Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menpora: Evaluasi Program Milla di Tim Nasional

Menpora Imam Nahrawi mengemukakan pertandingan Indonesia melawan Malaysia di Anniversary Cup perlu menjadi ajang evaluasi terhadap program pelatih Luis Milla.
Pelatih Timnas Indonesia Luis Milla/Antara-Sigid Kurniawan
Pelatih Timnas Indonesia Luis Milla/Antara-Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA - Menpora Imam Nahrawi mengemukakan pertandingan Timnas Indonesia melawan Malaysia di Anniversary Cup 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta pada 27 April perlu menjadi ajang evaluasi terhadap program pelatih Luis Milla.

"Pertandingan nanti adalah bagian jadwal kita untuk mempersiapkan diri menghadapi Asian Games. Sudah barang tentu akan jadi bagian evaluasi bagi program Luis Milla," kata Menpora.

Evaluasi yang dimaksud, kata Imam, sejauh mana kemampuan timnas sebelum menjalani pertandingan resmi pada Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, Agustus nanti, apalagi persiapan yang dilakukan oleh pelatih asal Spanyol itu cukup panjang.

Pria asal Bangkalan, Madura, Jawa Timur, itu menilai pertandingan Indonesia melawan Malaysia sangat penting. Selain untuk menguji kemampuan tim, pertandingan tersebut dinilai sarat gengsi karena tim negeri jiran itu juga akan turun di Asian Games nanti.

"Malaysia bukan tim kecil. Jadi semuanya harus disiapkan dengan baik. Peran pelatih sangat penting dalam menentukan pemain," kata Menpora.

Untuk itu, Menpora menghimbau kepada klub melepas pemainnya jika dibutuhkan oleh timnas. Pihaknya tidak ingin masalah muncul menjelang pertandingan berlangsung karena akan berdampak cukup luas.

"Kita tidak hanya melawan Malaysia, namun juga akan menghadapi Bahrain dan Korea Utara. Sudah barang tentu dibutuhkan pemain yang sesuai dengan kebutuhan tim," ujarnya.

Anniversary Cup 2018 merupakan turnamen bentukan PSSI dalam rangka peringatan ulang tahun induk organisasi sepak bola Indonesia yang ke-88. Pertandingan sendiri dilaksanakan di dua tempat yaitu Stadion Utama GBK dan Stadion Pakansari, Cibinong, Depok, Jawa Barat.

Sementara itu, pembentukan Timnas Indonesia U-23 terus dilakukan oleh pelatih Luis Milla. Dia bahkan telah menyiapkan program latihan sesuai dengan tahapan dan pelaksanaannya dilakukan setiap bulan.

Selain menjalani pemusatan latihan nasional (pelatnas), timnas juga sudah menjalani pertandingan uji coba yang salah satunya menghadapi Singapura. Meski bermain di luar kandang, Awan Seto dan kawan-kawan mampu menang 3-0 atas tim tuan rumah.

Jadwal pertandingan Anniversary Cup 2018 :

Jumat, 27 April 2018 16.00 WIB: Bahrain vs Korea Utara (GBK) 19.30 WIB: Indonesia vs Malaysia (Stadion GBK)

Senin, 30 April 2018 16.00 WIB: Malaysia vs Bahrain (Stadion Pakansari) 19.30 WIB: Korea Utara vs Indonesia (GBK)

Kamis, 3 Mei 2018 16.00 WIB: Malaysia vs Korea Utara (Stadion Pakansari) 19.00 WIB: Indonesia vs Bahrain (Stadion Pakansari).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper