Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Liga Belanda: Ajax Dampingi PSV Lolos ke Liga Champions

Ajax Amsterdam memastikan menggenggam tiket ke jalur kualifikasi Liga Champions Eropa musim depan setelah menundukkan rival head to head-nya AZ Alkmaar dengan skor telak 3-0 dalam pertandingan pekan ke-33 Eredivisie Belanda.
Ajax Amsterdam/Twitter AFCAjax
Ajax Amsterdam/Twitter AFCAjax

Bisnis.com, JAKARTA – Ajax Amsterdam memastikan menggenggam tiket ke jalur kualifikasi Liga Champions Eropa musim depan setelah menundukkan rival head to head-nya AZ Alkmaar dengan skor telak 3-0 dalam pertandingan pekan ke-33 Eredivisie Belanda.

Ajax yang berstatus tuan rumah menggelontorkan tiga gol tanpa balas ke AZ yang sebelum pertandingan masih berpeluang menyalip tim ibu kota dalam upoaya finis di posisi kedua yang diganhar tiket kualifikasi Liga Champions.

Di hadapan sekitar 35.000 pendukungnya di Amsterdam Arena, keunggulan tuan rumah  dibuka oleh Donny van de Beek 8 menit menjelang turun minum.

Memasuki babak kedua, 4 menit berjalan, Justin Kluivert menggandakan keunggulan, dan Ajax melengkapi gol ketiganya lewat David Neres 4 menit menjelang wasit Serdar Gozubuyuk mengakhiri pertandingan.

Dengan kemenangan pada Minggu (29/4/2018) malam itu, Ajax telah mendulang nilai 76, dipastikan tak terkejar lagi oleh AZ Alkmaar yang menempati peringkat ketiga dengan mengoleksi 68 angka.

Dua tim teratas di klasemen akhir Eredivisie mendapatkan tiket ke kualifikasi Liga Champions Eropa musim 2018-2019. Dengan demikian, Ajax lolos ke kualifikasi Liga Champions bersama PSV Eindhoven yang telah dipastikan tampil sebagai juara Eredivisie musim 2017-2018 ini.

Kompetisi teratas dalam sistem sepak bola Belanda ini hanya mendapat tiket masuk kualifikasi Liga Champions akibat buruknya prestasi tim-tim Negeri Kincir Angin ini di pentas Liga Champions selama dua dekade terakhir.

Terakhir kali tim Belanda menjuarai Liga Champions Eropa ialah Ajax pada 1995, di final mengalahkan AC Milan 1-0. Setahun kemudian, Ajax masuk final lagi, tetapi dikalahkan Juventus 2-4 melalui adu penalti setelah permainan selama 120 menit imbang 1-1.

Sebelumnya Ajax menjuarai Piala Eropa (sebelum rebranding menjadi Liga Champions pada 1992) edisi 1970-1971, 1971-1972, dan 1972-1973..

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters & Soccerway

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper