Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SEA GAMES 2017: Tinggal 7 Hari, Indonesia vs Thailand: Ini Kata Bima Sakti

Sepekan lagi, pasukan Garuda Muda [Timnas U-22] Indonesia akan mengawali perjuangan merebut medali emas Sea Games 2017 dari tim Gajah Putih Thailand. Pada Rabu (15/8/2017) pasukan Luis Milla ini akan menghadapi sang juara bertahan di Kuala Lumpur, Malaysia.
Pemain Timnas U-22 Indonesia Saadil Ramdani salto usai mencetak gol ke gawang Mongolia saat Indonesia menang 7-0 di kaulifikasi Piala Asia U-23/AFC.com
Pemain Timnas U-22 Indonesia Saadil Ramdani salto usai mencetak gol ke gawang Mongolia saat Indonesia menang 7-0 di kaulifikasi Piala Asia U-23/AFC.com

Bisnis.com, TANGERANG - Sepekan lagi, pasukan Garuda Muda [Timnas U-22] Indonesia akan mengawali perjuangan merebut medali emas Sea Games 2017 dari tim Gajah Putih Thailand. Pada Rabu (15/8/2017) pasukan Luis Milla ini akan menghadapi sang juara bertahan itu di Kuala Lumpur, Malaysia.

Di SEA Games 2017 Malaysia, timnas U-22 Indonesia ada di Grup B bersama Thailand, Filipina, Timor Leste, Vietnam dan Kamboja. Timnas U-22 dijadwalkan bertolak ke Kuala Lumpur, Malaysia pada Sabtu (12/8) dan akan melakoni laga pertama di Grup B pada Selasa (15/8) melawan juara bertahan SEA Games, Thailand.

Sejatinya, tidak perlu ada yang dirisaukan. Sepakbola bukan matematika, dua tambah dua empat.  Banyak kemungkinan terjadi sepanjang 2 x 45 menit. Thailand, sebagai juara bertahan, kini menjadi momok bagi tim Indonesia. Selalu terlihat sebagai tim besar atau Raja Asia Tenggara. Itu lantaran, kita lebih banyak kalah dari mereka dalam beberapa tahun belakangn ini.

"Sepanjang sejarah memang mereka selalu ngotot ketika melawan Indonesia," kata asisten pelatih Bima Sakti, Selasa (8/8/2017). Namun, Thailand muda, bukan Thailand senior. "Thailand bukanlah tim tanpa kelemahan," ujar Bima.

Mereka lolos ke puataran final Piala Asia 2018 di China, bernasib baik sebagai runner up terbaik. Mereka tidak terlalu mendominasi babak kualifikasi kendati menang dari Malaysia 3-0, tetapi mereka gagal meraih poin penuh dari Indonesia dan Mongolia, tim terlemah di grup itu.

Bahkan, kendati lapangan buruk akibat hujan, Thailand mampu ditahan Evan Dimas cs 0-0. Bahkan, kita mampu menciptakan sejumlah peluang. Hanya keberuntungan, mungkin, yang membuat kita gagal mengalahkan mereka. Tapi, setidaknya, hasil di babak kualifikasi Piala Asia itu, cermin betapa Timnas U-22 masih memiliki harapan menggapai yang terbaik di Sea Games 2017.

Bahkan, asisten pelatih yang juga mantan pemain nasional Indonesia Bima Sakti sudah mencatat kelebihan dan kekurangan Thailand. "Ada beberapa hal yang bisa kami pelajari usai Kualifikasi Piala Asia kemaren," tutur Bima.

Maka, benar apa yang dikatakan Evan Dimas bahwa tim nasional U-22 Indonesia tak gentar berjumpa dengan Thailand di laga perdana SEA Games 2017, Malaysia pada Selasa (15/8). Namun, bukan membuat kita jumawa karena mampu menahan seri Thailand di kualifikasi Piala Asia itu.

"Ya…Kami harus mewaspadai Thailand. Namun, tidak boleh takut. Kami juga punya teknik dan kemampuan," ujar pemain timnas U-22 Evan Dimas usai menjalani pemusatan latihan (TC) terakhir hari kedua jelang SEA Games 2017 Malaysia, di Lapangan Sepak Bola Sekolah Pelita Harapan (SPH), Karawaci, Tangerang, Banten, Selasa (8/8/2017).

Hal yang perlu diwaspadai tentunya pada sejumlah pemain Thailand seperti Chenrop Sampaodi, yang memperkuat Thailand U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23. "Dia memiliki pengalaman dan kemampuan menahan bola yang bisa merepotka timnas Indonesia," kata Evan.

"Namun, saya yakin Hansamu Yama dan teman-teman bisa mengantisipasinya," tutur pesepak bola asal Surabaya tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Antara/afc.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper