Hasil Pra-Piala Asia U-16: Libas Thailand, Indonesia Tim Pertama Lolos ke Putaran Final

Satu gol dari Amanar Abdillah pada menit ke-19 ke gawang tuan rumah Thailand memastikan Timnas U-16 lolos ke putaran final Piala Asia U-16 2018 di Malaysia tahun depan.
M. Syahran W. Lubis | 20 September 2017 21:48 WIB
Suporter Timnas Indonesia - Antara/Wahyu Putro

Bisnis.com, JAKARTA - Satu gol dari Amanar Abdillah pada menit ke-19 ke gawang tuan rumah Thailand memastikan Timnas U-16 lolos ke putaran final Piala Asia U-16 2018 di Malaysia tahun depan.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Rajamangala di Bangkok, Thailand, gol semata wayang Amanar itu cukup memberi poin penuh bagi skuat asuhan Fachry Husaini.

Dengan demikian, Indonesia dipastikan tampil sebagai juara Pra-Piala Asia U-16 2018 Grup G setelah dalam dua laga sebelumnya pun sukses meraup poin penuh. Bukan hanya itu, Indonesia menjadi tim pertama lolos dari babak kualifikasi untuk masuk putaran final.

Satu tim lain yang telah memastikan masuk putaran final ialah Malaysia dengan statusnya sebagai tuan rumah.

Dalam laga pembuka, Indonesia membumi-hanguskan Northern Mariana Islands dengan skor fantastis 18-0, lantas menang 3-1 atas Timor Leste pada pertandingan kedua, sehingga nilai Indonesia kini 9.

Kemungkinan Indonesia kalah hingga belasan gol dari Laos sangat kecil. Jika pun itu terjadi, Indonesia tetap akan lolos sebagai salah satu dari enam runner up terbaik.

Sebenarnya, secara teoretik di atas kertas berdasarkan hitungan matematis, Indonesia bisa gagal lolos ke putaran final di Malaysia. Itu terjadi jika Thailand memenangi dua laga terakhir kontra Laos dan Timor Leste dengan total selisih hingga belasan gol dan/atau Indonesia di laga terakhir pada Jumat (22/9/2017) dikalahkan Laos dengan selisih hingga belasan gol pula.

Namun, secara de facto melihat kekuatan terkini di lapangan ataupun sejarah panjang pertemuan Laos dan Indonesia di berbagai level kompetisi, kemungkinan Indonesia kalah hingga belasan gol sangatlah kecil.

Bahkan, kalau pun terjadi keajaiban sehingga Indonesia kalah telak dari Laos, dengan status sebagai runner up, Indonesia akan sangat besar tetap lolos ke Malaysia sebagai salah satu dari enam runner up terbaik, mengingat Indonesia memiliki nilai 6, setelah dikurangi 3 angka hasil kemenangan atas Northern Mariana Island.

Pengurangan perolehan nilai dari Mariana itu dilakukan karena ada grup-grup lain yang hanya berisi empat tim, sehingga perlu perlakuan seimbang dana penghitungan nilai antar-runner up.

Dengan demikian, layak apabila disebut sebenarnya Indonesia telah dapat dipastikan lolos ke putaran final Piala Asia U-16 di Malaysia tahun depan.

Di klasemen sementara Grup G, Thailand, yang dalam laga perdananya menang 10-0 atas Northern Mariana Islands bertengger di posisi kedua dengan nilai 3, diikuti Timor Leste dan Laos juga masing-masing nilai 3, sedangkan Northern Mariana Islands di posisi paling bawah tanpa nilai.

Thailand, meski kalah dari Indonesia, masih berpeluang lolos ke putaran final di Malaysia dengan status sebagai juara grup, namun yang lebih realistis ialah sebagai salah satu dari lima runner up terbaik.

Secara keseluruhan babak kualifikasi diikuti 44 tim anggota Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) yang dibagi menjadi 10 grup. Setiap juara grup dan lima runner up terbaik langsung lolos ke putaran final yang dilaksanakan di Malaysia pada 20 September hingga 7 Oktober tahun depan.

Sebagai tuan rumah, Malaysia dipastikan langsung masuk putaran final. Dengan demikian, apabila di kualifikasi Grup J yang justru digelar di venue netral di Stadion Wibawa Mukti, Bekasi, Indonesia, pada 20-24 September ini Malaysia tampil sebagai juara atau salah satu dari lima runner up terbaik, maka runner up terbaik keenam akan ikut lolos ke putaran final.

Berikut klasemen sementara Grup G (main, menang, seri, kalah, gol memasukkan, gol kemasukan, selisih gol, nilai):

 Indonesia

3

3

0

0

22

1

+21

9

 Thailand

2

1

0

1

10

1

+9

3

 Timor Leste

2

1

0

1

6

5

+1

3

 Laos

2

1

0

1

12

5

+7

3

 Northern Mariana Islands

3

0

0

3

0

38

−38

0

Sumber : the-afc.com

Tag : Timnas U-16, Pra Piala Asia U-16
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top