Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Orang di Balik Kesuksesan Sriwijaya FC Juara Piala Gubernur Kaltim

Manajer Sriwijaya FC Ucok Hidayat dipandang sebagai sosok dibalik kesuksesan Laskar Wong Kito kembali mengangkat trofi setelah paceklik dalam tiga tahun terakhir.
Pemain Sriwijaya FC sedang berlatih/Antara-Nova Wahyudi
Pemain Sriwijaya FC sedang berlatih/Antara-Nova Wahyudi

Bisnis.com, JAKARTA - Manajer Sriwijaya FC Ucok Hidayat dipandang sebagai sosok dibalik kesuksesan "Laskar Wong Kito" kembali mengangkat tropi setelah paceklik dalam tiga tahun terakhir.

"Saya dari awal sudah berkomitmen, jadi saya jalankan bagaimana pun berat dan risikonya," kata Ucok Hidayat di Palembang, Senin, menjawab anggapan bahwa sejatinya dirinya sosok dibalik layar yang mengantarkan Sriwijaya FC ke track juara lagi.

Kemenangan pada ajang Piala Gubernur Kaltim menambah koleksi piala Sriwijaya FC menjadi 22 gelar dan uniknya, piala Gubernur Kaltim ini untuk kali pertama berhasil diboyong ke Bumi Sriwijaya.

Seperti diketahui, Sriwijaya FC melakukan sejumlah pembenahan serius pada musim ini, mulai dari perombakan skuat tim hingga 80 persen perbaikan manajemen tim.

Hasilnya, tren positif pun mulai memanyungi pergerakan "Laskar Wong Kito" meski baru memulai latihan perdana dengan skuat baru pada 4 Desember 2017.

Adalah sosok manajer tim Ucok Hidayat yang dipandang cukup berperan dalam membawa Sriwijaya FC merengkuh hasil positif itu yakni menempati posisi ketiga Piala Presiden 2018 dan terayar meraih gelar juara Piala Gubernur Kaltim.

Menurut Ucok, dalam sepak bola tidak bisa hanya terpaku pada hal-hal yang terjadi di lapangan saja karena sebenarnya faktor non teknis sangat berpengaruh besar untuk menentukan keberhasilan, seperti menu latihan, istirahat, dan gizi pemain.

"Bukan hanya itu saja, situasi dan kondisi tim ini juga harus terus dijaga. Pemain harus bisa bangkit meski habis menelan kekalahan. Itu sebenarnya inti yang harus saya kerjakan sebagai manajer.Konsekwensinya, saya harus terus mendampingi tim, harus bisa bagi waktu karena saya juga punya kesibukan sebagai birokrat," kata Ucok.

Terlepas dari berbagai suka maupun duka yang dialaminya selama mendampingi tim sejak menggantikan manajer sebelumnya Narsun Umar di pengujung musim 2017, Ucok pada dasarnya cukup menikmati pekerjaannya ini. Meski pria yang kesehariannya menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sumatera Selatan ini harus bolak-balik Palembang-Balikpapan untuk mendampingi tim selama dua pekan bertanding di Turnamen Pra Musim Piala Gubernur Kaltim.

"Saya termotivasi karena apa yang saya lakukan ini sebenarnya bukan untuk saya secara pribadi, tapi sebenarnya untuk rakyat Sumatera Selatan. Jika Sriwijaya bisa juara, semua rakyat Sumsel tentunya bangga," ujar pria paruh baya ini.

Ketua Suporter Sriwijaya Mania (S-Man) Sumsel Eddy Ismail mengatakan dirinya sangat berterima kasih dengan manajer tim Ucok Hidayat yang mampu berkolaborasi dengan manajemen klub sehingga bisa membawa SFC ke tracknya sebagai tim juara.

"Kami sejak awal sudah terkesan dengan komitmen Ucok Hidayat sebagai manajer tim. Tanpa menunggu lama sejumlah pemain top berhasil didatangkan. Yang jelas tugas belum berakhir, tapi prestasi ini menjadi awal yang baik, semoga saja berlanjut di Liga 1 dan Piala Copa," kata Edy.

Sriwijaya FC mengalami masa paceklik prestasi sejak tiga tahun terakhir. Prestasi terakhir hanya sebatas juara kedua Piala Presiden edisi tahun 2015. Memasuki musim kompetisi 2018 dilakukan perombakan besar-besar dalam skuat tim karena manajemen klub mengusung target juara Liga 1 dan meraih tiket ke AFC Cup.

Beberapa hal yang patut menjadi catatan musim ini yakni memboyong kembali pelatih berprestasi Rahmad Darmawan dan mendatangkan sejumlah pemain berkualitas seperti Manuchehr Jalilov (pemain AFC 2017), Mohammadou Ndiaye, Makan Konate. Manajemen klub disebut-sebut merogoh kocek hingga Rp20 miliar lebih untuk membuat skuat "The Dream Team".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper