App Annie berharap, angka ini akan meingkat dua kali lipat tahun ini.

  • ·         Aplikasi Food Delivery and Ride-Sharing, menemukan peningkatan besar di saat acara kumpul-kumpul kegiatan olahraga.
  • ·         App Annie menemukan adanya peningkatan porsi pemasangan iklan dalam aplikasi yang dilakukan oleh aplikasi ride sharing terkemuka di Amerika saat minggu-minggu menjelang, minggu Super Bowl dan upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin 2018.
  • ·         Kombinasi dari lokasi dan data penggunaan aplikasi dapat digunakan oleh pemasar dalam penargetan kampanye.
  • ·         Menurut App Annie, Minggu, 11 Februari merupakan hari pertama (#1) untuk unduhan aplikasi Makanan dan Minuman di iOS dan Google Play digabungkan di Amerika Serikat untuk empat bulan pertama pada tahun 2018.   Hal itu merupakan hari ke-3 dari Olimpiade Musim Dingin pada akhir pekan setelah upacara pembukaan. Unduhan harian melampaui angka 610,000, peningkatan yang hampir mencapai 20% dari rata-rata unduhan harian dari dua minggu sebelumnya. Aplikasi Food Delivery adalah kunci utama untuk peningkatan unduhan tersebut.
  • ·         Merek yang mensponsori Piala Dunia atau mereka yang berusaha menangkap audiens yang tertarik dengan turnamen, harus menggunakan kesempatan yang ditawarkan seluler kepada mereka.
  • ·         Selama minggu Super Bowl dan Olimpiade Musim Dingin 2018. Perusahaan permainan seluler terkemuka meningkatkan porsi pemasangan iklan pada iklan berbasis video sebanyak lebih dari 16 persen dari minggu ke minggu di Amerika Serikat.
  • ·         App Anie melihat peningkatan sebanyak tiga digit pada volume pencarian dan difficulty untuk kata kunci (frase) “Black Friday” pada November 2017 di AS. Kata kunci yang berhubungan dengan Piala Dunia cenderung mengalami peningkatan pada volume pencarian dan difficulty saat bulan Juni dan Juli 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper