Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA AAF 2018: Indonesia Satu Grup Dengan Thailand dan Singapura

Tim nasional Indonesia menempati Grup B Piala AFF 2018, yang digelar 8 November-15 Desember 2018 bersama Thailand, Filipina, Singapura, dan pemenang babak kualifikasi Timor Leste atau Brunei Darussalam, berdasarkan pengundian yang dilakukan di Jakarta, Rabu (2/5/2018).
Timnas Indonesia/Antara-Akbar Nugroho Gumay
Timnas Indonesia/Antara-Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, JAKARTA -  Tim nasional Indonesia menempati Grup B Piala AFF 2018, yang digelar 8 November-15 Desember 2018 bersama Thailand, Filipina, Singapura, dan pemenang babak kualifikasi Timor Leste atau Brunei Darussalam, berdasarkan pengundian yang dilakukan di Jakarta, Rabu (2/5/2018).

Bagi Indonesia, ini adalah kedua kalinya bergabung dengan Thailand, Singapura, dan Filipina secara bersama-sama setelah sebelumnya ketiga negara juga segrup di Piala AFF 2016.

Sementara Grup A Piala AFF 2018 diisi oleh tiga tim kuat yakni Vietnam, Malaysia, Myanmar dan ditemani Laos serta Kamboja.

Sebagai informasi, Vietnam, Malaysia, Myanmar dan Kamboja juga berada satu grup di Piala AFF 2016.

Menanggapi keberadaan Indonesia di Grup B, asisten pelatih tim nasional Indonesia Bima Sakti menyebut grup itu cukup berat.

Pasalnya, di sana ada Thailand yang merupakan juara Piala AFF 2016. Thailand adalah tim tersukses sepanjang sejarah Piala AFF dengan lima kali juara.

Bukan hanya itu, dengan format dua kali laga kandang dan dua kali tandang di fase grup AFF, Indonesia harus bertandang Thailand.

"Kami harus mempersiapkan diri dengan baik setelah Asian Games 2018. Target kami adalah juara," kata Bima Sakti.

Sementara itu, pelatih Malaysia Tan Cheng Hoe menilai timnya merupakan tim yang tidak diunggulkan atau "underdog" di Grup A.

Oleh karena itu, Tan Cheng Hoe tidak menjanjikan prestasi tinggi di Piala AFF 2018 dan memilih memberikan kesempatan bagi skuatnya yang didominasi pemain muda untuk memperoleh pengalaman.

"Semoga para pemain bisa menunjukkan performa yang baik di Piala AFF," kata dia.

Seperti disebutkan sebelumnya, Piala AFF 2018 akan digelar pada 8 November-15 Desember 2018. Pada edisi 2018, AFF membuat format baru di babak grup yang diisi lima tim yakni setiap tim bertanding dengan dua kali laga tandang dan dua kali kandang, berbeda dengan edisi-edisi sebelumnya yakni satu arena untuk setiap grup ("home tournament").

Setelah babak grup, Piala AFF akan berlanjut ke babak semifinal yang mempertemukan peringkat kedua Grup A melawan juara Grup B dan peringkat kedua Grup B menghadapi juara Grup A.

Babak ini digelar dengan sistem kandang-tandang. Kandang-tandang juga berlaku di babak final yang digelar pada Sabtu, 15 Desember 2018.

Adapun babak kualifikasi Piala AFF 2018 mempertemukan Timor Leste dan Brunei Darussalam untuk merebut satu slot tersisa di babak grup.

Pertandingan kedua tim akan berlangsung pada 1 dan 8 September 2018, dengan Timor Leste menjadi tuan rumah di laga perdana kualifikasi.

Berikut pembagian grup Piala AFF 2018.

  • Grup A: Vietnam, Malaysia, Myanmar, Laos, Kamboja.
  • Grup B: Thailand, Indonesia, Filipina, Singapura, Pemenang kualifikasi (Timor Leste atau Brunei Darussalam.

Pertandingan pertama Indonesia di Grup B dilaksanakan pada Jumat (9/11) melawan Singapura di Singapura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper