Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ruud Gullit : Rumput Plastik Bisa Hancurkan Sepak Bola Belanda

Mantan bintang sepak bola Belanda, Ruud Gullit mengungkapkan kecemasannya bahwa penggunaan lapangan rumput plastik bisa menghancurkan masa depan persepakbolaan di negeri kincir angin tersebut.
Timnas Belanda/Istimewa
Timnas Belanda/Istimewa

Bisnis.com, LONDON - Mantan bintang sepak bola Belanda, Ruud Gullit mengungkapkan kecemasannya bahwa penggunaan lapangan rumput plastik bisa menghancurkan masa depan persepakbolaan di negeri kincir angin tersebut.

Penggunaan rumput plastik sudah menurun di liga-liga top Eropa, namun di Eredivisie (liga teratas Belanda), ada enam klub yang masih memakai rumput buatan -- Heracles Almelo, PEC Zwolle, Excelsior, ADO Den Haag, Roda JC dan Sparta Rotterdam.

Berbicara dalam sebuah forum di London, Kamis (22/3/2018), mantan pemain tengah AC Milan, Chelsea, Feyenoord dan PSV itu mengatakan bahwa sudah saatnya sepak bola Belanda menghapus penggunaan rumput buatan tersebut.

"Saya sudah katakan, kita tidak bisa menggunakan rumput buatan seperti ini, tapi di Belanda mereka justru mempromosikannya. Mungkin orang-orang yang mempromosikan itu punya kepentingan sendiri, dan mereka berada di KNVB (federasi sepak bola Belanda)," katanya.

"Kami justru bergerak mundur. Ini menghancurkan sepak bola kami. (main di rumput plastik) sangat berbeda. Jika semua pertandingan liga berlangsung di atas rumput plastik mungkin bisa diterima, tapi kenyataannya ada enam klub di Eredivisie yang memakai itu," ujar Gullit.

"Kini kita lihat sejumlah pemain enggan datang untuk main sepak bola di Belanda karena masalah ini, dan pemain muda ingin pergi.”

"Semua tim muda seharusnya main di rumput asli. Jika Anda ingin rumput asli, Belanda adalah tempatnya. Kami punya banyak lapangan rumput natural terbaik di dunia," katanya lagi.

Belanda gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia, setelah tersisih di babak kualifikasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper