Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LIGA INGGRIS: 6 Klub Besar Tolak Pemerataan Uang TV

Klub Liga Primer menolak proposal awal untuk mengakhiri pemerataan uang TV di luar negeri.
Ilustrasi Chelsea vs Manchester United./REUTERS
Ilustrasi Chelsea vs Manchester United./REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA - Klub Liga Primer menolak proposal awal untuk mengakhiri pemerataan uang TV di luar negeri.

Keenam klub terkaya - Manchester City, Manchester United, Tottenham, Arsenal, Liverpool dan Chelsea - menginginkan daya tarik mereka tercermin dalam pendapatan mereka.

Dan sebuah rencana - yang dipresentasikan oleh ketua eksekutif liga Richard Scudamore - menyarankan 35% dari pendapatan global harus dibagi berdasarkan posisi liga.

Namun pada sebuah pertemuan pada  Rabu (11/10/2017), tidak ada suara yang diambil karena kurangnya dukungan.

"Klub setuju untuk menunda diskusi lebih lanjut," tulis sebuah pernyataan.

LIGA INGGRIS: 6 Klub Besar Tolak Pemerataan Uang TV

Chelsea juara Liga Inggris 2016-2017/Reuters

Sudah menjadi jelas selama pertemuan bahwa rencana tersebut secara signifikan kurang mendapatkan dukungan dari 14 klub yang dibutuhkan agar bisa diloloskan.

Isu tersebut akan dibahas lagi pada pertemuan bos klub berikutnya pada November.

Berbicara setelah penampilannya di Sport Business Summit di Stamford Bridge, rekan pemilik Swansea Steve Kaplan mengatakan kepada BBC Sport: "Semua orang masuk ke ruangan dengan niat baik, saya pikir mereka masih memiliki niat baik. Saya optimis."

Kesepakatan £ 3 milyar di luar negeri untuk 2016-19 menghasilkan £ 39 juta per tahun untuk setiap klub - dan selama 25 tahun sebelumnya, ada pembagian pendapatan penyiaran internasional yang setara antara klub-klub tersebut.

Tapi kontrak baru untuk pasar internasional seperti China dan Amerika Serikat untuk periode berikutnya antara 2019 dan 2022 telah meningkat pesat, dan enam klub besar menginginkan pangsa yang lebih besar.

Analisis

Suasana pada pertemuan penting di sebuah hotel di London yang cerdas digambarkan oleh satu orang dalam sebagai "tenang, ramah dan tenang", tetapi persatuan Liga Primer diuji lebih banyak daripada pada tahap manapun dalam sejarah 25 tahun.

Rencana awal Richard Scudamore untuk menenangkan "Big Six" dengan memberi mereka lebih banyak pendapatan luar negeri di luar negeri secara efektif berakhir. Dengan 14 klub perlu menyetujui perubahan strategi yang signifikan, tidak mengherankan.

Fee Hak Siar TV Internasional Liga Premier

LIGA INGGRIS: 6 Klub Besar Tolak Pemerataan Uang TV

*Merah:£m per musim/sumber:bbc.com

Namun, fakta bahwa diskusi tersebut baru saja ditunda dan akan dilanjutkan dalam waktu tiga minggu, menunjukkan  klub-klub yang lebih kecil terbuka terhadap beberapa bentuk kompromi dan mungkin memiliki alasan untuk menghindari perpecahan dengan saingan mereka yang semakin kaya.

Mungkinkah itu proporsi yang lebih kecil dari 35% dibagi berdasarkan posisi liga? Dan jika demikian, apakah itu cukup untuk memuaskan "Enam Besar", dan mengakhiri pembicaraan tentang kemungkinan memisahkan diri dan Liga Super Eropa? Perebutan kekuasaan ini masih jauh dari selesai, dan sebuah resolusi masih dimungkinkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : bbc.com

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper