Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Liga 1: Persib Pesta Gol, Bhayangkara FC Atasi Sriwijaya

Persib Bandung dan Bhayangkara FC berhasil memetik kemenangan dalam dua laga pembuka pekan ke-21 Gojek Traveloka Liga 1 yang berlangsung pada Minggu malam (20/8/2017).
Para pemain Persib Bandung (biru) menggempur pertahanan Persegres Gresik United (kuning) dalam lanjutan Liga 1. Persib menang telak 6-0./Antara-Fahrul Jayadiputra
Para pemain Persib Bandung (biru) menggempur pertahanan Persegres Gresik United (kuning) dalam lanjutan Liga 1. Persib menang telak 6-0./Antara-Fahrul Jayadiputra

Bisnis.com, BANDUNG - Persib Bandung dan Bhayangkara FC berhasil memetik kemenangan dalam dua laga pembuka pekan ke-21 Gojek Traveloka Liga 1 yang berlangsung pada Minggu malam (20/8/2017).

Persib menghantam tamunya Persegres Gresik United dengan setengah lusin gol tanpa balas dalam laga yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat di Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Tiga dari enam gol tuan rumah dicetak Raphael Maitimo.

Maitimo menjebol gawang lawan yang datang dari Jawa Timur pada menit ke-39, 40, dan 75. Adapun tiga gol lainnya dihasilkan Billy Keraf (78), Ezechiel N'Douassel (90), dan gol bunuh diri pemain Persegres Gresik United Andre Putra Wibowo ketika babak kedua baru dimulai.

Sejak peluit babak pertama dibunyikan, anak-anak Maung Bandung langsung bermain menekan. Beberapa serangan dimulai dari sayap mereka dengan memaksimalkan kecepatan Matsunaga dan Atep.

Dua pemain tersebut beberapa kali mampu menerobos sisi pertahanan lawan, namun umpan yang diberikan seringkali tidak terarah.

Di kubu Gresik justru bermain menunggu dan memanfaatkan kelengahan pemain Persib untuk menyusun serangan balik. Akan tetapi, kokohnya pertahanan yang dikomandoi Vladimir Vujovic membuat serangan-serangannya mentah.

Penyerang anyar Persib, Ezechiel, menjadi pemain yang sering merepotkan pemain belakang Gresik. Selain pergerakan tanpa bola yang efektif, pemain asal Chad ini sering memenangi duel udara.

Stadion Si Jalak Harupat akhirnya bergemuruh di menit ke-39, gelandang Persib Raphael Maitimo berhasil menjebol gawang yang dijaga Nasirin melalui sundulan hasil umpan lambung Ezechiel.

Semenit kemudian, pemain naturalisasi ini kembali memperlebar jarak menjadi 2-0 melalui sundulan. Namun, gol tersebut sempat menuai protes dari para pemain Gresik. Pasalnya, mereka menganggap bahwa bola belum melewati garis gawang. Kendati begitu, wasit tetap mengesahkan gol Maitimo.

Gol kedua Maitimo menjadi penutup babak pertama, Persib sementara unggul 2-0 atas Persegres Gresik United.

Tidak lama setelah peluit babak kedua dibunyikan, Persib kembali mengubah papan skor menjadi 3-0, setelah pemain belakang Gresik, Andre, gagal membaca arah bola hasil umpan lambung Ezechiel.

Bola yang dikirimkan ke Maitimo, terlalu cepat dan sulit dijangkau, namun malah membentur kaki Andre yang berdiri tepat di depan mulut gawang sehingga berubah arah dan masuk.

Unggul 3-0 Permainan Maung Bandung mengendor, Patrick da Silva serta Arsyad Yusgiantoro sempat beberapa kali mengancam gawang M. Natsir.

Patrick yang tinggal menendang bola dapat diblok Ahmad Jufriyanto, sementara Arsyad mendapatkan peluang melalui tendangan keras namun arahnya masih melebar.

Raphael Maitimo kembali membuat penonton bergemuruh. Ia membawa Persib menjauh 4-0 melalui solo run hasil umpan Matsunaga. Pertandingan kali ini benar-benar menjadi milik Pangeran Biru, Billy Keraf yang baru masuk menggatikan Atep, menceploskan gol indah ke gawang Nasirin.

Ezechiel yang bermain apik sepanjang pertandingan, akhirnya mampu mencatatkan namanya di papan skor semenit sebelum pertandingan berakhir. Gol tersebut menjadi yang pertama baginya setelah berkostum Persib pada putaran kedua.

Gol Ezechiel menjadi gol terakhir dipertandingan kali ini. Dengan hasil ini Persib merangsek ke posisi sembilan, sementara Gresik semakin terbenam di dasar klasemen.

Sementara itu, Bhayangkara FC berhasil memetik kemenangan 2-1 atas tamunya Sriwijaya FC dalam pertandingan pekan ke-21 Liga 1 di Stadion Patriot Chandrabaga Kota Bekasi, Jabar.

Gol Bhayangkara dicetak oleh Otavio Dutra pada menit 24 dan Ilija Spasojevic pada menit 72, sementara gol Sriwijaya tercipta dari titik penalti yang dieksekusi Alberto Goncalves da Silva pada menit 37.

Aksi gemilang Ilija Spasojevic pada laga keduanya di Liga 1 2017 mengantarkan Bhayangkara FC mempertahankan dominasi atas Sriwijaya FC.

Gol yang diciptakan Dutra berawal dari tendangan sudut yang diarahkan oleh Paulo Sergio kepada Spaso.

Spaso mendobrak lini pertahanan tim Wong Kito dengan mengumpan bola cepat kepada Dutra yang memanfaatkan celah kosong gawang yang tidak terjaga Teja Paku Alam.

Keunggulan Bhayangkara tak bertahan lama karena pada menit 37, Sriwijaya menyamakan kedudukan setelah Alsan Sanda mengganjal Nur Iskandar di dalam kotak terlarang yang membuat wasit asal Iran Bonyadifard Mooud menunjuk titik putih.

Arah bola yang dieksekusi Goncalves sebenarnya telah terbaca Fauzal, namun tangkapan yang tak sempurna membuat bola kembali mendarat di rumput.  Goncalves yang masih berada di dekat bola datang menyambar dan menyarangkannya ke gawang.

Pada babak kedua, tekanan Sriwijaya mulai menurun sehingga Bhayangkara lebih leluasa mengembangkan permainan sampai gol kedua Bhayangkara pun tercipta pada menit 72 dari kaki Spaso yang memanfaatkan umpan kiriman Ilham Udin Armaiyn.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper