Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Liga 1: Bepe Borong Gol, Persija Libas Semen Padang

Persija Jakarta menundukkan Semen Padang FC 2-0 berkat gol yang diborong striker veteran Bambang Pamungkas dalam laga pekan ke-31 Liga 1.
Striker Persija Jakarta Bambang Pamungkas/Antara
Striker Persija Jakarta Bambang Pamungkas/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Persija Jakarta menundukkan tamunya Semen Padang FC dengan skor 2-0 berkat gol yang diborong striker veteran Bambang Pamungkas alias Bepe dalam laga pekan ke-31 Liga 1 yang berlangtsung di Stadion Patriot Chandrabaga di Kota Bekasi, Jawa Barat.

Sebagaimana disiarkan secara langsung oleh TV One pada Minggu malam (22/10/2017), di hadapan lebih dari 27.000 pendukungnya termasuk Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, tuan rumah Persija sempat kesulitan untuk menembus gawang lawan.

Pada babak pertama, Persija bermain dalam tempo lambat, agaknya ini terpengaruh dari posisi di klasemen sementara yang sudah aman dari zona degradasi dan di sisi lain peluang untuk mencapai panggung juara sudah sangat tipis meskipun mencatat kemenangan.

Sebaliknya Semen Padang bermain lebih ngotot, tak terlepas dari upaya Kabau Sirah untuk lepas dari zona degradasi.

Sepanjang 45 menit babak pertama Semen Padang sempat memperoleh sejumlah peluang melalui barisan lini depan Vendry Mofu, Tambun Naibaho, Riko Simanjuntak, Irsyad Maulana, bahkan bahkan pemain belakang yang juga kapten tim Hengky Ardilles.

Walaupun bermain tidak terlalu ngotot, Persija sempat mendapatkan sejumlah peluang pada babak pertama. Pada menit-menit awal Rudi Widodo bahkan sempat menjebol gawang Semen Padang yang dikawal kiper Jandia Eka Putra, namun dianulir wasit asal Iran Hasan Akram karena Rudi telah berdiri dalam posisi offside saat menerima umpan Bruno Lopes.

Persija membuang dua peluang emas di ujung babak pertama. Sundulan kepala Bambang Pamungkas dalam posisi bebas masih melewati mistar gawang tim tamu, sedangkan satu lagi saat injury time tendangan keras dari luar kotak penalti yang dilepas Rohit Chand dapat ditepis secara spektakuler oleh kiper pengganti Muhammad Ridwan.

Ridwan masuk menggantikan Jandia Eka Putra pada menit ke-44. Jandia mengalami cedera. Dia berbenturan dengan Bambang Pamungkas pada pertengahan babak pertama, namun masih berusaha meneruskan pertandingan.

Setelah itu dia dua kali lagi tumbang dan merintih kesakitan, sehingga akhirnya menyerah dan meminta digantikan. Ridwan yang barusmasuk lapangan membuktikan kehebatannya dengan menepis bidikan keras Rohit Chand yang mengarah ke sudut kiri atas gawang Semen Padang.

Memasuki babak kedua, Persija benar-benar menggenjot ritme permainan. Baru dimulai, dalam 5 menit awal, Macan Kemayoran telah menghasilkan dua peluang. Semen Padang beruntung karena kiper Ridwan mampu mementahkan keduanya.

Yang pertama dia bergerak lebih cepat dari upaya Bambang untuk menanduk bola umpan Bruno Lopes hingga memaksa penyerang berusia 37 tahun itu melanggar dirinya dan yang kedua Ridwan mengeblok tendangan keras mendatar Rezaldi Hehanusa dari luar kotak penalti.

Pada menit 61, 62, dan 63 Persija memperoleh tiga peluang beruntun. Yang pertama tendangan first time Bambang tipis menyamping sisi kiri gawang tim tamu. Semenit kemudian Bambang telah berdiri bebas siap menyambut umpan Rezaldi, namun yang disebut terakhir malah menembak langsung dan hasilnya jauh melenceng dari bidang sasaran.

Terakhir, Bambang menanduk si kulit bundar dari jarak hanya sekitar 5 meter, namun Ridwan lagi-lagi tampil gemilang dengan sigap memetik bola di udara.

Akhirnya Bambang berhasil menjebol gtawang Semen Padang pada menit ke-69. Kali ini Rezaldi mengirim umpan lambung ke tengah kotak penalti lawan dan Bambang dengan tendangan kaki kiri first time membidik keras bola sehingga kiper Ridwan tak sempat bereaksi sama sekali untuk menepis bola.

Persija sempat hampir menambah gol. Rudi Widodo menerobos ke kota penalti melewati tiga pemain Semen Padang, namun eksekusi akhirnya masih melenceng ke sisi kanan gawang tamu.

Semen Padang kemudian mendapatkan dua peluang emas. Pada menit 80 umpan Vendry Mofu disambar Irsyad Maulana, namun jatuh di sisi kiri gawang Persija yang dikawal Andritany Ardhiyasa dan 2 menit kemudian tendangan bebas Irsyad hanya menghantam mistar gawang tuan rumah.

Bambang akhirnya menggandakan keunggulan Persija pada menit ke-90 dengan tendangan keras dari sudut sempit mendatar di tiang kanan gawang lawan menuntaskan umpan Novri Setyawan dari satu skema serang balik ketika tim tamu berkeras mendapatkan gol balasan.

Pada injury time, Semen Padang kembali mendapat peluang. Tendangan jarak jauh Vendry bisa ditepis susah payah oleh kiper Andritany sehingga hanya menghasilkan sepak pojok.

Dengan hasil ini, Persija secara matematis tetap berpeluang untuk tampil sebagai juara meski pada praktiknya sulit lantaran nilainya terpaut jauh dari pemimpin klasemen Bhayangkara FC, padahal sisa laga Persija tinggal tiga. Nilai Persija saat ini 52, sedangkan Bhayangkara 59 dan belum memainkan pertandingan pekan ke-31.

Sementara itu, kekalahan ini, yang didapat saat debut pelatih baru Syafrianto Rusli, makin menyulitkan Semen Padang untuk keluar dari degradasi. Semen Padang terpuruk ke zona degradasi setelah di laga pada Minggu siang Perseru Serui menaklukkan tamunya Perseipura Jayapura 2-1 dalam derby Papua.

Dengan demikian, Perseru ada di posisi ke-15 dengajn nnilai 31, sedangkan Semen Padang satu setrip di bawahnya, yang merupakan slot teratas di zona degradasi, dengan nilai 29.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper