Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anniversary Cup, Uzbekistan Gantikan Malaysia

Uzbekistan menjadi calon kuat pengganti Malaysia yang membatalkan keikutsertaannya di turnamen internasional Anniversary Cup yang digelar mulai 27 April 2018.
Plt. Ketua Umum PSSI Joko Driyono/Antara-Wahyu Putro
Plt. Ketua Umum PSSI Joko Driyono/Antara-Wahyu Putro

Bisnis.com, JAKARTA - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menyatakan Uzbekistan menjadi calon kuat pengganti Malaysia yang membatalkan keikutsertaannya di turnamen internasional Anniversary Cup yang digelar mulai 27 April 2018.

"Ada dua negara calon penggantinya, yaitu Uzbekistan dan Senegal. Namun, berdasarkan analisis, pilihan lebih condong ke Uzbekistan. Keputusan resmi akan diambil pada minggu ini," ujar Plt. Ketua Umum PSSI Joko Driyono di Jakarta pada Kamis (12/4/2018).

Menurut Joko, Timnas U-23 Uzbekistan memiliki kualitas yang bagus, terbukti mereka berhasil menjadi kampiun Piala Asia U-23 2018 yang digelar di China pada 9-27 Januari 2018.

Selain itu, keberadaan Uzbekistan dari Asia Tengah akan melengkapi peta kekuatan antarregional Asia di Anniversary Cup sebab sebelumnya sudah ada Korea Utara dari Asia Selatan dan Bahrain dari Asia Barat.

Hal itu dianggap bisa mewujudkan salah satu tujuan digelarnya turnamen berpeserta empat negara tersebut yakni sebagai kompetisi uji coba menjelang Asian Games 2018.

"Sebenarnya kami ingin ada tim dari Asia Tenggara dan sempat muncul pilihan, misalnya mengundang Thailand. Namun itu urung terjadi karena sudah memiliki program sendiri," tutur Joko.

Sementara itu, terkait dengan masuknya Senegal dalam salah satu calon pengganti Malaysia di Anniversary Cup, Joko menyebut itu karena PSSI memandang negara itu memiliki timnas U-23 yang berkemampuan apik, tecermin dari timnas seniornya yang menjadi peserta Piala Dunia 2018 di Rusia.

Jika tidak terlibat di Anniversary Cup, PSSI kemungkinan mengundang Senegal untuk bertanding di pertandingan persahabatan internasional resmi Federation Internationale de Football Association (FIFA).

"Akan tetapi, itu harus disesuaikan karena timnas senior Senegal tentu sudah memiliki rencana sendiri sebagai persiapan berlaga di Piala Dunia 2018," tutur Joko.

Turnamen Anniversary Cup digelar untuk memperingati ulang tahun PSSI ke-88. Selain itu, kompetisi ini digelar sebagai turnamen uji coba menjelang Asian Games 2018 di mana Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah.

Sistem kompetisi turnamen ini adalah setengah kompetisi atau round robin, di mana juaranya yaitu tim dengan catatan poin tertinggi.

Awalnya, selain Timnas U-23 Indonesia, Anniversary Cup diikuti oleh timnas U-23 Malaysia, Bahrain, dan Korea Utara. Namun, Malaysia sepekan lalu mengirim surat resmi kepada PSSI bahwa mereka tidak bisa terlibat di turnamen tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : PSSI.org & Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper