Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Calon Pelatih Timnas U-19, PSSI Pilih Indra Sjafri Atau Gerd Zeise?

Calon Pelatih Timnas U-19, PSSI Pilih Indra Sjafri Atau Gerd Zeise?
Mantan Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri/PSSI
Mantan Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri/PSSI

Bisnis.com, JAKARTA - Kursi pelatih kepala Timnas U-19 masih kosong. Setelah dilepasnya Bima Sakti oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), berbagai saran muncul terkait sosok yang paling pas menjadi juru taktik Egy Maulana Vikri cs.

Menurut PSSI, keputusan akhir tentang sosok pengganti Bima Sakti akan diputuskan dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI pada pekan depan.

"Exco itu kemarin baru dapat info dari kesekjenan memang akan ada rapat exco soal penentuan pelatih U-19. Yang kemarin (era kepelatihan Bima) memang setelah kami uji coba, ada kekecewaan dalam tanda petik bahwa permainan U-19 tak seperti yang sebelumnya," ujar salah satu anggota Exco PSSI, Gusti Randa, saat di Komplek Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 18 April 2018. 

Salah satu wacana yang kerap mencuat, adalah mengembalikan jabatan itu pada Indra Sjafri. Indra merupakan eks pelatih Timnas U-19 yang tak diperpanjang kontraknya pada akhir tahun 2017 lalu. 

Gusti mengakui peluang Indra kembali mengasuh Timnas U-19 sempat mencuat juga di kalangan anggota Exco. Di era kepelatihan Indra, Timnas yang merupakan milestone pembinaan pemain, dinilai lebih mampu menunjukkan kerja sama yang padu.

"Yang kita inginkan adalah bagaimana kebersamaan (dalam tim) itu. Tidak ada egoisme di dalamnya. Kayaknya kok di zamannya Indra Sjafri, dengan sistem paternalistik (kebapakan) yang dilakukan oleh dia, (kebersamaan) itu tampak," kata Gusti.

Indra sendiri memiliki cukup banyak aktifitas pasca dilepas dari kursinya. Bersama tokoh agama Yusuf Mansyur, ia mendirikan akademi sepak bola dan mengakuisisi sejumlah klub di kasta dua dan tiga Indonesia. 

Meski begitu, Gusti mengaku belum dapat memastikan siapa saja kandidat pelatih yang akan muncul dalam rapat nanti. Gusti mengatakan sistem melatih yang digunakan Indra Sjafri memang dinilai bagus, namun tak berarti harus diterapkan oleh Indra sendiri. 

Beberapa nama kandidat lain pun sempat muncul. Salah satunya adalah pelatih yang sempat membawa Myanmar U-19 lolos ke Piala Dunia U-20 pada 2015, Gerd Friedrich Horst Zeise. Gerd Zeise bahkan belakangan diketahui sempat berkunjung ke Indonesia dan menonton Liga TopSkor U-13 dan U-15.

Timnas Indonesia U-19 memang sedang dalam sorotan. Pada 2018 ini, dua turnamen besar akan diikuti oleh skuad Garuda Nusantara. Pada 2-14 Juli 2018, Indonesia akan berlaga di Piala AFF U-18. Sedangkan gelaran Piala Asia U-19 akan digelar pada 18 Oktober hingga 4 November 2018. Indonesia menjadi tuan rumah di kedua turnamen tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper