Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Munchen Rekor Juara Piala Super Jerman, Hajar Dortmund

Bayern Munchen berhasil menundukkan tuan rumah Borussia Dortmund melalui adu penalti untuk memenangi trofi Piala Super Jerman.
Bayern Munchen juara Piala Super Jerman 2017/Reuters-Wolfgang Rattay
Bayern Munchen juara Piala Super Jerman 2017/Reuters-Wolfgang Rattay

Bisnis.com, JAKARTA - Bayern Munchen berhasil menundukkan tuan rumah Borussia Dortmund melalui adu penalti untuk memenangi trofi Piala Super Jerman dalam pertandingan di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund, pada Minggu dini hari WIB (6/8/2017).

Kemenangan Munchen ini sungguh jauh dari mudah. Sempat tertinggal dua kali, namun berhasil pula menyamakan skor sebanyak dua kali, akhirnya skuat asuhan pelatih Carlo Ancelotti mampu merebut trofi tersebut untuk keenam kalinya setelah 1987, 1990, 2010, 2012, dan 2016.

Di hadapan sekitar 81.000 penonton yang mayoritas pendukung Dortmund, tuan rumah, yang memasuki laga ini sebagai juara Piala Jerman (DFB Pokal), membuka skor pada menit ke-12 melalui Christian Pulisic, yang punya 16 caps dan tujuh untuk Timnas Amerika Serikat meskipun baru berusia 18 tahun.

Namun, Bayern Munchen, yang tampil sebagai juara Bundesliga, segera memberikan gol balasan hanya berselang 6 menit kemudian melalui bomber Timnas Polandia Robert Lewandowski dengan memaksimalkan umpan silang Joshua Kimmich yang lolos dari jebakan offside.

Pada babak kedua, di tengah gempuran para pemain Bayern Munchen seperti Thomas Muller, Sebastian Rudy, dan Franck Ribery yang mampu diantisipasi dengan penyelamatan gemilang kiper Dortmund Romkan Burki, Pierre-Emerick Aubameyang kembali membuat tuan rumah memimpin.

Striker Timnas Gabon itu lolos dari jebakan offside saat menerima umpan terobosan Ousmane Dembele dan cukup mencungkil bola melewati kepala kiper Munchen Sven Ulreich dan skor pun berubah menjadi 2-1 pada menit ke-71.

Namun, kemenangan di depan mata Dortmund akhirnya lepas setelah poada menit ke-88 bek Lukasz Piszczek dipaksa membuat gol bunuh diri dalam kemelut hebat yang terjadi di depan gawang tuan rumah, skor 2-2, sehingga pemenang harus ditentukan melalui adu penalti.

Dalam adu penalti, dari lima eksekusi pertama, skor 4-4 setelah Kimmich gagal dari sisi Munchen dan Sebastian Rode gagal dari sisi Dortmund.

Pada eksekusi keenam, Niklas Sule sukses untuk Munchen, sedangkan pemain Dortmund Marc Bartra gagal karena bidikannya ke arah kanan dapat ditepis kiper Ulreich. Skor akhir adu penalti 5-4.

Munchen menjadi pemegang rekor terbanyak memenangi Piala Super Jerman sebanyak enam kali, sedangkan Dortmund mengikuti di belakangnya sebanyak lima kali yakni edisi 1989, 1995, 1996, 2013, 2014.

Tim-tim lain yang pernah memenangi trofi ini ialah Werder Bremen tiga kali (1988, 1993, 1994), serta masing-masing satu kali adalah Kaiserslautern (1991), Stuttgart (1992), Schalke 04 (2011), dan Wolfsburg (2015).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper