Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Di Biagio Calon Terkuat Pelatih Definitif Timnas Italia

Luigi de Biagio menjadi yang terdepan untuk ditunjuk sebagai pelatih baru Timnas Italia berbasis permanen.
Luigi di Biagio/Sky Sports
Luigi di Biagio/Sky Sports

Bisnis.com, JAKARTA – Luigi de Biagio menjadi yang terdepan untuk ditunjuk sebagai pelatih baru Timnas Italia berbasis permanen, demikian pernyataan Wakil Komisioner Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) Alessandro Costacurta.

Menurut Costacurta, 51 tahun dan mantan pemain belakang Timnas Italia era 1990-an dengan 59 caps dan dua gol, siapa yang akan menjadi pelatih Timnas Italia secara permanen akan diputuskan pada 20 Mei 2018.

Di Biagio, 46 tahun, merupakan pelatih Timnas Italia U-21 dan dia ditunjuk sebagai pelatih sementara timnas senior setelah FIGC memecat Gian Piero Ventura yang gagal meloloskan Gli Azzurri ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia pada Juni – Juli nanti.

Itu adalah kegagalan pertama Italia lolos ke putaran final Piala Dunia sejak terakhir kali terjadi pada edisi 1958 di Swedia.

Kalau ada peluang mendapat seseorang yang lebih baik dari Di Biagio, akan kita ambil, tapi itu saya pikir tidak banyak

Costacurta sempat menyebutkan beberapa nama sebagai kandidat potensial sebagai pelatih definitif Timnas Italia di level senior termasuk pelatih Chelsea Antonio Conte yang memang pernah menukangi Gli Azzurri.

Pelatih Sevilla Vincenzo Montella juga telah menyatakan minatnya untuk bekerja bagi timnas negaranya. Mantan pelatih Real Madrid, Juventus, AC Milan, Paris Saint-Germain, dan Bayern Munchen Carlo Ancelotti pun masuk daftar tersebut bersama Roberto Mancini yang kini menukangi Zenit St. Petersburg.

Nama-nama besar yang juga disebut-sebut sebagai kandidat ialah pelatih Juventus Massimiliano Allegri dan pelatih Napoli Maurizio Sarri, tapi Costacurta mengemukakan peluang Di Biagio untuk tetap memimpin—menjadi definitif—tak berkurang walaupun di bawah arahan sementaranya, Italia kalah 0-2 dari Argentina dalam laga uji coba Sabtu pagi WIB (24/3/2018).

“Saya akan memberitahu nama pelatih baru [yang definitif] pada 20 Mei. Kalau kami berpeluang mendapat seseorang yang lebih baik dari Di Biagio, akan kita ambil, tapi itu saya pikir tidak banyak,” tutur Costacurta pada Minggu WIB (25/3/2018).

Sebagai pemain, Di Biagio merupakan mantan gelandang bertahan Timnas Italia pada 1998 hingga 2002 dengan 31 caps dan dua gol.

Dia menjadi bagian dari Timnas Italia yang tampil sebagai runner up di Piala Eropa (Euro) edisi 2000, dikalahkan Prancis 1-2 di final di Rotterdam, Belanda. Saat itu dia bermain selama 66 menit sebelum digantikan Massimo Ambrosini.

Di level klub, Di Biagio pernah merumput bersama sejumlah tim besar di antaranya Lazio, AS Roma, dan Inter Milan. Dia juga pernah berseragam Monza, Foggia, Brecia, dan Ascoli.

Adapun sebagai pelatih, dia belum pernah menangani satu klub pun saat ditun/juk menangani Timnas Italia U-20 pada 2011 dan 2 tahun kemudian menjadi pelatih kepala Timnas U-21.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Soccerway
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper