Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA DUNIA 2018: Inilah Tim Belgia, Radja Nainggolan Dicoret

Pelatih timnas Belgia Roberto Martinez tidak mengikut sertakan gelandang AS Roma Radja Nainggolan dalam skuadnya untuk Piala Dunia bulan depan di Rusia dan langkah tersebut murni keperluan taktik dan bukan terkait permasalah di masa lalu terkait urusan disiplin.
Radja Nainggolan/Bisnis
Radja Nainggolan/Bisnis

Bisnis.com, TUBIZE -  Pelatih timnas Belgia Roberto Martinez tidak mengikut sertakan gelandang AS Roma Radja Nainggolan dalam skuadnya untuk Piala Dunia bulan depan di Rusia dan langkah tersebut murni keperluan taktik dan bukan terkait permasalah di masa lalu terkait urusan disiplin.

Pria Spanyol itu pada Senin (21/5/2018) memberikan kejutan dengan tidak mengumumkan skuad finalnya yang berisi 23 pemain seperti yang diharapkan, justru mendaftarkan 28 pemain yang akan kembali dipangkas pada 4 Juni, dua hari setelah pertandingan persabahatan melawan sesama tim peserta Piala Dunia Portugal di Brussel pada 2 Juni.

"Kami tahu  Radja memiliki peran yang sangat penting di klubnya dan kami tidak memberinya peran itu di skuad kami," kata Martinez pada konferensi pers, mengakui peran kunci Nainggolan dalam laju Roma ke semifinal Liga Champions, tetapi mengatakan  ia tidak dapat menawarinya peran serupa di tim Belgia "yang lebih menyerang." Sang pelatih dan sang pemain telah melakukan diskusi "yang jujur" setelah Martinez terbang ke Roma pada Minggu.

Tidak ada keraguan mengenai popularitas Nainggolan (29) di antara para penggemar Belgia, menyusul peran kuncinya di Piala Eropa 2016, kata sang manajer, tetapi pelatih harus siap untuk mengambil keputusan-keputusan sulit demi kebaikan tim.

"Saya tidak berpikir Radja merupakan pemain yang terbiasa pada peran kecil," kata Martinez ketika Nainggolan dilaporkan siap berangkat bersama skuad "bahkan sebagai seorang kiper."

"Alasan Radja tidak masuk skuad murni karena keputusan taktik," kata Martinez kepada para pewarta, sambil menambahi  hal itu memberinya tambahan beberapa pekan sampai tenggat waktu skuad final FIFA yang akan membuat pemain seperti bek Barcelona Thomas Vermaelen memiliki waktu untuk membuktikan kebugarannya.

Berada di posisi ketiga dalam daftar peringkat dunia dan lapar kesuksesan meski memiliki sejumlah pemain paling berbakat di Eropa, lawan Inggris di Grup G ini akan terbang ke Rusia dengan sejumlah bintang Liga Inggris seperti penyerang Chelsea Eden Hazard dan gelandang Kevin De Bruyne dari tim juara Manchester City.

Penyerang Manchester United Romelu Lukaku juga masuk dalam skuad pendahuluan meski belakangan diganggu masalah cedera, bersama kapten Manchester City yang telah berusia 32 tahun Vincent Kompany di jantung pertahanan.

Di antara wajah-wajah segar yang mendapat kesempatan masuk skuad adalah pemain sayap Adnan Januzaj dari Real Sociedad, dan gelandang Monaco berusia 21 tahun Youri Tielemans.

Skuad sementara timnas Belgia: Kiper: Thibaut Courtois (Chelsea), Simon Mignolet (Liverpool), Koen Casteels (VfL Wolfsburg), Matz Sels (Newcastle United).

Bek: Toby Alderweireld (Tottenham), Christian Kabasele (Watford), Jordan Lukaku (Lazio), Thomas Meunier (Paris Saint-Germain), Thomas Vermaelen (Barcelona), Jan Vertonghen (Tottenham), Laurent Ciman (Los Angeles), Dedryck Boyata (Celtic), Vincent Kompany (Manchester City)

Gelandang: Marouane Fellaini (Manchester United), Axel Witsel (Tianjin Taida), Kevin De Bruyne (Manchester City), Eden Hazard (Chelsea), Nacer Chadli (West Bromwich Albion), Leander Dendoncker (Anderlecht), Thorgan Hazard (Borussia Moenchengladbach), Adnan Januzaj (Real Sociedad), Youri Tielemans (Monaco)

Penyerang: Moussa Dembele (Celtic), Michy Batshuayi (Chelsea/Dortmund), Christian Benteke (Crystal Palace), Yannick Carrasco (Atletico Madrid), Romelu Lukaku (Manchester United), Dries Mertens (Napoli).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : ANTARA/REUTERS
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper