Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Coutinho dari Liverpool ke Barcelona, Iniesta Makin Tergeser?

Kehadiran Philippe Coutinho yang didatangkan Barcelona dari Liverpool langsung memberi ancaman bagi eksistensi kapten Andres Iniesta.
Philippe Coutinho dalam seragam latihan Liverpool./Reuters
Philippe Coutinho dalam seragam latihan Liverpool./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Kehadiran Philippe Coutinho Correia, yang baru didatangkan klub La Liga Spanyol FC Barcelona dari kontestan Liga Primer Inggris Liverpool, langsung memberikan ancaman bagi eksistensi kapten Andres Iniesta di lapangan permainan.

Dengan usia 33 tahun, Iniesta mulai menjadi bukan pilihan utama lagi bagi pelatih Barca Ernesto Valverde. Beberapa kali dia harus memulai laga dari bangku cadangan sebagai pemain pengganti.

Kedatangan Coutinho yang sama-sama berposisi sebagai pemain lapangan tengah dan dengan suai yang lebih muda 8 tahun, berpotensi besar kian menggeser keberadaan Iniesta dari posisi ruh permainan.

Kondisi makin sulit bagi Iniesta, karena Coutinho mempunyai nilai lebih pernah bermain bersama dengan striker Luis Suarez ketika keduanya memperkuat Liverpool pada musim 2013-2014 sehingga dianggap sudah saling memahami keinginan satu sama lain di lapangan.

Kedatangan Coutinho merupakan langkah peremajaan yang ditempuh Valverde dengan fakta bahwa Gerard Pique, Andres Iniesta, Sergio Busquets, dan Lionel Messi telah berusia lebih dari 30 tahun.

Coutinho, meskipun lebih sering ditempatkan sebagai gelandang serang ketimbang penyerang sayap, nyatanya terhitung tajam untuk menjebol gawang lawan. Dia mencetak 20 gol dalam 41 pertandingan Liverpool alias hampir 0,5 gol per pertandingan.

Pemain Timnas Brasil itu diboyong dari Liverpool dengan mahar transfer 120 juta euro, yang menempatkannya sebagai pemain termahal ketiga dalam sejarah transfer pesepak bola dunia setelah Neymar da Silva Jr. (222 juta euro, ke Paris Saint Germain dari Barcelona) dan Kylian Mbappe (145 juta euro, juga ke PSG, dari AS Monaco).

Coutinho lahir di Rio de Janeiro, Brasil, pada 12 Juni 1992. Melewati masa juniornya bersama klub Brasil Vasco da Gama, dia justru memulai karier profesional bersama klub Serie A Italia Inter Milan pada 2008 walaupun pada saat itu langsung dipinjamkan kembali ke Vasco dan kemudian klub La Liga Espanyol.

Pemain dengan tinggi tubuh hanya 1,71 meter—terhitung pendek dalam sepak bola Eropa—memiliki 32 caps dengan delapan gol untuk Timnas Brasil. Sebelumnya dia juga memperkuat Brasil U-17 dan Brasil U-20.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper