Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prediksi Swedia Vs Italia: Lawan Swedia Jadi Pembuktian Kehebatan Ventura

Prediksi Swedia Vs Italia: Lawan Swedia Jadi Pembuktian Kehebatan Ventura
Pelatih Timnas Italia Gian Piero Ventura Reuters-Max Rossi-msl
Pelatih Timnas Italia Gian Piero Ventura Reuters-Max Rossi-msl

Bisnis.com, JAKARTA - Laga play-off Piala Dunia 2018 antara Swedia vs Italia akan menjadi ajang pembuktian bagi Pelatih Gian Piero Ventura. Dia harus membawa Italia lolos ke putaran final di Rusia untuk keluar dari bayang-bayang Antonio Conte yang merupakan pelatih sebelumnya.

Bayang-bayang Conte memang menjadi momok yang cukup menakutkan. Pasalnya pelatih yang kini menangani Chelsea itu dianggap cukup sukses mengatrol prestasi Italia yang menurun tajam pasca memenangkan Piala Dunia 2006.

Conte mampu membawa Italia melaju ke babak perempat final di ajang Piala Eropa 2016 lalu. Hebatnya, dia mampu mengalahkan tim-tim yang sebenarnya lebih diunggulkan saat itu. Di babak penyisihan, Azzuri menang atas Belgia yang merupakan tim dengan peringkat FIFA tertinggi di Eropa saat itu.

Skuad asuhan Conte juga mampu menyingkirkan juara bertahan Piala Eropa, Spanyol, pada babak 16 besar. Sayangnya langkah mereka terhenti di kaki Jerman melalui drama adu pinalti.

Capaian Conte itu tentu menjadi tolok ukur bagi Ventura. Sejauh ini, dia dianggap tak cukup berhasil karena kalah bersaing dengan Spanyol di fase kualifikasi sehingga Italia harus memainkan babak play-off.

Ventura juga memiliki beban yang cukup berat karena sejarah Italia yang tak pernah absen di ajang Piala Dunia selama 6 dekade terakhir.

Tantangan Ventura adalah mengembalikan permainan Italia sebagaimana mestinya. Bertahan dengan kuat dan menyerang dengan cepat, itulah gambaran permainan Italia sejak jaman dahulu kala.

Pertahanan grendel sangat penting bagi Italia karena mereka harus menjaga gawang Gianluigi Buffon tak kebobolan pada laga pertama di kandang Swedia. Apalagi kubu lawan memiliki kartu truff pada diri Emil Forsberg yang musim lalu bersinar bersama tim Jerman, RB Leipzig. Penyerang Celta Vigo, John Guidetti, juga bisa menjadi ancaman bagi lini pertahanan Italia.

Di lini pertahanan, Ventura seharusnya tak mengalami masalah. Dia memiliki stok bek berkualitas yang melimpah. Selain pemain veteran seperti Chiellini, Barzagli dan Bonucci, dia juga masih memiliki pemain muda seperti Daniele Rugani.

Lini tengah Italia juga praktis tak memiliki masalah. Marco Veratti dan Daniele de Rossi dipastikan dalam kondisi fit, begitu juga dengan pemain sayap Antonio Candreva dan Lorenzo Insigne.

Ventura hanya memiliki masalah di lini depan. Penyerang andalan Italia, Andrea Belotti dikabarkan tak cukup fit untuk bermain. Pemain pelapis Simone Zaza yang kembali dipanggil ke timnas juga diragukan bermain karena mengalami masalah dalam latihan terakhir Kamis kemarin. Praktis hanya Ciro Immobile dan Stephan El Shaarawy yang dalam kondisi siap tempur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper