Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jadwal SEA Games 2017 Semifinal Indonesia Vs Malaysia, Pertandingan Harga Diri!

Jadwal SEA Games 2017 Semifinal Indonesia Vs Malaysia, Pertandingan Harga Diri!
Timnas Indonesia U-22 merayakan gol /Antara-Wahyu Putro
Timnas Indonesia U-22 merayakan gol /Antara-Wahyu Putro

Bisnis.com, JAKARTA - Jadwal SEA Games 2017 Semifinal Indonesia Vs Malaysia, menjadi pertarungan harga diri.  Pertandingan ini rencananya akan disiarkan langsung SCTV/TVRI pada Sabtu (26/8/2017) di Stadion Bukit Jalil, yang berlokasi di selatan ibukota Malaysia, Kuala Lumpur.

Pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla gembira usai anak asuhnya lolos ke semifinal setelah meraih kemenangan 2-0 atas Kamboja dalam laga terakhir penyisihan Grup B, SEA Games 2017 di Stadion Shah Alam, Selangor, Kamis (24/8/2017).

Dengan hasil ini Garuda Muda mengemas 11 poin dari lima kali berlaga dan akan melawan Malaysia dalam laga semifinal, Sabtu (26/8) mendatang. Indonesia pun mendampingi Thailand yang menjadi juara Grup B dengan torehan 13 poin.

"Para pemain telah bekerja keras untuk memenangkan pertandingan lawan Kamboja. Ini tidak mudah, kita senang lolos semifinal. Saya mau minta maaf atas apa yang dilakukan Marinus di akhir pertandingan," kata Milla usai laga.

Pelatih asal Spanyol ini menjelaskan kenapa memainkan Ryuji Utomo karena dia juga bagian dari tim, jadi ia kasih waktu bermain.

"Kami memakai formasi tiga bek di akhir game. Ini salah satu cara main kami, dan juga saya ingin istirahatkan Septian. Di 10 menit terakhir saya mau perkuat lini tengah kami, sebagai pelatih kita harus cepat adaptasi mengingat Thailand menang 3-0 atas Vietnam," jelasnya.

"Kita bermain di Stadion Shah Alam main sangat baik dengan memanfaatkan lebar lapangan, bisa lebih nyaman bermain sayap, tapi kita juga bisa main bagus dengan lapangan kecil," tambahnya.  

Milla juga mengatakan lawan Malaysia tak ada yang spesial, ia ingin para pemain enjoy di semifinal dan buat semua orang Indonesia bangga. "Kita datang untuk menikmati kompetisi ini. Saya harap akan menjadi pertandingan baik, dan saya ingin kedua tim bermain dengan kehormatan. Kami percaya akan menjadi game yang menarik, tapi saya tetap mengharapkan dukungan masyarakat Indonesia yang di sini," beber Milla.

Hasil sepak bola sea games 2017 Grup A :

August 14: Myanmar 2-0 Singapore, Malaysia 2-1 Brunei

August 16: Singapore 1-2 Malaysia, Myanmar 3-1 Laos

August 18: Laos 0-2 Singapore, Brunei 0-6 Myanmar

August 21: Brunei 0-3 Laos, Malaysia 3-1 Myanmar

August 23: Laos 1-2 Malaysia, Singapore 1-0 Brunei

Klasemen Sepakbola Sea games 2017:

Team

P

W

D

L

F

A

Pts

Malaysia

4

4

0

0

10

4

12

Myanmar

4

3

0

1

12

9

9

Singapore

4

2

0

2

4

4

6

Laos

4

1

0

3

5

7

3

Brunei

4

0

0

4

1

12

0

 

Hasil sepak bola sea games 2017 Grup B:

August 15: Indonesia 1-1 Thailand, Vietnam 4-0 Timor-Leste, Cambodia 0-2 Philippines

August 17: Vietnam 4-1 Cambodia, Indonesia 3-0 Philippines, Thailand 1-0 Timor-Leste

August 20: Timor-Leste 0-1 Indonesia, Philippines 0-4 Vietnam, Thailand 3-0 Cambodia

August 22: Philippines 0-2 Thailand, Cambodia 0-1 Timor-Leste, Vietnam 0-0 Indonesia

August 24: Indonesia 2-0 Cambodia, Thailand 3-0 Vietnam, Timor-Leste 1-2 Philippines

Final Standings

Team

P

W

D

L

F

A

Pts

Thailand 

5

4

1

0

10

1

13

Indonesia

5

3

2

0

7

1

11

Vietnam 

5311124

10

Philippines 

5

2

0

3

4

10

6

Timor-Leste

5

1

0

4

2

8

3

Cambodia

5

0

0

5

1

12

0

 

Jadwal Sea Games 2017 Semifinal Indonesia Vs Malaysia

26 Agustus - Semi-finals: Thailand v Myanmar, Malaysia vs Indonesia: pukul 19.45 WIB

Senangnya Ezra Bisa Bikin Gol untuk Indonesia

Pemain naturalisasi Ezra Walian akhirnya mampu membikin gol bersama timnas Indonesia setelah membuat gol pembuka pada pertandingan SEA Games 2017 Grup B melawan Kamboja di Stadion Shah Alam, Selangor, Malaysia, Kamis.

Gol perdana pemain keturunan Indonesia-Belanda tercipta pada menit 56 atau tiga menit setelah masuk untuk menggantikan Ricky Fadjrin yang ditarik keluar oleh pelatih Luis Milla.

Proses untuk menciptakan gol pembuka bagi timnas Merah Putih ini terbilang cukup susah karena diawali dengan kemelut didepan gawang Kamboja yang dikawal oleh Keo Soksela. Pemain dengan nomor punggung 10 itu mampu melesatkan bola yang tidak dijangkau kiper lawan.

Penampilan Ezra bersama timnas di SEA Games bukan yang pertama. Sebelum melawan Kamboja, mantan pemain Jong Ajax ini juga dimainkan saat timnas menghadapi Thailand, Filipina maupun Timor Leste.

Hanya saja, pemain berusia 20 tahun ini belum bisa tampil maksimal. Apalagi Ezra juga terlambat gabung dengan Evan Dimas dan kawan-kawan saat menjalani pemusatan latihan sebelum tampil di kejuaraan dua tahunan ini.

"Saya senang bisa mencetak gol. Gol ini saya persembahkan untuk masyarakat Indonesia," kata Ezra saat ditemui saat mau masuk bus yang akan mengantarnya pulang ke hotel dengan singkat.

Gol Ezra benar-benar menjadi penyemangat bagi pemain lainnya. Terbukti permainan timnas di babak kedua jauh lebih baik dibandingkan babak pertama. Koordinasi antar lini mulai berjalan sehingga lebih banyak peluang untuk menciptakan gol tambahan.

Febri Haryadi akhirnya mampu menambah keunggulan timnas Garuda pada menit 70. Keunggulan 2-0 itu bertahan hingga pertandingan usai. Hasil ini membawa timnas lolos ke babak semifinal dengan posisi sebagai runner up Grup B dengan nilai 11.

Untuk posisi juara grup direbut oleh Thailand setelah pada pertandingan penentuan mengalahkan Vietnam dengan skor telak 3-0. Timnas Negeri Gajah Putih ini lolos setelah mengemas 13 poin. Sedangkan Vietnam tertahan diposisi tiga dengan 10 poin.

Jadwal Sea Games 2017, Malaysia Vs Indonesia: Wasit Bakal Bela Malaysia?

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi meminta PSSI dan induk olah raga lain untuk mengawasi ketat kinerja para wasit yang bertugas pada SEA Games 2017 di Malaysia, menyusul seringnya terjadi keputusan wasit atau juri yang merugikan timnas Indonesia pada SEA Games.

"Saya minta PSSI termasuk bagi seluruh pengurus cabang olah raga untuk melakukan pemantauan secara detail terhadap wasit siapa atau juri mana yang tidak menjalankan tugasnya secara adil," kata dia di Makassar, Jumat.

Permintaan Menpora itu juga sebagai antisipasi karena timnas Indonesia akan kembali menghadapi tuan rumah Malaysia pada semifinal.

Ia menjelaskan, jika menemukan bukti ketidakjujuran wasit yang memimpin pertandingan itu, maka PSSI harus menyiapkan nota protes baik kepada federasi maupun kepada komite penyelenggara SEA Games.

Dia sendiri mengaku akan melaporkan wasit atau juri yang tidak becus ke komite penyelenggara Asian Games sehingga mereka tidak diundang memimpin pertandingan Asian Games 2018.

"Kita minta agar wasit atau juri seperti itu tidak diundang ke Asian Games," kata Imam.

Tim sepak bola Indonesia pernah punya pengalaman buruk dengan wasit asal Malaysia di ajang Sea Games 2017 ini. Saat pertandingan lawan Timor Leste, wasit asal Malaysia secara kontroversi memberikan kartu kuning terhadap Evan Dimas yang jelas-jelas jadi korban permainan kasar Timor Leste.

Sejauh ini, wasit beberapa kali merugikan Indonesia, antara lain dari cabang senam dan sepak takraw.

Dari senam, protes dilakukan pesenam putri, Rifda Irfanaluthfi yang mendapatkan medali perak, namun emas diberikan kepada pesenam Malaysia, Tan Ing Yueh, padahal ada nilai yang belum dihitung dalam perlombaan itu.

Protes Rifda diterima sehingga dia pun dinobatkan sebagai peraih medali emas.

Jadwal Sea Games 2017, Malaysia Vs Indonesia: Indonesia Diprediksi Menang

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengharapkan timnas menang melawan Malaysia dengan prediksi skor 2-1 pada laga pertama semifinal sepak bola SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia.

"Ya, mudah-mudahan, tentu harapan kita Indonesia menang 2-1," kata Wapres di Kantor Wakil Presiden, usai salat Jumat bersama Presiden Joko Widodo di Masjid Baiturrahim Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

JK mengaku akan melihat dulu agendanya sebelum memutuskan untuk nonton bareng laga pertama semifinal sepak bola SEA Games itu,.

"Nanti kita lihat sajalah," kata dia.

Tim Merah-Putih sebagai peringkat kedua Grup B akan menghadapi Malaysia yang menjadi juara Grup A di Stadion Shah Alam, Kuala Lumpur, esok (26/8), sedangkan juara Grup B Thailand akan melawan peringkat kedua Grup A Myanmar.

Indonesia menjadi runner-up di Grup B setelah mengalahkan Kamboja 2-0 kemarin.

Indonesia masih pada peringkat kelima SEA Games 2017 di bawah Malaysia, Vietnam, Singapura, dan Thailand.

Jadwal Sea Games 2017, Malaysia Vs Indonesia: Suporter Indonesia Diminta Hati-hati

Sejumlah ormas Indonesia di Malaysia meminta para suporter kedua negara sama-sama tidak terprovokasi sehingga bisa menimbulkan kericuhan pada laga semifinal cabang olahraga sepak bola SEA Games 2017 di Stadion Shah Alam, Selangor, Malaysia, Sabtu (26/8).

Laga semifinal tersebut dibayang-bayangi kekhawatiran berulangnya keributan yang terjadi dalam laga penyisihan grup Piala AFF 2012 silam di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur.

Kala itu terjadi banyak pemukulan sehingga banyak WNI dan tokoh masyarakat menjadi korban, kata Sekretaris Badan Perwakilan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Malaysia, Tengku Adnan.

"Mari saling menahan. Kita nikmati permainan. Semoga permainan berlaku adil dan suporter kedua negara berlaku sportif tidak saling mengejek dan menghantam tetapi saling menjaga, karena kita tidak mau akibat keributan hubungan kedua negara menjadi tidak solid. Dengan semangat MEA mari kita jaga," katanya di Kuala Lumpur, Jumat.

"Kami juga meminta kepada masyarakat, baik yang ada di Indonesia atau di Malaysia, mendoakan agar Timnas kita menjadi tim yang lebih bersemangat dan mampu melewati perang mental yang dilakukan suporter Malaysia terhadap kita karena jumlah kita lebih kecil," ujarnya menambahkan.

Ketua I Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Malaysia Rizky Amrillah mengatakan dirinya berharap teman-teman perwakilan tetap mendukung dan memberikan semangat kepada Timnas.

"Di satu sisi kita harus tetap menjaga sportivitas dan kesopanan. Kita boleh bersemangat tetapi tetap harus menjunjung tinggi sportivitas dalam pertandingan ini. Kita jadikan pertandingan ini sebagai ajang merekatkan silaturahmi kedua bangsa," katanya.

Ketua Forum Komunikasi Masyarakat Muslim Indonesia (Forkommi) Kuala Lumpur Arip Darmawan mengharapkan agar suporter Indonesia berhati-hati.

"Perlu hati-hati dalam laga Indonesia vs Malaysia. Di manapun, suporter bola ada ultrasnya atau suporter garis keras, termasuk timnas kita. Jauhi tempat, kondisi atau titik-titik yang berpotensi mudah rusuh," katanya.

Apalagi, ujar dia, Indonesia - Malaysia sedang kurang bagus pascakasus bendera terbalik.

"Kita juga tahu ultras Malaysia menghajar penonton Myanmar pada pertandingan yang lalu," katanya

Daftar nama 21 pemain Timnas U-22 yang dibawa ke Malaysia

Kiper: Kurniawan Kartika Aji (Persiba Balikpapan), Satria Tama (Persegres Gresik United), Mochammad Diky Indriyana (Bali United)

Belakang: Andy Setyo (PS TNI), Hansamu Yama (Barito Putera),  Ryuji Utomo (Persija), Putu Gede (Bhayangkara FC), Gavin Kwan (Barito Putera), Ricky Fajrin (Bali United), Rezaldi Hehanusa (Persija)

Tengah: M Hargianto (Persija), Asnawi Mangkualam Bahar (PSM), Hanif Abdurrauf Sjahbandi (Arema FC), Evan Dimas (Bhayangkara FC), Septian David Maulana (Mitra Kukar), Febri Haryadi (Persib), Osvaldo Hay (Persipura), Saddil Ramdani (Persela)

Depan: Ezra Walian (-), Marinus Mariyanto (Persipura), Yabes Roni (Bali United)

Group A

Results

August 14: Myanmar 2-0 Singapore, Malaysia 2-1 Brunei

August 16: Singapore 1-2 Malaysia, Myanmar 3-1 Laos

August 18: Laos 0-2 Singapore, Brunei 0-6 Myanmar

August 21: Brunei 0-3 Laos, Malaysia 3-1 Myanmar

Standings

Team

P

W

D

L

F

A

Pts

Myanmar

4

3

0

1

12

4

9

Malaysia

3

3

0

0

7

3

9

Singapore

3

1

0

2

3

4

3

Laos

3

1

0

2

4

5

3

Brunei

2

0

0

2

1

8

0

 Jadwal pertandingan Sepakbola Sea Games 2017 Grup A:

August 23: Laos v Malaysia, Singapore v Brunei


Group B

Results

August 15: Indonesia 1-1 Thailand, Vietnam 4-0 Timor-Leste, Kamboja 0-2 Philippines

August 17: Vietnam 4-1 Kamboja, Indonesia 3-0 Philippines, Thailand 1-0 Timor-Leste

August 20: Timor-Leste 0-1 Indonesia, Philippines 0-4 Vietnam, Thailand 3-0 Kamboja

August 22: Philippines 0-2 Thailand, Kambojia 0-1 Timor-Leste, Vietnam 0-0 Indonesia

Standings

Team

P

W

D

L

F

A

Pts

Vietnam

4

3

1

0

12

1

10

Thailand 

4

3

1

0

7

1

10

Indonesia 

422051

8

Timor-Leste 

4

1

0

3

1

6

3

Philippines

4

1

0

3

2

9

3

Kamboja

4

0

0

4

1

10

0

Jadwal Pertandingan sepak bola Sea Games 2017:

August 24: Indonesia v Kamboja, Thailand v Vietnam, Timor-Leste v Filipina

Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia Sea Games 2017:

Selasa, 15 Agustus 2017
Indonesia vs Thailand (Stadion Shah Alam, pukul 15.00 WIB, live SCTV)

Kamis, 17 Agustus 2017
Indonesia vs Filipina (Stadion Shah Alam, pukul 19.45 WIB, live SCTV/Indosiar/TVRI)

Minggu, 20 Agustus 2017
Indonesia vs Timor Leste (Stadion Majlis Perbandaraan MP Selayang, pukul 15.00 WIB, live SCTV/Indosiar/TVRI)

Selasa, 22 Agustus 2017
Indonesia vs Vietnam (Stadion Majlis Perbandaraan MP Selayang, pukul 19.45 WIB, live SCTV/Indosiar/TVRI)

Kamis, 24 Agustus 2017
Indonesia vs Kamboja (Stadion Shah Alam, pukul 15.00 WIB, live SCTV/Indosiar/TVRI)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : PSSI
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper