Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Pra-Piala Dunia: Yunani Lewati Bosnia Rebutan Runner-up

Yunani melewati Bosnia-Herzegovina dalam perebutan runner up Grup H Pra-Piala Dunia 2018 zona Eropa. Yunani menaklukkan Siprus 2-1, sebaliknya Bosnia dikalahkan Belgia 3-4.
Para pemain Belgia bersuka cita selepas menjebol gawang Bosnia-Herzegovina./Reuters-Dado Ruvic
Para pemain Belgia bersuka cita selepas menjebol gawang Bosnia-Herzegovina./Reuters-Dado Ruvic

Bisnis.com, JAKARTA - Yunani melewati Bosnia-Herzegovina dalam perebutan posisi runner up Grup H Pra-Piala Dunia 2018 zona Eropa. Pada matchday kesembilan Minggu dini hari WIB (8/10/2017), Yunani menaklukkan tuan rumah Siprus 2-1, sebaliknya Bosnia kalah di kandang sendiri 3-4 dari Belgia.

Di Stadion Neo GSP di Nikosia, tuan rumah Siprus membuka skor lebih dulu melalui kontribusi gol Pieros Soteriou. Namun, Yunani merespons dengan dua gol balasan dalam rentang waktu 3 menit melalui Kostas Mitorglou (24’) dan Alexandros Tziolis (26’), keduanya assist Konstantinos Fortounis.

Berkat tambahan 3 angka, Yunani kini berhak di posisi kedua dengan nilai 16, di bawah Belgia yang telah lolos ke putaran final tahun depan di Rusia dengan nilai 25.

Namun, kesuksesan Yunani naik ke posisi kedua lebih disebabkan kegagalan Bosnia untuk memetik kemenangan di kandang sendiri ketika menjamu Belgia yang berakhir dengan skor 3-4.

Bertarung di Stadion Grbavica di Sarajevo, Bosnia sempat unggul 2-1 ketika dua gol dari Haris Medunjanin (30’) dan Edin Visca mampu membalikkan keunggulan Belgia dengan gol pembuka Thomas Meunier ketika laga baru memasuki menit ke-4. Skor 2-1 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, Belgia mampu membalikkan skor dengan menjaringkan dua gol lewat kontribusi Michy Batshuayi (59’) dan Jan Vertonghen (68’), sehingga skor 3-2.

Bosnia sempat memberikan sebiji gol balasan lagi pada menit 82 melalui Dario Dumic, namun hanya berselang semenit kemudian Belgia berhasil memulihkan keunggulan lewat gol Yannick Carrasco sehingga skor akhir 3-4 untuk tim tamu.

Kekalahan itu membuat Bosnia turun satu setrip ke posisi ketiga dalam klasemen sementara Grup H dengan nilai 14.

Satu laga lain di Grup H yang digelar bersamaan pada Minggu dini hari WIB ialah Estonia menaklukkan tuan rumah Gibraltar 6-0. Namun, hasil itu tak bermakna apa-apa, karena keduanya sudah dipastikan tersingkir.

Klasemen sementara Grup H Belgia dipastikan lolos ke Rusia sebagai juara grup dengan nilai sementara 25, diikuti Yunani 16, Bosnia-Herzegovina 14, Estonia 11, Siprus 10, dan Gibraltas di dasar klasemen tanpa nilai.

Yunani hampir dapat dipastikan bakal menjadi runnr-up Grup H karena pada matchday terakhir Rabu dini hari WIB (11/10/2017) hanya bertemu tim terlemah Gibralta. Jadi, berapa pun skor yang terjadi jika Bosnia bisa menaklukkan Estonia pada saat yang sama, Yunani yang akan finis di posisi kedua.

Sebanyak 54 negara bertarung di Pra-Piala Dunia 2018 zona Eropa—tentu saja di luar Rusia yang sudah pasti lolos karena berstatus tuan rumah—untuk berebut 13 tiket ke putaran final tahun depan.

Ke-54 kontestan itu dibagi ke dalam sembilan grup, sehingga setiap grup berisi enam tim. Setiap juara grup lolos langsung ke Rusia, sedangkan delapan runner up terbaik akan menjalani play off dua leg untuk memperebutkan empat tiket.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper