Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Timnas Sepak Bola Putri Segera TC di Palembang

Timnas sepak bola putri Indonesia yang disiapkan untuk Piala AFF 2018 dan Asian Games 2018 dijadwalkan menjalani TC di Palembang, Sumatra Selatan, mulai 1 April.
Pelatih timnas putri Indonesia Satia Bagdja/PSSI.org
Pelatih timnas putri Indonesia Satia Bagdja/PSSI.org

Bisnis.com, DEPOK - Timnas sepak bola putri Indonesia yang disiapkan untuk Piala AFF (Asean Football Federation) 2018 dan Asian Games 2018 dijadwalkan menjalani pemusatan latihan nasional (TC) di Palembang, Sumatra Selatan, yang merupakan lokasi pertandingan resminya.

Pelatih timnas putri Satia Bagdja mengatakan latihan di Palembang sangat diperlukan yang salah satunya untuk adaptasi lapangan serta untuk pemantauan pemain hasil dari seleksi yang dilakukan di National Youth Training Center, Bojongsari, Depok, Jawa Barat.

"Rencananya TC di Palembang mulai 1 April. Selama di sana kami juga menjadwalkan uji coba baik dengan tim lokal maupun manca negara," katanya di sela-sela memimpin latihan timnas putri.

Menurut dia, selama pemusatan latihan baik untuk menghadapi Piala AFF Putri 2018 dan Asian Games 2018, timnas putri dijadwalkan menjalani 27 pertandingan uji coba. Banyaknya uji coba karena di Indonesia tidak mempunyai kompetisi khusus putri.

Untuk lawan asing, pelatih berusia 57 tahun itu berharap bisa berhadapan dengan tim-tim kuat mengingat persaingan pada dua kejuaraan yang dihadapi cukup berat. Negara yang menjadi bidikan adalah China dan India. Kedua negara ini dinilai tepat untuk menjadi lawan uji coba.

"Itu harapan kami. Semuanya tergantung federasi dan waktu untuk menggelar pertandingan. Jika untuk persiapan Piala AFF Putri saya kira terlalu mepet. Lalu yang menjadi pertanyaan, apa keduanya bisa," kata mantan asisten pelatih Persija Jakarta itu.

Sesuai dengan jadwal, timnas putri bakal turun di Piala AFF Putri 2018 pada 1-10 Mei. Adapun lawan yang akan dihadapi oleh Zahra Musdalifah dan kawan-kawan adalah Vietnam, Myanmar, dan Filipina. Untuk kejuaraan ini, timnas ditargetkan masuk semifinal.

Adapun Asian Games 2018 bakal digelar di dua stadion yaitu Stadion Bumi Sriwijaya dan Stadion Jakabaring, Palembang, 16-30 Agustus. Untuk peserta belum ditentukan karena tergantung dengan undangan. Sedangkan target sangat realistis yaitu 10 besar.

"Di Asean saja ada empat negara kuat yaitu Thailand, Myanmar, Vietnam, dan Filipina. Belum lagi negara Asia lainnya seperti Korea Utara, Korea Selatan, Jepang, China, India, Hong Kong. Mereka tim kuat," kata Satia.

Soal seleksi pemain, dia menjelaskan proses terus berjalan. Ada 40 pemain menjalani seleksi. Selama seleksi pihaknya juga sudah menerapkan formasi ideal untuk timnas putri Indonesia yaitu 4-3-3. Hanya sajam untuk nama belum baku mengingat khusus Asian Games 2018, entry by name ditetapkan 30 April.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper