Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Piala Dunia 2018: Tim Eropa Mana yang Sudah Lolos?

Putaran terakhir kualifikasi Piala Dunia sedang berlangsung, dan 11 negara sudah yakin akan tempat mereka bersama tuan rumah Rusia di turnamen musim panas mendatang.
Piala Dunia 2018/guardian
Piala Dunia 2018/guardian

Bisnis.com, JAKARTA - Putaran terakhir kualifikasi Piala Dunia sedang berlangsung, dan 11 negara sudah yakin akan tempat mereka bersama tuan rumah Rusia di turnamen musim panas mendatang.

Pemenang lima kali Brasil ada di sana, sama seperti juara bertahan Jerman, Belgia, Kosta Rika, Inggris, Iran, Jepang, Meksiko, Arab Saudi, Korea Selatan dan Spanyol.

Jadi bagaimana tim Eropa itu  sampai di sana? Siapa yang akan menjadi bintang mereka? Dan siapakah pelatih yang mendalangi kualifikasi mereka?

Rusia (tuan rumah)

Silsilah: Tim Stanislav Cherchesov akan menjadi tim keempat Rusia yang bermain di Piala Dunia - mereka pertama kali tampil di AS '94 - meskipun Uni Soviet telah menempati posisi keempat pada 1966.

Sorot pada tuan rumah

Semua pemain di skuad Piala Konfederasi 2017 Rusia bermain di klub di tanah air mereka.

Piala Dunia 2018: Tim Eropa Mana yang Sudah Lolos?

Foto:Reuters

Pemain kunci: Kiper veteran Igor Akinfeev telah memenangkan lebih dari 100 caps dan pengalamannya bisa menjadi vital. Pemain berusia 31 tahun, yang telah menghabiskan seluruh karirnya di CSKA Moscow, kemungkinan akan menjadi kapten tuan rumah.

Pemain Liga Primer: Tidak ada.

Pemain kunci: Kiper veteran Igor Akinfeev...

Siapa bos nya? Cherchesov di belakang timnya setelah Piala Konfederasi, mengatakan pemainnya akan "dewasa" karena pengalaman. Mantan kiper Uni Soviet dan Rusia, dia telah diberi target untuk mencapai semifinal musim panas mendatang.

Belgia

Silsilah: Setelah gagal lolos ke dua Piala Dunia sebelumnya, Belgia mencapai perempat final di Piala Dunia 2014 di Brasil, kalah dari Argentina sebagai runner-up. Hasil terbaik The Red Devils berada di urutan keempat pada 1986.

Pemain kunci: Eden Hazard, yang memulai debutnya di Belgia pada usia 17 tahun pada 2008. Pemain depan Chelsea yang berkelap-kelip ini membuka pertahanan dengan perubahan kecepatan, kontrol ketat dan matanya yang cepat. Dia juga memakai ban kapten untuk tim asuhan Roberto Martinez.

Piala Dunia 2018: Tim Eropa Mana yang Sudah Lolos?

Foto:Reuters

Pemain Premier League: Michy Batshuayi, Thibaut Courtois, Eden Hazard (semua Chelsea), Simon Mignolet (Liverpool), Toby Alderweireld, Moussa Dembele, Jan Vertonghen, (semua Tottenham), Kevin de Bruyne, Vincent Kompany (keduanya Manchester City), Marouane Fellaini, Romelu Lukaku (keduanya Manchester United), Steven Defour (Burnley), Nacer Chadli (West Brom), Kevin Mirallas (Everton), Christian Benteke (Crystal Palace), Divock Origi (Wolfsburg, dipinjam dari Liverpool), Christian Kabasele ( Watford).

Siapa bos nya? Prestasi Roberto Martinez yang terbesar dalam sepak bola Inggris membimbing Wigan meraih kesuksesan Piala FA pada 2013, meski mereka terdegradasi tiga hari kemudian.

Itu seharusnya tidak menjadi masalah dengan pertahanan tim Belgia

Kehebatan manajer Swansea dan Everton dalam mengorganisir sebuah serangan tidak pernah dipertanyakan, namun ada kekhawatiran akan kemampuan bertahannya di level klub. Itu seharusnya tidak menjadi masalah dengan tim Belgia ini, yang memiliki pemain seperti pembela Tottenham Jan Vertonghen dan Toby Alderweireld, dan kapten Manchester City Vincent Kompany di barisan pertahanan mereka.

Inggris

Silsilah: Sejak kesuksesan Piala Dunia mereka pada 1966, Inggris mencapai semifinal hanya sekali - pada 1990, ketika mereka berada di urutan keempat. Empat tahun yang lalu, Three Lions tersingkir di babak penyisihan grup. Itu adalah pertama kalinya sejak 1958 mereka gagal keluar dari grup mereka, dan satu-satunya saat mereka dieliminasi setelah hanya dua pertandingan.
Pemain kunci: Dengan 13 gol untuk klub dan negara pada September, Harry Kane adalah salah satu striker terhebat di dunia. 27 golnya pada 2017 menempatkannya hanya sembilan gol di belakang Lionel Messi.

Piala Dunia 2018: Tim Eropa Mana yang Sudah Lolos?

Foto: Reuters

Pemain Liga Primer: Seluruh skuad Inggris bermain di Liga Primer.

Siapa bos nya? Gareth Southgate akan memimpin turnamen besar pertamanya. Inggris kalah dua kali di bawah pengawasannya - ke Jerman dan Prancis - dan tidak terkalahkan dalam kualifikasi.

Jerman

Silsilah: Juara bertahan, empat kali juara dan tim nomor satu di dunia.

Pemain kunci: Toni Kroos. Terlepas dari Thomas Muller dan Mesut Ozil, gelandang Real Madrid adalah pemain paling berpengalaman di skuad dan membuat segalanya terus berdetak. Sejak membantu Jerman memenangkan Piala Dunia 2014, ia telah memenangkan dua gelar Liga Champions, satu gelar La Liga dan dua gelar FIFA Club World Cup.

Piala Dunia 2018: Tim Eropa Mana yang Sudah Lolos?

Foto: Jerman

Pemain utama Liga Primer: Shkodran Mustafi (Arsenal), Antonio Rudiger (Chelsea), Emre Can (Liverpool), Ilkay Gundogan (Manchester City), Mesut Ozil (Arsenal), Leroy Sane (Manchester City).

Joachim Low. Bekerja sebagai asisten manajer Jurgen Klinsmann sejak 2004 sampai 2006,

Siapa bos nya? Joachim Low. Bekerja sebagai asisten manajer Jurgen Klinsmann sejak 2004 sampai 2006, sebelum diberi jabatan puncak. Pelatih Jerman berusia 57 tahun itu meraih kemenangan di final Piala Dunia 2014 melawan Argentina, dan juga menang di Piala Konfederasi tahun lalu.

Dia gagal melakukan sapu bersih gelar internasional, meskipun Jerman runner up di Euro 2008 dan empat tahun berikutnya.

Spanyol

Silsilah: Saat ini berada di peringkat 11 dunia. Mereka menduduki posisi nomor satu pada 2008 hingga 2013. Spanyol adalah juara dunia pada 2010, serta juara Eropa pada 2008 dan 2012.
Pemain kunci: Gelandang serang Real Madrid Isco tampil bagus saat kualifikasi, dengan enam gol dan assist dalam tujuh pertandingan terakhir Spanyol. Dia memiliki tujuh gol dalam 23 penampilan dalam karir internasionalnya.

Liga Primer Inggris: Juan Mata (Manchester United), Nacho Monreal (Arsenal), Alvaro Morata (Chelsea), David de Gea (Manchester United), Cesar Azpilicueta (Chelsea), Ander Herrera (Manchester United), Pedro (Chelsea), David Silva (Manchester City).

Piala Dunia 2018: Tim Eropa Mana yang Sudah Lolos?

Foto: Reuters

Siapa bos nya? Julen Lopetegui diangkat pada Juli 2016 dan tetap tak terkalahkan dalam 13 pertandingan. Dia telah memenangkan Kejuaraan Eropa U-21 dan U-19 Spanyol, meskipun dia tidak pernah melatih tim di turnamen besar senior.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : bbc.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper